Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Flash Player Tidak Akan Didukung Lagi Setelah Bulan Desember 2020

Flash Player Tidak Akan Didukung Lagi Setelah Bulan Desember 2020

Dulu mungkin kita pernah Streaming Film atau bermain game online. Kadang muncul pemberitahuan bahwa kita diminta untuk menginstal Flash Player bagi yang belum ada, atau mungkin disuruh Update karena kita menggunakan versi lama.

Namun masalah-masalah seperti itu, sekarang mungkin jarang terjadi. Saya pribadi pun sudah tidak mengalami hal itu sejak beberapa tahun terakhir. Karena Flash Player sekarang sudah mulai ditinggalkan.

Sebenarnya Apa Itu Flash Player?

Flash Player adalah Software atau biasa disebut Plug-in, yang digunakan untuk menampilkan multimedia lewat internet. Misalnya Streaming Film, bermain game online, dan lainnya. 

Flash Player sendiri dikembangkan oleh Adobe Systems (setelah diakusisi) sebuah perusahaan yang bergerak dibidang grafis animasi, vidio dan pengembangan web. Berdiri tahun 1982 dan bermarkas di California-Amerika Serikat. 

Sebelum diakusisi oleh pihak Adobe, Flash Player dikembangkan oleh Macromedia.

Meskipun pada tahun 2000an hingga beberapa tahun kedepannya Plug-in ini sangat populer, namun sekarang ini Flash Player mulai meredup popularitasnya, para pengembang perambah mulai menggunakan alternatif lain, seperti  HTML5, WebAssembly, dan WebGL. 

Penyebab ditinggalkannya Flash Player tak lain karena maslah keamanan. Plug-in ini memeliki celah yang cukup berbahaya. Orang yang tidak bertanggung jawab bisa menyusupkan aplikasi lain di Flash Player dan menjalankannya tanpa diketahui oleh User.

Meskipun sudah melakukan beberapa kali Update, masalah pada Flash Player belum juga terselesaikan. Selain itu Adobe juga merasa Plug-in lain lebih canggih.

Flash Player Dihentikan

Karena masalah seperti yang sudah saya jelaskan diatas, akhirnya pihak Adobe selaku pengembang memutuskan untuk menghentikan dukunganya terhadap Flash Player.

Pemberitahuan dihentikannya Flash Player, bisa dilihat pada saat kita akan menginstalnya pada Browser. akan muncul pemberitahuan bahwa Flash Player tidak didukung lagi setelah bulan Desember 2020.

Sekarang ini jarang ditemukan masalah-masalah mengenai plug-in. karena pihak google dan Microsoft menggunakan Plug-in lain yang tentunya lebih baik dan aman.

Kabar dihentikannya Flash Player agak membuat saya terkejut, walau sekarang tidak menggunakan Flash Player, namun Pluggin ini mengingatkan saya akan massa lalu, dimana yang menemani ketika Streaming film atau bermain game online di Facebook hmmmm.

Tarmuji
Tarmuji Aktif di depan Komputer dan suka Kopi.