(Snipping Tool)Cara Praktis untuk Mengambil Screenshot di Windows Tanpa Perlu Aplikasi Tambahan

Snipping Tool: Cara Praktis untuk Mengambil Screenshot di Windows Tanpa Perlu Aplikasi Tambahan

Apakah kita sering perlu mengambil gambar dari layar komputer kita untuk berbagai keperluan, seperti membuat laporan, presentasi, tutorial, atau sekadar berbagi informasi? Jika ya, maka kita mungkin sudah familiar dengan istilah screenshot, yaitu potongan gambar yang menampilkan apa yang sedang terlihat di layar komputer kita.

Namun, apakah kita tahu bahwa Windows memiliki fitur bawaan yang bisa membantu kita mengambil screenshot dengan mudah dan cepat tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan? Fitur tersebut bernama Snipping Tool, yaitu alat bantu yang memungkinkan kita untuk memotong gambar dari bentuk apa pun dari layar komputer kita.

Snipping Tool sudah ada sejak Windows Vista dan terus ditingkatkan hingga Windows 11. Dengan Snipping Tool, kita bisa mengambil screenshot dari seluruh layar, jendela tertentu, area persegi, atau area bebas. Kita juga bisa menambahkan anotasi, seperti teks, panah, atau gambar di atas screenshot sebelum menyimpan atau membaginya.

Baca juga: Langkah Mudah Cara Mengganti Tema Windows 10/11

Cara Menggunakan Snipping Tool di Windows 10/11

Cara menggunakan Snipping Tool sangat mudah dan praktis. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Buka halaman yang ingin di Screenshot 

  • Kemudian tekan tombol Print Screen (PrtSc) pada Keyboard

  • Pilih salah satu mode Screenshot yang tersedia

    Cara Menggunakan Snipping Tool di Windows 10/11

    Rectangular Mode
    Mode ini memungkinkan kita untuk menggambar bentuk bebas di sekitar objek yang ingin kita potong. Mode ini cocok untuk kita yang ingin berkreasi dengan potongan kita, misalnya membuat bentuk hati, bintang, atau bulan sabit dan lain sebagainya.

    Freeform Mode
    Mode ini memungkinkan kita untuk menyeret kursor di sekitar objek untuk membentuk persegi. Mode ini cocok untuk kita yang ingin mengambil potongan dengan bentuk rapi dan simetris, misalnya mengambil gambar tabel, grafik, atau logo.

    Windows Mode
    Mode ini memungkinkan kita untuk memilih jendela, seperti kotak dialog, yang ingin kita potong. Mode ini cocok untuk kita yang ingin mengambil potongan dari jendela tertentu tanpa harus mengambil seluruh layar, misalnya mengambil gambar pesan error, notifikasi, atau pop-up.

    Fullscreen Mode
    Mode ini memungkinkan kita untuk mengambil potongan dari seluruh layar komputer kita. Mode ini cocok untuk kita yang ingin mengambil potongan dari halaman web atau aplikasi secara keseluruhan, misalnya mengambil gambar laman beranda, dashboard, atau tampilan utama.

  • Setelah itu lakukan tindakan pada halaman yang ingin di Screenshot, ini tergantung dari jenis mode Screenshot yang dipilih

  • Nah sampai di sini sebenarnya secara otomatis hasil Screenshot akan tersimpan pada folder Download > Picture > Screenshot di File Explorer.

  • Sementara jika ingin edit, silakan pilih pop up Snipping Tools yang muncul di bagian pojok kanan bawah laman

    Cara Menggunakan Snipping Tool di Windows 10/11

  • Setelah itu lakukan pengeditan, seperti melakukan Crop, menambahkan coretan dan lain sebagainya

    Cara Menggunakan Snipping Tool di Windows 10/11

  • Jika sudah klik Save (jika ingin menyimpan pada komputer), Copy (jika ingin meng-copy dan menempelkan ke lembar kerja lainnya), atau bisa juga memilih Share (jika ingin membagikan ke media sosial)

    Cara Menggunakan Snipping Tool di Windows 10/11

  • Selesai 

Baca juga: Trik Mudah Menghapus “Home” dari File Explorer Windows 11

Demikianlah cara menggunakan Snipping Tool di Windows tanpa perlu aplikasi tambahan. Snipping Tool adalah fitur yang sangat berguna dan mudah digunakan untuk mengambil screenshot dari layar komputer kita. Selamat mencoba!

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "(Snipping Tool)Cara Praktis untuk Mengambil Screenshot di Windows Tanpa Perlu Aplikasi Tambahan"