Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Perbedaan Harddisk SSD Dan HDD

 

Melihat Perbedaan Harddisk SSD Dan HDD

Perbedaan Harddisk SSD Dan HDD - Pada sebuah komputer atau laptop terdapat Media Penyimpanan, yang biasa di sebut harddisk. Harddisk tersebut digunakan untuk menyimpan data berupa Foto, Video, audio dan file-file lainnya.

Kebutuhan Harddisk terus meningkat,  seiring dengan mengingat ukuran sebuah data. Misal file data sebuah aplikasi yang di Install pada komputer, sekarang bisa mencapai beberapa Gigabyte ukurannya. 

Selain itu sebuah perusahaan pun sekarang juga selalu membutuhkan harddisk berukuran yang besar untuk Backup data-data penting mereka.

Meningkatnya penggunaan Harddisk membuat para banyak brand atau produsen harddisk berlomba-lomba untuk mengembangkan harddisk, entah dari segi kapasitas, kecepatan, ukuran dan daya tahan.

Hal tersebut dilakukan untuk mengimbangi pesatnya perkembangan ukuran data serta memenangkan persaingan di pasar penjualan harddisk.

Saat ini terdapat dua jenis harddisk yang sering digunakan pada komputer. Pertama harddisk HDD (Hard Disk Drive) dan yang terbaru adalah SSD (Solid State Drive).

Sekilas perbedaan SSD dan HDD terlihat dari cara kerjanya. HDD menggunakan Piringan yang berputar, sedangkan SSD menggunakan Chip seperti pada sebuah memori Micro SD atau Flashdisk. 

Untuk melihat perbedaannya lebih jauh, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan lebih dalam lagi mengenai perbedaan SSD dan HDD agar para pengguna bisa paham akan dua jenis Harddisk ini.

Baca Juga: Kapasitas Memori Tak Sesuai Yang Tertera Pada Label

Perbedaan SSD dan HDD

  1. Dari Segi Ukuran Dan Berat

    Dari ukuran dan beratnya SSD lebih kecil, tipis dan lebih ringan, dibandingkan Harddisk HDD. Hal tersebut dikarenakan tidak ada komponen bergerak pada SSD.

    Sementara mengingat bahan HDD dari piringan metal dan memiliki komponen bergerak, ukurannya pun lebih besar dan juga lebih berat, memakan banyak tempat, apalagi HDD untuk komputer.

  2. Dari Segi Kecepatan

    Masalah kecepatan terlihat sangat jauh disini. SSD memiliki kecepatan baca tulis hingga 500Mb/S, bahkan SSD Generasi terbaru yaitu M.2 kecepatannya hingga 2500Mb/S.

    Sedangkan HDD memiliki kecepatan sampai 100Mb/S saja. Bisa dibayangkan selisih perbedaan kecepatannya. Itulah mengapa SSD begitu populer sekarang ini.

    Inilah keunggulan utama Harddisk SSD. Dengan kecepatannya yang kencang bisa membuat Performa Laptop atau PC semakin kencang pula. Karena Proses Transfer data akan lebih cepat.

  3. Dari Segi Kebisingan

    Karena menggunakan Chip, SSD tidak mengeluarkan suara. Sedangkan HDD cukup bising karena komponen piringan yang berputar-terus menerus selama harddisk itu digunakan atau beroprasi.

    Apalagi jika HDD yang umurnya sudah tua, biasanya mengeluarkan suara yang lumayan keras dan mengganggu karena sudah usang.

  4. Dari Segi Harga

    Dari harga SSD cukup mahal dibandingkan HDD. 120 GB SSD saja harganya sekitar 400 ribuan, sedangkan HDD 1TB harganya sekitar 600 ribuan (Tergolong merk).

    Mengingat SSD merupakan teknologi baru dan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya,  sangat wajar bila harganya berbeda jauh.

  5. Dari Segi Konsumsi Daya Listrik

    SSD lebih hemat daya. Sekitar 2-3 watt yang digunakan selama 30 menit. Sedangkan HDD menghabiskan daya 6-7 watt untuk 30 menit.

    Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa laptop atau notebook jaman sekarang banyak menggunakan SSD karena bisa menghemat baterai, meskipun kadang ukurannya tergolong kecil.

    Namun hal tersebut bukanlah masalah besar, karena beberapa merk Laptop menyediakan Slot Harddisk satu lagi, pada Laptop atau Notebook yang dijualnya. 

  6. Dari Segi Ketahanan 

    Sementara sari segi ketahanan, SSD dianggap lebih baik daripada HDD. Hal tersebut dikarenakan Solid State Drive tidak ada komponen bergerak. Sehingga akan lebih tahan lama serta tahan Goncangan.

Baca Juga: 3 Perbedaan Zip Dan Rar

Akhir Kata

Meskipun harganya mahal, kami tetap menyarankan menggunakan SSD. Terutama bagi yang sering mengeluh Booting komputer atau laptop terlalu lama serta saat membuka aplikasi juga terlalu lama.

Jika kalian masih menggunakan HDD cobalah upgrade harddisk ke SSD. Kalian akan merasakan sendiri perbedaannya. Dan jika kalian sudah tau perbedaannya mungkin kalian akan enggan lagi menggunakan HDD.

Segahar apapun Spesifikasi komputer atau laptop kalian, jika masih menggunakan HDD, maka Performanya tidak akan maksimal. Seolah-olah performa nya seperti ditahan oleh HDD, itu pendapat yang sering dikatakan beberapa orang yang sudah pernah menggunakan SSD.

Biasanya SSD hanya digunakan pada Laptop mahal, namun sekarang Laptop menengah ke bawah keluaran terbaru, sudah banyak yang menggunakan SSD.

Meskipun SSD yang digunakan masih berkapasitas kecil, namun ada jenis Laptop tertentu yang menyediakan Slot Harddisk satu lagi. Ini bertujuan agar pengguna bisa menambah kapasitas penyimpanan yang digunakan.

Misalnya pada Slot pertama di beri Harddisk SSD yang memiliki kapasitas sedang (Hanya digunakan untuk Sistem), sementara Slot kedua diberi Harddisk HDD yang kapasitasnya lebih besar.

SSD digunakan untuk menyimpan data sistem operasi dan software-software yang di Install pada Laptop, sedangkan HDD digunakan untuk menyimpan data seperti Video, Audio, Foto, data game, dan lain-lain.

Hal tersebut dilakukan sebagai alternatif jika ingin menggunakan Harddisk SSD, namun memiliki atau membutuhkan Ruang Penyimpanan yang besar. 

Itulah  Perbedaan Harddisk SSD Dan HDD yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Sekian dan Terima Kasih

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Berlangganan via Email