Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Alasan Mengapa Promosi di Facebook

Alasan Mengapa Memanfaatkan Promosi Gratis Di Facebook

Facebook tidak bisa dianggap remeh untuk hal promosi. Ada fitur-fitur Facebook gratis yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana promosi.

Dengan fitur tersebut kita bisa promosi secara Cuma-Cuma, ini sangat cocok bila kita sedang membangun suatu bisnis atau usaha dengan modal yang tidak besar.

Namun sebelum membahas alasan-alasan memanfaatkan promosi gratis di Facebook, kita bahas dulu mengenai Promosi.

Dalam dunia bisnis, promosi menjadi hal yang sangat penting. Bisnis yang besar pasti diawali promosi yang dilakukan secara konsisten. 

Tujuan promosi sebenarnya untuk menyebarkan informasi mengenai produk atau jasa yang kita jual kepada para konsumen. Misal kita menjual suatu produk, kemudian mempromosikan, produk tersebut akan dilihat oleh orang banyak, lalu diantara orang-orang tersebut ada yang tertarik dengan produk kita, atau bahkan menginginkannya dan tentu saja akan membelinya.

Itulah sebabnya promosi sangat penting ketika awal bisnis di dirikan, guna menaikkan penjualan.
Promosi sebenarnya bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti memasang spanduk, membuat browser, memanjang di papan iklan dan lain-lain.

Namun di era sekarang promosi yang paling efektif adalah lewat dunia maya atau Internet. Karena hampir rata-rata masyarakat menghabiskan waktunya di Internet.

Ada banyak cara juga promosi di Internet. Namun di artikel ini kami ingin membahas alasan harus promosi lewat Facebook yang sangat menjanjikan. 

Berikut Alasan Mengapa Promosi Di Facebook:

1. Pengguna Facebook Semua Kalangan

Alasan Mengapa Memanfaatkan Promosi Gratis Di Facebook

Bisa kita lihat, disekitar kita tua maupun mudah banyak yang menggunakan Facebook . Bahkan orang yang baru belajar-pun menggunakan Smartphone, biasanya media sosial yang pertama kali dipelajari adalah Facebook.

Saya pribadi juga begitu, media sosial yang pertama kali saya pelajari adalah Facebook. Itu mungkin disebabkan karena Facebook muncul lebih dulu dibandingkan yang lainnya.

Berbeda dengan Instagram, yang biasanya dipakai oleh kaum muda. Atau Twitter yang digunakan oleh orang-orang yang suka mengutarakan pendapat terhadap suatu negara ataupun instansi.

Promosi lewat Facebook bisa menjangkau semua kalangan, apalagi produk yang ditawarkan ditujukan untuk segala usia. Itu akan menjadi keuntungan tersendiri bagi kita.

2. Pertemanan Tidak Terbatas

Alasan Mengapa Memanfaatkan Promosi Gratis Di Facebook

Di tahun 2020 Facebook berada diurutan ke tiga media sosial yang dipakai orang Indonesia, dibawah Youtube dan WhatsApp. Jumlah pengguna Facebook aktif di Indonesia tahun 2020 mencapai 130 juta jiwa. Sumber: https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia

Meskipun Facebook berada di peringkat ke tiga media sosial yang dipakai orang indonesia, namun Facebook memiliki kelebihan, yaitu pertemanan yang tidak terbatas.

Berbeda dengan Youtube dimana kita harus mencari Subscribe untuk mendapatkan pengunjung, tentu itu sangat sulit jika akun baru dibuat, kalapun kita promosi lewat orang lain harus mengeluarkan biaya.

Sementara WhatsApp juga memiliki pertemanan yang terbatas, hanya orang-orang disekitar yang bisa kita jangkau, itupun harus menyimpan nomer-nya dulu. Namun jika teman tidak menyimpan nomer kita, informasi yang kita bagikan tidak muncul. Bisa secara langsung lewat Chat, namun terkadang dianggap spam, dan nomer kita bisa diblokir.

Sementara Facebook pertemanan tak terbatas, kita bebas berteman dengan siapa dan darimana saja. Tentu ini akan memperluas jangkauan kita dalam promosi. Kita tinggal bagikan informasi, secara otomatis akan tersebar kepada orang yang menjalin  pertemanan dengan kita. 

3. Bisa Membuat Halaman Sendiri

Alasan Mengapa Memanfaatkan Promosi Gratis Di Facebook

Yaps ini adalah fitur yang sangat bagus sekali. Jika memiliki akun Facebook, kita bisa membuat sebuah halaman tersendiri yang terpisah dari akun utama.

Kita diberi kebebasan untuk memberi nama dan deskripsi halaman tersebut. Misal saya membuat halaman yang diberi nama toko saya sendiri dan deskripsi menjelaskan produk yang saya tawarkan.

Halaman tersebut bisa kita isi dengan produk atau jasa yang kita tawarkan, sehingga nanti akan terlihat seperti sebuah toko online.

Selanjutnya Halaman kita tinggal di Share, untuk mendatangkan pengunjung dan tentu saja orang-orang agar tertarik untuk membeli produk kita.

Selain itu sebuah halaman Facebook juga bisa disukai atau diikuti oleh pengguna lainnya. Jika para pembeli puas dengan produk atau jasa kita, tidak memungkinkan mereka akan mengikuti halaman Facebook kita. dari sini kita bisa mengembangkannya lebih besar lagi karena memiliki pengikut halaman Facebook yang loyal.

Jika sudah memiliki pengikut halaman Facebook yang banyak, akan sangat mudah bila kita memiliki produk baru untuk ditawarkan. Kita tinggal promosikan lewat halaman tersebut secara otomatis akan tersebar ke pengikut.

Pada halaman Facebook juga terdapat fitur Pesan atau Chat sendiri. Dimana tidak tergabung dengan Pesan personal pada akun utama kita. tentu ini sangat memudahkan, agar tidak tercampur aduk dengan Pesan akun utama.

4. Fitur Facebook Marketplace


Alasan Mengapa Memanfaatkan Promosi Gratis Di Facebook

Fitur lain yang tak kalah bagusnya adalah Facebook Marketplace. Fitur ini mirip dengan OLX, dimana kita bisa mempromosikan produk atau jasa secara langsung, lalu pengguna Facebook yang berada di area sekitar kita akan bisa melihatnya.

Saya sendiri sangat suka promosi di Facebook Marketpalce di banding OLX, karena pengguna Facebook lebih banyak.Tentu, itu akan membuat peluang produk atau jasa terjual lebih besar. 

5. Promosi Lewat Group


Alasan Mengapa Memanfaatkan Promosi Gratis Di Facebook

Karena Facebook bisa untuk membuat Group, kita bisa promosi lewat Group tersebut. Itu bisa dilakukan jika kita sudah bergabung menjadi anggota.

Promosi di Group Facebook juga tidak sembarangan, jika produk atau jasa yang ditawarkan tidak sesuai isi Group yang diikuti, bisa-bisa kita di depak karena dianggap spam.  

6. Promosi lewat Live Streaming

Alasan Mengapa Memanfaatkan Promosi Gratis Di Facebook

Di Facebook kita bisa siaran langsung atau Live Streaming. Kita bisa gunakan untuk sarana promosi.

Lewat Live Streaaming kita bisa menawarkan produk atau jasa secara detail dan lengkap kepada calon pembeli.

Karena jika hanya dengan membaca mungkin calon pembeli kurang jelas, tapi dengan video akan lebih mudah dipahami.

7. Bisa Promosi Langsung Lewat Beranda Akun Utama

Selain lewat fitur yang sudah saya jelaskan diatas, kita juga bisa promosi langsung lewat beranda akun utama.

Namun saya  menyarankan promosi lewat beranda akun utama dilakukan dengan tidak promosi secara berlebihan, karena bisa dianggap akun Spam, tentu ini akan membuat teman Facebook merasa tidak nyaman, dan bisa saja memblokir pertemanan kita.

Sebaiknya beranda akun utama , bisa digunakan untuk menshare halaman yang sudah kita buat. Guna memancing teman-teman Facebook untuk melihat halaman kita, yang tentunya halaman sudah  diisi dengan produk atau jasa yang kita tawarkan.

8. Terdapat Fitur Promosi Berbayar

Alasan Mengapa Memanfaatkan Promosi Gratis Di Facebook


Jika kita memiliki modal lebih, bisa menggunakan fitur ini, yaitu Facebook Ads. Yang bisa lebih banyak dan luas jangkauan promosinya.

Halaman yang sudah kita buat ataupun produk yang kita tawarkan lewat Facebook Marketplace, bisa dipromosikan lagi lewat fitur berbayar ini.

Lewat fitur ini Halaman ataupun produk di Marketplace akan ditampilkan di beranda para pengguna Facebook secara Random oleh pihak Facebook itu sendiri.

Mungkin pernah kita sedang melihat-lihat beranda Facebook, terkadang ada promosi yang muncul, nah itulah Facebook Ads.

Atau bisa juga langsung membuat promosi lewat halaman Facebook Ads, tanpa harus membuat halaman ataupun Marketplace terlebih dahulu.

Facebook Ads dapat mengoptimalkan promosi kita, namun ya tentu saja, kita harus mengeluarkan biaya tambahan.


Itulah alasan memanfaatkan promosi gratis di Facebook sangat disarankan. Dari yang para penggunanya semua kalangan, menempati urutan ketiga media sosial yang digunakan masyarakat indonesia, bisa membuat halaman sendiri yang sangat memudahkan konsumen, pertemanan yang tak terbatas dibandingkan media sosial lainnya, terdapat Facebook Marketplace yang mirip dengan OLX, dan tak lepas dari fitur tersebut juga bisa promosi langsung lewat beranda akun utama, serta terdapat Facebook Ads guna mengoptimalkan promosi kita.

Jika kita bisa menggunakan Facebook untuk promosi, lewat fitur-fitur yang sudah kami jelaskan diatas secara maksimal. Tentu bisa meningkatkan penjualan produk atau jasa kita.

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "8 Alasan Mengapa Promosi di Facebook"