Cara Install Kembali Copilot yang Hilang di Windows 11

Cara Install Kembali Copilot yang Hilang di Windows 11

Pada bulan April 2024 saya melakukan Update Windows 11, di mana versi yang digunakan adalah versi 24H2 dan build 26120.961. 

Setelah selesai melakukan Update, ternyata Windows Copilot Hilang. Pada awalnya saya mengira jika Copilot dimatikan melalui Setting. 

Namun setelah saya cek ternya memang Windows Copilot benar-benar hilang. Ini terlihat dari halaman Taskbar Setting, dimana opsi untuk Copilot tidak ada.

Copilot dirancang untuk membantu pengguna dalam melakukan berbagai tugas, mulai dari pengetikan otomatis, pengelolaan tugas, hingga memberikan saran berdasarkan kebiasaan pengguna. Dengan fitur ini, kita bisa meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam menggunakan komputer.

Bagi banyak orang, hilangnya fitur Copilot bisa menjadi sumber kebingungan dan frustrasi. Bayangkan saja, kita sedang sibuk bekerja atau menyelesaikan proyek penting, lalu tiba-tiba Copilot yang biasa membantu kita tidak lagi tersedia. Masalah ini bisa terjadi karena berbagai alasan.

Untuk itu, artikel ini hadir sebagai panduan lengkap bagi kita yang ingin menginstall kembali Copilot yang hilang di Windows 11. Dengan memahami penyebab hilangnya fitur ini dan mengikuti langkah-langkah yang tepat, kita bisa dengan cepat mengembalikan fungsi Copilot ke sistem kita. Mari kita simak penjelasan detailnya berikut ini.

Cara Install Kembali Copilot yang Hilang di Windows 11

Mengapa Copilot Bisa Hilang?

Sebelum kita membahas cara menginstall ulang, ada baiknya kita memahami beberapa alasan mengapa Copilot bisa hilang dari sistem kita.

Dikutip dari halaman answers.microsoft.com, hilangkan Copilot dari Windows 11 ialah karena fitur ini dirilis masih dalam pratinjau. 

Pada awalnya Copilot tersedia disemua pengguna , namun kini hanya tersedia pada pengguna di wilayah tertentu saja. Wilayah tersebut meliputi beberapa area di Amerika Utara dan Selatan serta sebagian Asia.

Namun kedepannya Microsoft akan segera menambah pasar untuk Copilot ke semua pengguna tentunya, setelah fitur ini sudah layak dan stabil dalam hal performa. 

Langkah-Langkah Menginstall Kembali Copilot

Nah bagi kita yang mengalami Windows Copilot hilang, maka jangan kawatir. Karena kita masih bisa melakukan Install secara manual melalui Store Microsoft. 

Berikut cara Install kembali Windows Copilot di Windows 11: 

  • Buka Microsoft Store

    Langkah-Langkah Menginstall Kembali Copilot

  • Kemudian cari Windows Copilot lewat kolom pencarian.

    Langkah-Langkah Menginstall Kembali Copilot

  • Setelah itu pilih Get untuk memulai Install dan tunggu prosesnya hingga selesai.

    Langkah-Langkah Menginstall Kembali Copilot

  • Windows Copilot akan tersedia kembali.

    Langkah-Langkah Menginstall Kembali Copilot

    Setelah selesai maka Windows Copilot akan tersedia namun dalam bentuk aplikasi sendiri. Silakan cari pada menu Start atau bisa juga di buka lewat Search. 

Baca juga: 3 Cara Menonaktifkan Copilot di Windows 11 Dengan Mudah dan Cepat

Menghadapi masalah Copilot yang hilang di Windows 11 bisa menjadi pengalaman yang frustrasi, jika memang kita sering menggunakan fitur ini. 

Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat mengatasi masalah ini dan mengembalikan Copilot ke sistem kita. 

Dengan demikian, kita bisa kembali memanfaatkan fitur Copilot yang sangat membantu dalam meningkatkan produktivitas kita sehari-hari.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Install Kembali Copilot yang Hilang di Windows 11"