Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Buka Telegram Di Laptop Atau Komputer Dan Kelebihan-kelebihannya

Cara Buka Telegram Di Laptop Atau Komputer Dan Kelebihan-kelebihannya

Pengertian Telegram

Telegram adalah Aplikasi Media Sosial yang berbasis layanan kirim atau terima pesan secara Instan. Sebagai gambaran, Telegram mirip dengan WhatsApp atau Aplikasi layanan pesan lainnya.

Telegram pertama dirilis pada tanggal 14 Agustus 2013. Didirikan oleh dua bersaudara, Nikolai dan Pavel Durov yang berasal dari Negeri Beruang Putih alias Rusia.

Apa kalian sudah menggunakan Telegram pada Ponsel? Saya rasa jika menggunakan di Smartphone tidak ada masalah, karena tinggal Instal dari Play Store jika menggunakan Android atau pada App Store jika menggunakan iOS.

Namun jika menggunakan Telegram pada PC/Laptop apakah kalian tertarik? Sebab akan lebih mudah dalam pengoprasiannya. Misal layarnya yang lebih besar, bisa mengetik dengan keyboard, bisa kirim pesan sambil bekerja tanpa membuka Hp dan masih banyak lagi. Intinya menggunakan Telegram pada PC/Laptop bisa memberikan pengalaman baru.

Kelebihan Telegram 

  • Kapasitas Group yang besar
Di Telegram User bisa membuat Group dengan kapasitas jumlah anggota yang cukup banyak, yaitu bisa menambahkan hingga 2500 anggota. Meskipun jumlah standarnya 200, namun Telegram menyediakan layanan Super Group agar bisa menambahkan Anggota hingga batas maksimal.
Tentu jumlah itu sangat jauh berbeda dengan WhatsApp yang hanya bisa menambahkan 256 Anggota dalam fitur Group mereka.
Fitur ini sangat membantu bagi komunitas atau bagi siapapun yang ingin membuat Group dengan banyak anggota. 
Sebenarnya membuat Group dengan banyak anggota bisa dibuat lewat tempat lain, seperti Facebook dan lainnya, namun membuat Group pada Aplikasi layanan pesan Instan akan memberikan kemudahan tersendiri.

  • Sistem Cloud Server
Sistem Cloud Server adalah dimana semua data atau semua pesan kita melalui Telegram (entah pesan Teks, Video, Audio, atau yang lainnya), tidak disimpan pada memori penyimpanan Ponsel. Melainkan disimpan pada Server yang telah disediakan oleh Telegram secara Cuma-Cuma alias Gratis.

Tentu dengan adanya Sistem ini, Telegram tidak akan membebani media penyimpanan Device yang digunakan.

Berbeda dengan WhatsApp, semua data akan disimpan dalam Memori Device si pengguna. Tak heran jika WhatsApp semakin lama digunakan akan semakin banyak menggunakan Ruang penyimpanan. 

Ada Aplikasi lain yang menggunakan Sistem Cloud Server, yaitu Line. Tetapi Line akan menyimpan semua data hanya dalam kurun waktu tertentu saja. Jika sudah pada batas waktu yang ditentukan akan terhapus secara otomatis.

  • Pengiriman File lebih besar
Telegram bisa digunakan untuk mengirim File dengan ukuran yang cukup besar. Ukuran sebuah file yang dapat dikirim Maksimal 1,5 GB, besar bukan. 

Sementara WhatsApp hanya bisa mengirim File dengan ukuran maksimal 16 MB, sangat berbeda jauh sekali selisihnya.

Kita bisa kirim File apapun dengan siapapun lewat Telegram asalkan kapasitasnya tidak melebihi batas Maksimal yang di izinkan. Cocok bagi yang suka kirim File dengan ukuran besar seperti Video atau lainnya.

  • Pesan Otomatis atau Chat Boot
Fitur Chat Boot adalah pesan otomatis yang langsung dikirim bila ada seseorang yang mengirim pesan kepada kita.

Fitur ini juga sudah ada pada WhatsApp, namun hanya tersedia di WhatsApp Bisnis. Sementara WhatsApp biasa belum tersedia.

Pesan Otomatis sangat berguna atau membantu dalam bisnis, karena dapat memberitahu pelanggan apabila kita sedang tidak Aktif.

  • Bisa menggunakan beberapa Akun sekaligus
Kebanyakan Aplikasi layanan pesan Instan hanya bisa menggunakan login dengan satu Akun saja, tapi di Telegram kita bisa login dengan lebih dari satu akun secara bersamaan. 

Pada Android sebenarnya bisa membuat Clone Aplikasi sehingga kita bisa menggunakan beberapa Akun, tetapi itu sama saja menginstal dua Aplikasi yang dapat membuat media penyimpanan penuh. 

  • Bisa di buka lewat Device Manapun
Telegram bisa dibuka lewat Device manapun seperti Smartphone, Komputer, atau perangkat lainnya. Ini kan memudahkan kita sebagai User dalam penggunaan. 

Berbeda dengan WhatsApp, jika menggunakan pada PC/Laptop harus terhubung dengan akun pada Ponsel. Jika Hp mati atau tidak ada jaringan maka WhatsApp tidak bisa diakses.

  • Secret Chat
Secret Chat atau Chat rahasia adalah fitur dimana pesan yang dikirim akan terhapus secara otomatis sesuai waktu yang telah ditentukan. 

Akhir-akhir ini WhatsApp juga memperkenalkan Fitur ini, namun masih dalam versi Beta, sementara pada Telegram sudah sejak dari dulu telah ada. 

  • Bisa Edit Pesan
Pesan yang sudah dikirim bisa di Edit kapanpun. Selain itu juga dapat menghapusnya tanpa ada batasan waktu. 

sementara pada WhatsApp tidak bisa jika pesan sudah dikirim dan untuk hapus pesan hanya diberi waktu 7 menit saja.

  • Multi Profile
Bagi yang suka berganti-ganti foto Profile, Fitur ini cocok sekali bagi mereka. Pengguna bisa mengunggah beberapa foto sekaligus dan pengguna lain dapat melihatnya dengan hanya menggesernya.

  • Fitur Chanel
Dengan Fitur ini kita bisa membagikan Informasi apapun yang berupa Teks, Video, Audio, link, atau yang lainnya, kepada siapapun yang mengikuti Chanel kita di Telegram sekali kirim. 

Pada Aplikasi layanan pesan instan lainnya jarang yang memiliki fitur ini. Kita bisa menggunakan Fitur Chanel telegram ini lebih leluasa, bisa untuk promosi atau lainnya dengan mudah dan kita juga bisa menambahkan anggota atau pengikut sebanyak-banyaknya.

Itulah beberapa kelebihan Telegram, apakah kalian tertarik untuk menggunakan Aplikasi ini lebih luas lagi. Untuk saat ini pasti WhatsApp yang menjadi Aplikasi utama untuk Kirim pesan di Ponsel kalian.

Nah bagi yang ingin menggunakan telegram pada PC/Laptop berikut caranya:

  1. Dengan Aplikasi

    Cara Buka Telegram Di Laptop Atau Komputer Dan Kelebihan-kelebihannya

    Menggunakan Telegram Di PC/Laptop bisa langsung dengan Aplikasi. Tentu langkah awal adalah menginstall Aplikasinya. Ada dua cara yang bisa dilakukan.

    Cara Install Telegram di Laptop/PC:

    *Lewat Microsoft Store Windows 10

    - Pastikan terkoneksi dengan Internet
    - Buka Microsoft Store
    - Cari Aplikasi Telegram
    - Install lalu Buka Telegram
    - Selesai


    *Lewat Website resminya

    - Terkoneksi dengan Internet
    - Kunjungi Website resmi Telegram, atau klik Disini
    - Download Telegram Desktop
    - Install dan buka
    - Selesai

  2. Tanpa Aplikasi

    Cara Buka Telegram Di Laptop Atau Komputer Dan Kelebihan-kelebihannya

    Bila tak ingin repot-repot menginstallnya bisa menggunakan Telegram Web. Cocok bagi yang hanya membuka Telegram pada PC/Laptop sementara waktu atau Device milik orang lain.

    Cara buka telegram Web:

    - Terhubung dengan
    Internet
    - Kunjungi Telegram Web lewat Browser atau Klik Disini
    - Login dengan akun kita
    - Selesai

Kesimpulan 

Telegram adalah Aplikasi Layanan Pesan Instan massa kini yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan pesaing atau kompetitornya. 

Penggunaan Telegram juga lebih memudahkan karena bisa di jalankan atau digunakan lewat banyak Platform, tanpa harus terhubung dengan akun utama pada Ponsel.

Sekarang ini sepertinya jumlah pengguna Telegram mulai bersaing dengan jumlah pengguna Aplikasi lainnya. Bahkan mulai menyaingi WhatsApp sebagai pemilik User terbanyak.

Dalam waktu dekat mungkin saja Telegram akan dijadikan Aplikasi Layanan Pesan Instan utama pada Ponsel pengguna, seperti WhatsApp sekarang ini.

Itulah cara menggunakan Telegram pada Pc/Laptop beserta kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Sekian terima kasih dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Buka Telegram Di Laptop Atau Komputer Dan Kelebihan-kelebihannya"