Widget HTML #1

Cara Menonaktifkan Fitur Terus Jalankan Apl Latar Belakang Saat Google Chrome Ditutup

Cara Menonaktifkan Fitur Terus Jalankan Apl Latar Belakang Saat Google Chrome Ditutup

Google Chrome adalah salah satu browser web terpopuler di dunia, dengan berbagai fitur dan ekstensi yang dapat meningkatkan pengalaman berselancar kita. Namun, ada satu fitur yang mungkin tidak kita sukai, yaitu fitur Terus jalankan apl latar belakang saat Google Chrome ditutup.

Fitur ini memungkinkan Google Chrome untuk tetap berjalan di latar belakang, bahkan setelah kita menutup semua jendela browser yang kita buka. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa aplikasi dan ekstensi yang kita gunakan dapat terus berfungsi dan memberikan pemberitahuan, seperti Google Hangouts, Gmail, Facebook dan lain sebagainya.

Namun, fitur ini juga memiliki beberapa kelemahan, seperti: Menghabiskan sumber daya sistem, seperti CPU, RAM, dan baterai. Mengganggu kinerja aplikasi lain yang membutuhkan memori lebih banyak.

Oleh karena itu, jika kita ingin menghemat daya baterai, mempercepat komputer kita,  maka menonaktifkan fitur ini merupakan solusi yang tepat. 

Baca juga: Cara Menghapus dan Menyembunyikan Shortcut di Google Chrome PC

Cara Menonaktifkan Fitur Terus Jalankan Apl Latar Belakang Saat Google Chrome Ditutup

Berikut ini adalah cara menonaktifkan fitur Terus jalankan apl latar belakang saat Google Chrome ditutup:

  • Buka Google Chrome di komputer/laptop.

  • Klik ikon tiga titik di sudut kanan atas, lalu pilih Setelan atau Settings.

    Menonaktifkan Fitur Terus Jalankan Apl Latar Belakang Saat Google Chrome Ditutup

  • Cari bagian Sistem atau System, lalu matikan opsi Lanjutkan menjalankan aplikasi latar belakang saat Google Chrome ditutup atau Continue running background apps when Google Chrome is closed.

    Menonaktifkan Fitur Terus Jalankan Apl Latar Belakang Saat Google Chrome Ditutup

  • Tutup dan buka kembali Google Chrome untuk menerapkan perubahan.

  • Selesai.
    Dengan cara ini, kita telah menonaktifkan fitur yang membuat Google Chrome tetap berjalan di latar belakang. Sekarang, Google Chrome hanya akan berjalan ketika kita membuka jendela browser, dan akan berhenti ketika kita menutupnya. Ini akan membantu kita menghemat daya baterai dan mempercepat komputer kita.

Namun, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika kita menonaktifkan fitur ini, yaitu:

  • Tidak akan menerima pemberitahuan dari aplikasi dan ekstensi yang kita gunakan di Google Chrome, seperti Google Hangouts, Gmail, atau Facebook, kecuali kita membuka jendela browser.
  • Kita mungkin perlu login ulang ke beberapa situs web atau layanan yang kita gunakan di Google Chrome, karena sesi kita mungkin berakhir ketika kita menutup browser.
  • Kita juga mungkin perlu mengaktifkan kembali fitur ini jika kita ingin menggunakan aplikasi atau ekstensi tertentu yang membutuhkan Google Chrome untuk berjalan di latar belakang.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Browser Google Chrome Sering Lag Sendiri di PC

Itulah cara menonaktifkan fitur Terus jalankan apl latar belakang saat Google Chrome ditutup. Dengan mengetahui cara ini, kita dapat mengoptimalkan kinerja komputer dan menghemat daya baterai.

Namun, kita juga harus memperhatikan dampak dari menonaktifkan fitur ini, seperti tidak adanya pemberitahuan dari aplikasi dan ekstensi, perlu login ulang ke beberapa situs web atau layanan, dan perlu mengaktifkan kembali fitur ini jika diperlukan. Oleh karena itu, kita harus mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi kita sebelum menonaktifkan fitur ini.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Menonaktifkan Fitur Terus Jalankan Apl Latar Belakang Saat Google Chrome Ditutup"