Widget HTML #1

Flash Player Tidak Akan Didukung Lagi Setelah Bulan Desember 2020

Flash Player Tidak Akan Didukung Lagi Setelah Bulan Desember 2020

Flash Player Tidak Akan Didukung Lagi Setelah Bulan Desember 2020 - Pesan tersebut muncul ketika kita melalukan Instalasi Flas Player pada Browser.

Baca Juga: Nokia Luncurkan Laptop PureBook X14, Berikut Penampakan dan Spesifikasi Lengkapnya

Sebenarnya Apa Itu Flash Player?

Flash Player adalah Software atau biasa disebut Plug-in, yang digunakan untuk menampilkan multimedia lewat internet. Misalnya Streaming Film, bermain game online, dan lainnya. 

Flash Player sendiri dikembangkan oleh Adobe Systems (setelah di akusisi) sebuah perusahaan yang bergerak dibidang grafis animasi, video dan pengembangan web. Berdiri tahun 1982 dan bermarkas di California-Amerika Serikat. 

Sebelum di akusisi oleh pihak Adobe, Flash Player dikembangkan oleh Macromedia.

Meskipun pada tahun 2000an hingga beberapa tahun kedepannya Plug-in ini sangat populer, namun sekarang ini Flash Player mulai meredup popularitasnya, para pengembang perambah mulai menggunakan alternatif lain, seperti  HTML5, WebAssembly, dan WebGL. 

Penyebab ditinggalkannya Flash Player tak lain karena masalah keamanan. Plug-in ini memiliki celah yang cukup berbahaya. Orang yang tidak bertanggung jawab bisa menyusupkan aplikasi lain di Flash Player dan menjalankannya tanpa diketahui oleh User.

Meskipun sudah melakukan beberapa kali Update, masalah pada Flash Player belum juga terselesaikan. Selain itu Adobe juga merasa Plug-in lain lebih canggih.

Baca Juga: Teknologi Lifi Pesaing Wifi Yang Kecepatannya Hingga Berkali-Kali Lipat

Flash Player Dihentikan

Karena masalah seperti yang sudah saya jelaskan diatas, akhirnya pihak Adobe selaku pengembang memutuskan untuk menghentikan dukunganya terhadap Flash Player.

Pemberitahuan dihentikannya Flash Player, bisa dilihat pada saat kita akan melakukan install pada Browser, akan muncul pemberitahuan bahwa Flash Player tidak didukung lagi setelah bulan Desember 2020.

Baca juga: Bing Chat Kini Bisa di Akses Melalui Google Chrome

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.