Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi Spesifikasi Windows 10 Sesungguhnya

 

Rekomendasi Spesifikasi Windows 10 Sesungguhnya

Sistem operasi windows 10 diperkenalkan pertama kali pada 30 september 2014. Di tahun berikutnya 2015, tepatnya  29 Juli 2015 dirilis ke publik.

Windows 10 merupakan versi sistem operasi windows terbaru saat ini, meneruskan versi sebelumnya yaitu windows 8.1.

Banyak kalangan yang mengatakan bahwa windows 10 merupakan update dari windows 8.1. itu bedasarkan kemiripan dari segi tampilan dan fiturnya.

Kedua versi windows ini tampilannya lebih ke massa kini. pihak microsoft sepertinya mengupayakan tampilannya mirip dengan smartphone.

Berbeda dengan windows 7 ke bawah, kedua versi windows ini cukup berat untuk dijalankan pada sebuah komputer. Membutuhkan spesifikasi lebih tingggi terutama windows 10.

Pihak microsoft merilis spesifikasi minimum windows 10 yaitu:
Prosesor                              : 1 gigahertz (GHz) atau diatasnya

RAM                                      : 1 gigabyte (GB) for 32-bit atau 2 GB for 64-bit

Hard disk                             : 32 GB untuk 64-bit dan 32-bit

Graphics card                     : DirectX 9 atau diatasnya

Display resolution              : 800 x 600.

Namun banyak yang mengalami masalah ketika menggunakannya, sistem berjalan lambat apalagi bagi yang menggunakan spesifikasi pas-pas’an.

Saat kuliah banyak teman-teman saya termasuk saya sendiri, enggan untuk upgrate ke windows 10. Mereka Memilih Untuk Tetap Menggunkan Windows 7. Meskipun pada waktu itu pihak microsoft menawarkan lisensi gratis bagi yang upgrate ke windows 10.

Selain karena windows 10 butuh spesifikasi lebih tinggi dari windows 7, hingga saat ini pun windows 10 belum sampai final. Artinya windows 10 masih diperbaharui terus secara berkala yang dapat menghabiskan kuota. Itulah mengapa saya dan teman-teman enggan untuk upgrade ke windows 10.

Cerita berubah ketika saya ganti laptop baru. Laptop yang saya beli menggunakan prossesor intel generasi ke-6, yaitu Skylake.

Pada prosessor ini ke atas tidak bisa menggunakan windows 7 lagi, harus menggunakan windows 10. Mungkin ini strategi marketing microsoft agar para pengguna pindah ke windows 10. Dan dengan berat hati, saya pun menggunakan windows 10.

Pada awalnya saya merasa windows 10 masih tidak stabil, tidak seperti windows 7. Saya sempat mencari cara untuk instal windows 7 di prossesor skylake, namun tidak ketemu.

Setelah beberapa waktu menggunakan windows 10 dan mengikuti update rutin dari microsoft. Awal tahun 2019 saya merasa windows 10 sudah stabil. Tidak mengalami masalah-masalah seperti dulu.

Dengan banyaknya fitur-fitur baru dan tampilan lebih massa kini dibandingkan versi windows sebelumnya, saya malah tidak ingin berganti sistem operasi lagi.

Sepertinya microsoft merespon keluhan-keluhan pengguna dan mencoba memperbaharuinya lewat update. Mengingat windows 10 belum mencapai versi final.

Jika nanti windows 10 sudah mencapai final mungkin akan lebih baik lagi, dari sekarang.

Jika anda ingin menggunakan windows 10, sebaiknya gunakan spesifikasi minimum komputer atau laptop berikut:

Prosesor                              : 2 gigahertz (GHz) atau diatasnya

RAM                                      : 4 gigabyte (GB) atau diatasnya

Hard disk                             : 128 GB atau diatasnya

Graphics card                     : DirectX 9 atau diatasnya

Display resolution              : 800 x 600.

Spesifikasi diatas sudah cukup untuk menjalankan windows 10 dengan lancar asal dengan penggunaan standar.

Jika digunakan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dan bermain game-game berat, ya tentu saja spesifikasi harus disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi atau game yang akan dijalankan.

Itulah rekomendasi spesifikasi windows 10 sesungguhnya, yang bisa kita jadikan sebagai refrensi atau menambah ilmu.sekian Semoga dapat membantu dan terima kasih.

Tarmuji
Tarmuji Aktif di depan Komputer dan suka Kopi.

Post a Comment for "Rekomendasi Spesifikasi Windows 10 Sesungguhnya"