Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Melihat Perbedaan Harddisk SSD Dan HDD

 

Melihat Perbedaan Harddisk SSD Dan HDD

Pada sebuah komputer atau laptop terdapat mediah penyimpanan, yang biasa di sebut harddisk. Harddisk tersebut digunakan untuk menyimpan data berupa foto, vidio, audio dan file-file lainnya.

Harddisk menjadi kebutuhan dasar, mengingat ukuran data dari tahun-ketahun semakin meningkat dengan pesat. Misal file data sebuah aplikasi yang terinstal di komputer mencapai bergiga-giga. Bahkan sebuah perusahaan juga selalu membutuhkan harddisk berukuran yang besar untuk membackup data mereka.

Para pemilik brand atau produsen harddisk berlomba-lomba untuk mengembangan harddisk, entah dari segi kapasitas, kecepatan, ukuran dan daya tahan, untuk mengimbangi pesatnya perkembangan ukuran data serta memenangkan persaingan dipasar penjualan harddisk.

Saat ini terdapat dua jenis haddisk yang sering digunakan pada komputer. Pertama harddisk Hdd (Hard Disk Drive) dan SSD (Solid State Drive).

 Sekilas perbedaan SSD dan HDD terlihat dari cara kerjanya. HDD menggunakan piringan yang berputar, sedangkan SSD menggunakan chip seperti pada sebuah memori Micro SD atau Flashdisk.

Tapi disini kami ingin menjelaskan lebih dalam lagi mengenai perbedaan SSD dan HDD.

Perbedaan SSD dan HDD

  1. Dari segi ukuran dan berat

    SSD lebih kecil sehingga pada laptop dan notebook sekarang ini sering digunakan harddisk jenis ini dan ukurannya pun lebih ringan dibandingkan HDD.

    Mengingat bahan HDD dari piringan metal, ukurannyapun lebih besar dan ukurannya juga lebih berat, memakan banyak tempat, apalagi HDD untuk komputer.

  2. Dari segi kecepatan

    Masalah kecepatan terlihat sangat jauh disini. SSD memiliki kecapatan baca tulis hingga 500Mb/S, bahkan SSD Generasi terbaru yaitu M.2 kecepatannya hingga 2500Mb/S.

    Sedangkan HDD memiliki kecepatan sampai 100Mb/S.

    Bisa dibayangkan bukan selisih perbedaan kecepatannya.

  3. Dari segi kebisingan

    Karena menggunkan chip, SSD tidak mengeluarkan suara. Sedangkan HDD cukup bising karena komponen piringan yang berputar-terus menerus selama hardisk itu digunakan.

    Apalagi jika HDD yang umurnya sudah tua, biasanya mengeluarkan suara yang lumayan keras dan mengganggu.

  4. Dari segi harga

    Dari harga SSD cukup mahal dibandingkan HDD.

    120 GB SSD saja harganya sekitar 400 ribuan, sedangkan HDD 1TB harganya sekitar 600 ribuan.

    Mengingat SSD merupakan teknologi baru dan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya,  sangat wajar bila hargnyaa berbeda jauh.

  5. Dari segi konsumsi daya listrik

    SSD lebih hemat daya. Sekitar 2-3 watt yang digunakan selama 30 menit.

    Sedangkan HDD menghabiskan daya 6-7 watt untuk 30 menit.

    Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa laptop atau notebook jaman sekarang banyak menggunakan SSD, meskipun kadang ukurannya tergolong kecil.

Meskipun harganya mahal, kami tetap menyaran menggunakan SSD.

Terutama bagi kalian yang sering mengeluh booting komputer atau laptop terlalu lama serta saat membuka aplikasi juga terlalu lama.

Jika kalian masih menggunakan HDD cobalah upgrade harddisk ke SSD. Kalian akan merasakan sendiri perbedaannya. Dan jika kalian sudah tau perbedaannya mungkin kalian akan enggan lagi menggunakan HDD.

Segahar apapun spek komputer atau laptop kalian. jika masih menggunkan HDD, Peformanya tidak akan maksimal.  Seolah-olah performanya seperti ditahan oleh HDD.

Bila dirasa harganya terlalu mahal kalian bisa mengakalinya dengan menggunakan SSD dan HDD dalam satu komputer atau laptop.

Seperti yang saya lakukan, menggunakan SSD dan HDD di laptop.

SSD digunakan untuk menyimpan data sistem operasi dan software-software yang terinstal dilaptop, sedangkan HDD digunakan untuk menyimpan data seperti vidio dan data game.

SSD yang saya gunakan juga tidaklah besar, yang penting cukup untuk menyimpan data sistem operasi dan software yang sering saya gunakan.

Itulah  Perbedaan Harddisk SSD Dan HDD yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Terima Kasih

Tarmuji
Tarmuji Aktif di depan Komputer dan suka Kopi.