Widget HTML #1

Cara Memasukkan Video YouTube ke Microsoft Word

Cara Memasukkan Video Youtube ke Microsoft Word

Apakah kalian pernah ingin memasukkan video YouTube ke dalam dokumen Microsoft Word kalian? Jika ya, kalian berada di tempat yang tepat. 

Dalam artikel ini, saya akan mencoba membahas mengenai langkah-langkah yang diperlukan untuk memasukkan video YouTube ke dalam dokumen Microsoft Word dengan mudah.

Seiring dengan berkembangnya platform video online, salah satunya YouTube. Banyak video menarik yang ada pada platform ini, khususnya video-video pembelajaran. 

Mempelajari sesuatu melalui video akan lebih mudah dan cepat dipahami jika dibandingkan belajar dengan media lain. 

Seperti halnya saat membuat dokumen melalui MS Word, untuk lebih memperjelas isi dokumen agar lebih mudah dipahami pembaca, bisa ditambahkan sebuah video yang berkaitan.

Saat ini ada cara yang sangat mudah jika ingin menambahkan video dalam lembar kerja MS Word, yaitu menautkan video YouTube langsung pada lembar kerja. 

Kelebihan menautkan video YouTube ke MS Word adalah pengguna tidak perlu memndownload video-nya terlebih dahulu. 

Pembaca yang ingin menonton video dapat langsung memutar-nya pada lembar kerja MS Word, asalkan dalam keadaan terhubung ke jaringan internet. 

Kelebihan Menautkan Video YouTube Pada Microsoft Word 

Berikut beberapa kelebihan jika menautkan video YouTube pada MS Word: 

1. Visualisasi Yang Kaya

Menautkan video YouTube pada dokumen Word memungkinkan kita memperkaya konten dengan visualisasi yang lebih baik. Video dapat membantu memperjelas atau mengilustrasikan konsep yang sulit dijelaskan hanya dengan teks.

2. Penjelasan Yang Lebih Baik

Dengan menautkan video YouTube yang relevan, kita dapat memberikan penjelasan yang lebih baik pada topik yang sedang kita bahas dalam dokumen. Hal ini dapat membantu pembaca untuk memahami materi dengan lebih baik.

3. Konten Interaktif

Video YouTube dapat memberikan pengalaman interaktif dalam dokumen Word kita. Misalnya, kita dapat menautkan video tutorial atau video presentasi yang memungkinkan pembaca untuk mengikuti langkah-langkah atau melihat presentasi dengan lebih interaktif.

4. Sumber Daya Tambahan

Menautkan video YouTube pada dokumen Word juga memungkinkan kita untuk menyertakan sumber daya tambahan yang dapat berguna bagi pembaca. Video dapat berisi demo produk, wawancara, atau sumber daya lainnya yang relevan dengan topik yang dibahas dalam dokumen.

5. Keterlibatan Pembaca

Video memiliki daya tarik yang kuat, dan dengan menautkannya pada dokumen Word, kita dapat meningkatkan keterlibatan pembaca. Pembaca akan lebih tertarik untuk menjelajahi konten kita dengan menonton video yang disematkan.

6. Menghemat Ruang Penyimpanan 

Video yang tertaut merupakan video langsung dari YouTube, itu artinya video tidak disimpan dalam dokumen itu sendiri maupun pada perangkat. Hal ini tentu saja akan lebih menghemat ruang penyimpanan memori. 

Baca juga: 3 Cara Memindahkan Gambar di Microsoft Word dengan Bebas

Cara Memasukkan Video YouTube ke Microsoft Word

Untuk memasukkan atau menautkan video YouTube ke dalam lembar kerja Microsoft Word, dapat menggunakan fitur Online Videos. 

Fitur Online Videos sendiri dapat ditemukan pada menu Insert, nah berikut langkah-langkahnya: 

  • Buka Microsoft Word

  • Kemudian pastikan juga jika lembar dokumen Word sudah di Save As, sebab jika tidak nantinya fitur Online Videos tidak akan aktif

  • Langkah selanjutnya silakan pilih Insert > Online Videos

    Cara Embed Video Youtube ke Microsoft Word

  • kemudian silakan masukkan Link video YouTube yang akan dimasukkan ke dalam dokumen Word

    Cara Embed Video Youtube ke Microsoft Word

  • Jika sudah klik Insert

  • Jika berhasil maka embed video YouTube akan tampil seperti gambar dibawah

    Cara Embed Video Youtube ke Microsoft Word

  • Terakhir silakan sesuaikan ukuran dan tata letak posisi video yang berhasil di embed kedalam lembar kerja Microsoft Word

  • Selesai
    Video YouTube yang sudah berhasil dimasukkan ke dalam dokumen Word dapat langsung diputar dengan cara mengekliknya.

    Namun dengan cacatan kalian harus terhubung dengan koneksi Internet. 

Membuka Video YouTube Yang Ada Pada Word Lewat Browser 

Video YouTube yang tertaut pada lembar kerja MS Word merupakan video langsung dari YouTube, jika pengguna ingin membukanya langsung lewat browser juga bisa dilakukan. 

Berikut caranya: 

  • Klik kanan video > Open In Browser 

    Membuka Video Youtube Yang Ada Pada Word Lewat Browser

  • Maka nantinya akan langsung diarahkan ke browser default pada perangkat kalian dan langsung juga membuka link video YouTube yang terkait

  • Selesa 


Mengedit Link Video YouTube Pada Microsoft Word 

Kemudian jika ingin melakukan pengeditan, misalnya mengganti link video YouTube yang sudah terpasang. Berikut caranya: 

  • Klik kanan video, kemudian pilih Edit Link 

    Mengedit Link Video Youtube Pada Microsoft Word

  • Selanjutnya pada kolom Address, ganti link yang baru 

    Mengedit Link Video Youtube Pada Microsoft Word

  • Jika sudah klik OK

  • Selesai  

Baca juga:  Tutorial Cara Membuat Background Transparan di Microsoft Word Dengan Mudah

Dengan menggunakan langkah-langkah di atas, kita dapat dengan mudah memasukkan video YouTube ke dalam dokumen Microsoft Word yang kita buat. 

Ini adalah cara yang efektif untuk memperkaya konten kita dan membuat dokumen Word kita lebih menarik dengan adanya embed video dari YouTube.

Namun, penting untuk diingat bahwa menautkan video YouTube dalam dokumen Word juga dapat memiliki beberapa kekurangan, seperti ketergantungan pada koneksi internet dan potensi gangguan jika video dihapus atau tautan rusak. 

Selain itu, file dokumen Word yang mengandung video mungkin menjadi lebih besar dalam ukuran, yang dapat mempengaruhi kinerja dan kecepatan pembukaan dokumen.

Secara keseluruhan, menautkan video YouTube pada Microsoft Word dapat meningkatkan pengalaman membaca dan memperkaya konten dokumen kita dengan visualisasi dan sumber daya tambahan yang relevan.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Memasukkan Video YouTube ke Microsoft Word"