Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kapasitas Memori Tak Sesuai Yang Tertera Pada Label

Kapasitas Memori Tak Sesuai Yang Tertera

Media penyimpanan atau memori merupakan perangkat elektronik yang sangat penting, karena semua data yang diolah akan disimpan pada memori

Semakin banyak data yang kita olah semakin besar pula memori yang kita butuhkan.Tak jarang banyak orang yang mengupdate media penyimpanan, untuk mencukupi kebutuhan mereka.

Mengetahui pembelian masyarakat terhadap media penyimpanan cukup tinggi, banyak brand-brand yang mengeluarkan atau memproduksi media penyimpanan dengan berbagai kapasitas dan kecepatan. Bahkan sekarang ini juga ukurannya semakin minimalis atau di perkecil, namun memiliki kapasitas dan kecepatan yang tak main-main.

Mungkin Kita pernah membeli media penyimpanan atau memori dari salah satu brand, seperti memori handphone, hardisk, flashdisk, dan lain-lain.  Namun saat kita hubungkan ke perangkat, kapasitas media penyimpanan tersebut, yang bisa kita gunakan tidak sesuai atau kurang dengan yang tertera pada sampul atau label.

Contoh kita membeli memori 2GB, tapi yang bisa kita gunakan atau yang terbaca oleh sistem hanya sekitar 1,8GB.

Masalah seperti ini tidak hanya pada penyimpanan Handphone saja, melainkan media penyimpanan Komputer atau Harddisk juga sama. Semakin besar kapasitas media penyimpanan, biasanya makin besar pula kapasitas yang hilang.

Kenapa Kapasitas Memori Tak Sesuai Pada Label?

Itu pertanyaan yang sering kita tanyakan bukan. Namun bagi orang-orang yang sudah sering berkecimpung didunia elektronik khususnya komputer pasti sudah paham, mengenai permasalahan ini.

Baja Juga: 3 Perbedaan Zip Dan Rar

Untuk menjelaskan pertanyaan diatas, mari simak ulasan dibawah:

Dalam sistem Komputer atau hitungan Bineri yang sebenarnya, membaca satuan byte= 1024. Urutannya:

- 1 Kilo Byte = 1024 Byte
- 1 Mega Byte = 1.048.576 Byte
- 1 Giga Byte = 1.073.741.824 Byte
- Dan Seterusnya


 Sementara  Versi hitungan Desimal:

- 1 Kilo Byte = 1000 Byte
- 1 Mega Byte = 1.000.000 Byte
- 1 Giga Byte = 1.000.000.000 Byte
- Dan seterusnya

 

Contoh kita membeli memori 2GB, maka

2 x 1024 x 1024 x 1024 = 2,147,483,648 byte

2.147.483.648 byte    2.000.000.000 byte = 147.483.648 byte

2.000.000.000 Byte - 147.483.648 Byte = 1.852.516.352 Byte (Dibulatkan menjadi 1,8 GB)

Jadi kapasitas yang dapat kita gunakan pada media penyimpanan atau memori 2GB adalah 1,8 GB.

Baca Juga: 6 Perbedaan Harddisk SSD Dan HDD

Hingga saat ini kami juga masih belum mengerti mengapa pihak brand atau merk yang memproduksi media penyimpanan tidak mengikuti hitungan bineri, namun masih mengikuti hitungan desimal.

Namun perlu diingat, jika selisih-nya terlalu jauh. Misal kita membeli memori 2 GB, namun yang tertera 1,3 atau bahkan 1,1 GB, Maka kita perlu Komplain ke penjual. Sebab bisa saja memori tersebut sudah corrupt atau rusak.

Mengingat Memori atau media penyimpanan memiliki peranan yang penting dalam sebuah Device, sebaiknya kita selalu menyediakan kapasitas yang cukup untuk data kita. 

Selain itu, jangan lupa selalu Backup data kita secara berkala, jika dirasa data tersebut penting, untuk berjaga-jaga apabila media penyimpanan rusak atau mungkin hilang.

Kenapa kami menyarankan Backup data secara berkala?. Karena kebanyakan orang sekarang menyimpan data mereka pada perangkat Smartphone. Sementara resiko Hp hilang sangat tinggi. Hilang karena dicuri, jatuh dijalan, atau mungkin kita lupa meletakkannya.

Backup data bisa di Harddisk Eksternal atau penyimpanan Online, atau di media penyimpanan mana saja yang dirasa aman. Sekian semoga membantu dan terima kasih.

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "Kapasitas Memori Tak Sesuai Yang Tertera Pada Label"