Widget HTML #1

Pengertian dan Fungsi Tombol Home Pada Website

Pengertian dan Fungsi Tombol Home Pada Website

Salah satu elemen penting yang harus ada pada website adalah tombol home. Tombol ini berfungsi untuk membawa pengunjung kembali ke halaman utama atau beranda website dengan mudah dan cepat. 

Tombol home biasanya berbentuk logo, ikon, atau tulisan yang menunjukkan identitas atau nama website. Tombol home juga dapat disebut sebagai tombol navigasi utama, karena dapat membantu pengunjung untuk menjelajahi website dengan lebih efisien.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjabarkan mengenai pengertian dan fungsi dari tombol home yang ada pada sebuah Website.

Pengertian Tombol Home

Secara umum, pengertian tombol home adalah sebuah tombol yang berfungsi untuk membawa pengguna kembali ke tampilan utama atau layar beranda sebuah perangkat. Ini adalah titik awal atau rumah bagi pengguna dalam navigasi sebuah perangkat elektronik. 

Tombol home dapat ditemukan pada berbagai jenis perangkat, seperti komputer, laptop, smartphone, tablet, dan lain-lain. Tombol home biasanya berupa logo windows atau jendela dan terletak antara CTRL dan ALT jika pada Desktop Windows.

Pada konteks website, pengertian tombol home adalah halaman utama atau halaman muka dari sebuah website atau juga bagian depan halaman webiste yang mana telah di set sebagai halaman utama sebuah web yang memiliki isi sebuah daftar atau juga menu-menu dari web itu sendiri. 

Tombol home merupakan halaman yang paling penting pada suatu website karena merupakan halaman utama dan halaman yang di index terlebih dahulu oleh search engine sebelum halaman-halaman yang lain pada suatu website.

Fungsi Tombol Home

Tombol home memiliki beberapa fungsi yang bermanfaat bagi pengguna website, di antaranya adalah:

1. Melakukan Navigasi

Salah satu fungsi tombol home adalah kemampuannya dalam memberikan navigasi yang cepat dan mudah. Dengan menekan tombol home, pengunjung dapat kembali ke halaman utama website tanpa harus mengulangi langkah-langkah sebelumnya. Hal ini dapat menghemat waktu dan tenaga pengunjung, serta meningkatkan pengalaman pengguna (user experience) website.

2. Merepresentasikan Identitas atau Topik Pembahasan Utama dari Suatu Website

Tombol home juga berfungsi untuk merepresentasikan identitas atau topik pembahasan utama dari suatu website. Dengan melihat tombol home, pengunjung dapat mengetahui apa tema, tujuan, atau visi dan misi dari website tersebut. Tombol home dapat berupa logo, ikon, atau tulisan yang mencerminkan karakteristik website. Misalnya, jika website berisi tentang informasi kesehatan, maka tombol home dapat berupa gambar stetoskop, hati, atau tulisan "Kesehatan".

3. Menampilkan Daftar Fitur atau Menu Navigasi yang Dimiliki Suatu Website

Selain itu tombol home juga berfungsi untuk menampilkan daftar fitur atau menu navigasi yang dimiliki suatu website. Dengan adanya tombol home, pengunjung dapat melihat apa saja yang ditawarkan oleh website tersebut, seperti halaman tentang kami, produk, layanan, kontak, blog, dan lain-lain. Tombol home dapat dihubungkan dengan menu dropdown, sidebar, atau footer yang berisi link-link ke halaman-halaman lain dalam website.

4. Dapat Memuat Ringkasan Konten yang Diterbitkan dalam Website. 

Tak sampai disitu, tombol home juga dapat berfungsi untuk memuat ringkasan konten yang diterbitkan dalam website. Dengan demikian, pengunjung dapat mengetahui apa saja yang baru atau populer di website tersebut, seperti artikel, video, podcast, testimoni, atau promo. Tombol home dapat menampilkan ringkasan konten dengan menggunakan slider, carousel, grid, atau list yang dapat di-scroll atau di-klik oleh pengunjung.

Contoh Tombol Home pada Website

Berikut ini adalah beberapa contoh tombol home pada website yang dapat kita lihat:

Situs satutitiknol.com

Contoh Tombol Home pada Website

Website ini memiliki tombol home berupa logo tulisan Satutitiknol yang terletak di atas pinggir kiri halaman dan jika dibuka pada perangkat Smartphone akan berada di bagian tengah atas. 

Selain itu situs satutitiknol juga memiliki tombol home berupa tulisan Beranda, jika di pilih atau di tekan akan langsung membawa pengguna ke halaman utama. 

Tombol home ini  merepresentasikan identitas website yang berisi tentang informasi dan tips seputar teknologi, Windows, Android, dan lainnya.

Baca juga:  Apa Bedanya Update and Shutdown Dengan Update and Restart di Windows? Berikut Jawabannya!

Itulah pengertian dan fungsi tombol home pada website yang perlu kita ketahui. Tombol home adalah salah satu elemen yang sangat penting dalam mendesain website yang user-friendly dan profesional. Dengan menggunakan tombol home yang sesuai dengan identitas, topik, dan tujuan website, kita dapat meningkatkan kredibilitas, trafik, dan konversi website kita.

Tombol home juga dapat membantu pengunjung untuk menavigasi website dengan lebih mudah dan cepat. Dengan menekan tombol home, pengunjung dapat kembali ke halaman utama website dan melihat daftar fitur atau menu yang ditawarkan oleh website. Tombol home juga dapat menampilkan ringkasan konten yang diterbitkan dalam website, sehingga pengunjung dapat mengetahui apa saja yang baru atau populer di website tersebut.

Demikianlah artikel yang saya buat tentang pengertian dan fungsi tombol home pada website. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita. 

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk " Pengertian dan Fungsi Tombol Home Pada Website"