Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi Spesifikasi Windows 10 Sesungguhnya

 

Rekomendasi Spesifikasi Windows 10 Sesungguhnya

Sistem operasi ini diperkenalkan pertama kali pada 30 september 2014. Di tahun berikutnya 2015, tepatnya 29 Juli 2015 dirilis ke publik.

Windows 10 merupakan versi sistem operasi windows terbaru saat ini, meneruskan versi sebelumnya yaitu windows 8.1.

Banyak kalangan yang mengatakan bahwa Windows 10 merupakan update dari windows 8.1. itu berdasarkan kemiripan dari segi tampilan dan fitur-nya.

Kedua versi Windows ini tampilan-nya lebih ke massa kini. pihak Microsoft sepertinya mengupayakan tampilan-nya mirip dengan atau lebih ke tampilan Smartphone.

Hal tersebut terlihat dengan banyaknya Widget-Widget seperti pada sebuah Smartphone masa kini. Bahkan sekarang Windows 10 juga sudah terdapat Tablet Mode.

Meskipun Windows 10 belum mencapai final, yang artinya masih ada Update yang dilakukan pihak Microsoft untuk memperbaiki atau menambah fitur. Tapi Windows 10 merupakan Sistem Operasi terbaik saat ini.

Berbeda dengan windows 7 ke bawah, kedua versi windows ini cukup berat untuk dijalankan pada sebuah komputer. Membutuhkan Spesifikasi lebih tinggi terutama windows 10.

Spesifikasi Minimum Windows 10 Yang Di Rekomendasikan Pihak Microsoft

 
Prosesor1 gigahertz (GHz) atau di atasnya
RAM1 gigabyte (GB) for 32-bit atau 2 GB for 64-bit
Hard disk  32 GB untuk 64-bit dan 32-bit
Graphics cardDirectX 9 atau di atasnya
Display resolution800 x 600.

Spesifikasi diatas adalah Spesifikasi minimal anjuran dari Microsoft jika ingin menggunakan Windows 10 dengan lancar. 

Meskipun sudah menggunakan Spesifikasi yang dianjurkan oleh Microsoft, namun tetap saja ada banyak pengguna yang mengalami masalah, yaitu sistem sangat lambat. Hal ini terjadi terutama bagi yang menggunakan Spesifikasi Pas-pas'an.

Jika diperhatikan Ram 1 atau 2 GB dan Prosesor 1 GHz di tahun 2021 ini rasanya sangat kecil sekali. Mengingat perkembangan Software terus meningkat dan membutuhkan Spesifikasi yang lebih tinggi juga.

Jadi kami rasa sangat wajar bila Spesifikasi minimal yang diberikan pihak Microsoft akan berjalan sangat lamban jika menggunakan Windows 10.

Untuk itu jika ingin menggunakan windows 10, sebaiknya gunakan spesifikasi minimum sebagai berikut:

 
Prosesor: 2 gigahertz (GHz) atau di atasnya
RAM: 4 gigabyte (GB) atau di atasnya
Hard disk: 128 GB atau di atasnya
Graphics card: DirectX 9 atau di atasnya
Display resolution: 800 x 600.

Spesifikasi tersebut tidaklah 100% akurat, mengingat para pengguna memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Jika hanya penggunaan biasa (Office) maka kami rasa Spesifikasi diatas sudah cukup membuat Sistem Windows 10 berjalan dengan lancar.

Sebenarnya masalah Lancar atau tidaknya saat menggunakan Windows 10 tidak hanya karena Spesifikasinya saja. Mungkin Spesifikasi sudah lebih dari cukup namun masih terasa Lamban saat Sistem dijalankan. 

Faktor lain yang membuat Windows 10 berjalan Lamban mungkin saja karena adanya virus yang sudah berhasil merusak Sistem. 

Atau bisa juga Media penyimpanan yang digunakan (Harddisk). Ya ini faktor yang perlu di perhatikan juga, karena menggunakan jenis Harddisk SSD atau HDD memiliki pengalaman penggunaan yang berbeda dari segi kecepatan.

Nah jika kalian mengalami kendala dimana Sistem operasi berjalan lamban bisa melakukan tips berikut untuk mengatasinya.

Tips apabila Windows 10 berjalan Lamban

1. Matikan Aplikasi Startup untuk menghemat RAM

2. Bersihkan sampah yang terdapat pada Windows 10 secara berkala

3. Selalu Update Windows Security (Defender) untuk menangkal Virus

4. Uninstall Aplikasi yang jarang digunakan (Termasuk Aplikasi bawaan Windows)

5. Nonaktifkan auto sync Penyimpanan Online, seperti One Drive, Google Drive, dan lain-lainnya.

6. Tidak menggunakan tema yang berat

7. Menggunakan Windows 10 Lite

8. Gunakan Harddisk SSD

Jika ternyata sudah melakukan Tips diatas namun masih saja Laptop atau PC berjalan lamban, mungkin langkah terbaik adalah mengganti perangkat yang baru. Sebab jika masalahnya pada Spesifikasi maka cara seperti apapun tetap saja tidak bisa membuat Windows 10 berjalan secara maksimal.

Itulah rekomendasi spesifikasi windows 10 sesungguhnya, yang bisa kita jadikan sebagai Referensi jika ingin menggunakan Sistem Operasi terbaru ini. Sekian Semoga dapat membantu dan terima kasih.

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "Rekomendasi Spesifikasi Windows 10 Sesungguhnya"