Cara Mematikan Keyboard Laptop Windows Menggunakan CMD

Cara Mematikan Keyboard Laptop Windows Menggunakan CMD

seiring berjalannya waktu, komponen-komponen laptop, seperti keyboard, bisa mengalami masalah atau kerusakan. Bahkan jika tidak ada kerusakan, ada beberapa situasi di mana kita mungkin ingin mematikan keyboard internal laptop. Apakah kalian pernah berpikir mengapa kita perlu mematikan keyboard internal laptop dan bagaimana cara melakukannya?

Dalam artikel ini, kita akan membahas alasan-alasan mengapa kita mungkin ingin mematikan keyboard internal laptop serta langkah-langkah praktis untuk melakukannya menggunakan Command Prompt (CMD) di Windows. Kami akan memandu melalui proses ini secara rinci agar kalian dapat melakukannya dengan mudah dan aman.

Alasan Mematikan Keyboard Internal Laptop?

Sebelum kita masuk ke langkah-langkah teknis, penting untuk memahami alasan mengapa seseorang mungkin ingin mematikan keyboard internal laptop. 

Berikut adalah beberapa skenario umum:

1. Kerusakan pada Keyboard

Salah satu alasan paling umum adalah kerusakan fisik pada keyboard internal. Tombol yang tidak berfungsi, tombol yang macet, atau respons yang tidak konsisten bisa sangat mengganggu, terutama saat Anda sedang bekerja atau belajar. Dalam kasus ini, menggunakan keyboard eksternal dan mematikan keyboard internal bisa menjadi solusi sementara atau permanen yang efektif.

2. Menghindari Kesalahan Pengetikan

Bagi mereka yang lebih suka menggunakan keyboard eksternal karena kenyamanan atau ergonomi, keyboard internal bisa menjadi penghalang. Tanpa disadari, kita mungkin menekan tombol pada keyboard internal, yang dapat mengakibatkan kesalahan pengetikan atau gangguan dalam pekerjaan. Dengan mematikan keyboard internal, kita bisa fokus sepenuhnya pada keyboard eksternal tanpa khawatir terjadi kesalahan.

3. Perawatan dan Pembersihan 

Ketika membersihkan laptop, terutama bagian dalamnya, keyboard internal bisa rentan terhadap kerusakan akibat cairan pembersih atau debu. Mematikan keyboard internal saat pembersihan bisa mencegah kerusakan yang tidak disengaja dan memastikan bahwa semua tombol tetap berfungsi dengan baik setelah proses pembersihan.

Langkah-Langkah Mematikan Keyboard Internal Laptop Windows

Sekarang kita telah memahami beberapa alasan mengapa seseorang mungkin ingin mematikan keyboard internal laptop, sekarang mari kita lanjutkan dengan langkah-langkah praktis untuk melakukannya. 

Ada dua cara yang dapat dilakukan dalam mematikan keyboard laptop, pertama dengan cara mematikan driver keyboard melalui Device Manager dan cara kedua menggunakan CMD. 

1. Dengan Mematikan Driver Keyboard

  • Buka Device Manager

    Mematikan Keyboard Laptop

    Cara termudah dalam membuka Device Manager adalah melalui RUN. Tekan tombol Windows + R, lalu ketikan Device devmgmt.msc. Jika sudah klik OK atau tekan Enter. 

  • Lakukan Disable Driver Keyboard Internal Laptop.

    Mematikan Keyboard Laptop

    Pada jendela Device Manager, silakan cari Driver keyboard laptop. Kemudian klik klik kanan dan pilih Disable device

  • Selesai.
    Nah sampai disini keyboard Internal laptop telah berhasil dimatikan. Karena Drivernya telah di matikan.

    Sementara jika ingin mengaktifkan kembali, caranya kurang lebih sama. Kita hanya perlu memilih Enable device. Setelah itu maka keyboard akan aktif kembali. 

    Mematikan Keyboard Laptop

Catatan:
Pada cara pertama ini, tidak semua laptop memiliki opsi Disable device. Sehingga jika laptop kalian tidak terdapat, maka gunakan cara yang kedua dibawah ini.

2. Menggunakan CMD

Selain menggunakan cara yang sudah disebutkan diatas, kita juga bisa menggunakan opsi lain dalam mematikan Keyboard internal laptop. 

Caranya ialah menggunakan CMD dengan perintah. Berikut langkah-langkahnya: 

  • Buka CMD sebagai Administrator.

    Mematikan Keyboard Menggunakan CMD

    Buka Windows Search (tekan tombol Windows + S), kemudian ketikan CMD. Lalu pilih Run as Administrator. 

  • Pilih Yes pada notifikasi persetujuan yang muncul. 

  • Langkah selanjutnya, ketikan perintah sc config i8042prt start= disabled

    Mematikan Keyboard Menggunakan CMD

  • Jika sudah tekan Enter

  • Lakukan Restart perangkat laptop. 

  • Setelah Restart selesai coba cek Keyboard Internal kalian, maka yang terjadi adalah akan tidak berfungsi. 

  • Sementara jika ingin mengaktifkan kembali, caranya sama. Namun menggunakan perintah berikut: sc config i8042prt start= auto

    Mematikan Keyboard Menggunakan CMD

  • Selesai. 

Baca juga: 13 Tombol Pintasan File Explorer Windows Yang Dapat Membantu Dalam Mengelola File

Mematikan keyboard internal laptop Windows menggunakan Command Prompt bisa menjadi solusi yang efektif dalam berbagai situasi, seperti ketika keyboard mengalami kerusakan, untuk menghindari kesalahan pengetikan, atau karena kebutuhan lingkungan khusus. 

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, kita bisa dengan mudah menonaktifkan dan mengaktifkan kembali keyboard internal laptop kita.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Mematikan Keyboard Laptop Windows Menggunakan CMD"