Cara Membuka Pesan Gmail pada Jendela Baru di PC

Cara Membuka Pesan Gmail pada Jendela Baru di PC Browser

Saat kita menerima banyak email setiap hari, mengelola inbox Gmail kita bisa menjadi tugas yang cukup menantang. Salah satu trik yang jarang diketahui tetapi sangat berguna adalah membuka pesan Gmail pada jendela baru di PC browser. 

Mengapa ini penting? Dengan membuka pesan dalam jendela baru, kita dapat lebih mudah beralih antar pesan, membandingkan informasi dari email yang berbeda, atau hanya sekadar menjaga inbox tetap rapi tanpa menutup pesan yang sedang kita baca. Mari kita pelajari bersama cara melakukan ini dengan langkah-langkah yang mudah diikuti.

Kelebihan Membuka Pesan Gmail di Jendela Baru?

Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, mari kita lihat terlebih dahulu beberapa keuntungan membuka pesan Gmail di jendela baru:

1. Lebih Memudahkan

Dengan membuka pesan Email pada jendela baru, membuat kita bisa membaca beberapa email secara bersamaan tanpa harus bolak-balik ke inbox. 

Beberapa pesan email yang kita buka, dapat dibuka pada masing-masing jendela. Kita bisa leluasa dalam berpindah halaman pesan Gmail yang terbuka.

2. Kemudahan Referensi

Kemudian juga sangat mempermudah dalam membandingkan dua email atau lebih menjadi lebih mudah, terutama jika kita bekerja dengan informasi yang kompleks. 

Ditambah lagi jika menggunakan split layar, mungkin akan sangat lebih mempermudah lagi. 

3. Lebih Fokus

Dengan membuka pesan di jendela terpisah, kita dapat fokus pada email tertentu tanpa gangguan dari pesan lain di inbox. 

Karena dengan fitur ini nantinya pesan akan terbuka full halaman, tanpa adanya menu-menu lain yang terlihat.

Langkah-langkah Membuka Pesan Gmail pada Jendela Baru

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kita ikuti untuk membuka pesan Gmail di jendela baru di PC browser:

1. Menggunakan Klik Kanan 

  • Buka Gmail di Browser.
    Langkah pertama tentu saja adalah membuka akun Gmail kita di browser. Kita bisa menggunakan browser apapun seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, atau Safari.

  • Cari dan Pilih Pesan yang Ingin Dibuka.
    Setelah masuk ke akun Gmail kita, arahkan kursor ke pesan yang ingin kita buka di jendela baru. Jangan klik pesan tersebut langsung.

  • Klik Kanan pada Pesan.
    Di sini langkah kuncinya. Alih-alih mengklik pesan untuk membukanya di tab yang sama, kita klik kanan pada pesan tersebut. Ini akan memunculkan menu konteks dengan berbagai pilihan.

  • Pilih Buka Tautan di Jendela Baru.

    Membuka Pesan Gmail pada Jendela Baru Lewat Klik Kanan

    Dalam menu konteks yang muncul, kita pilih opsi "Buka tautan di jendela baru" atau "Open link in new window" jika browser kita menggunakan bahasa Inggris. Pesan tersebut akan terbuka di jendela baru.

  • Kelola Jendela Baru.

    Membuka Pesan Gmail pada Jendela Baru

    Sekarang pesan kita sudah terbuka di jendela baru. Kita bisa mengatur posisi jendela tersebut sesuai kebutuhan kita. Misalnya, kita bisa memindahkannya ke monitor kedua jika menggunakan setup multi-monitor, atau hanya memperkecil dan menempatkannya di samping jendela utama kita.

2. Melalui Ikon Di Jendela Baru

Selain cara diatas bisa juga menggunakan tombol  Buka Tautan di Jendela Baru. Tombol ini muncul setelah pesan Gmail dibuka dan letaknya di bagian pojok kanan atas laman.

Berikut caranya: 

  • Buka Gmail di Browser.

  • Buka Pesan Gmail Yang di Pilih.

  • Selanjutnya silakan klik ikon Di Jendela Baru, yang berada dibagian pojok kanan atas laman.

    Melalui Ikon Di Jendela Baru

  • Selesai.
    Setelah itu maka pesan email yang dibuka akan terbuka pada jendela baru dan tampilannya menjadi lebih full.

Baca juga: Cara Mengubah Bahasa di Gmail Laptop dan HP Android

Membuka pesan Gmail di jendela baru mungkin terlihat seperti trik kecil, tetapi dampaknya bisa sangat signifikan bagi produktivitas kita. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana yang telah kita bahas, kita bisa mengelola email dengan lebih efisien dan fokus. 

Selain itu, dengan memanfaatkan berbagai fitur pada Gmail, kita bisa menjadikan pengalaman mengelola email lebih menyenangkan dan terorganisir.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Membuka Pesan Gmail pada Jendela Baru di PC"