Widget HTML #1

Cara Mengubah Format Flashdisk/Hardisk ke FAT32 Lewat Windows 10/11

Cara Mengubah Format Flashdisk/Hardisk ke FAT32 Lewat Windows 10/11

Membuat atau merubah sistem file pada flashdisk/hardisk menjadi format FAT32 melalui laptop/PC Windows, sebenarnya tidak terlalu sulit. Pengguna dapat melakukannya melalui File Explorer. 

Sebenarnya jenis sistem file yang satu ini sudah cukup usang atau jadul, sekarang ini sudah terdapat jenis sistem file yang lebih baru dan memiliki fitur lebih unggul. Misalnya saja seperti NTFS dan ExFAT. 

Meskipun sudah cukup usang format FAT32 memiliki kelebihan tersendiri, salah satunya mendukung untuk semua jenis sistem operasi. 

Berbeda dengan jenis sistem file terbaru, dimana hanya dapat mendukung pada perangkat yang menggunakan sistem operasi terbaru saja. 

Format Flashdisk/Hardisk Tidak Ada Pilihan FAT32 di Windows 10/11

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika melakukan format flashdisk ke FAT32 sangat mudah, dapat dilakukan melalui File Explorer. 

Namun sayangnya kini, format FAT32 sudah tidak tersedia lagi pada Windows 10 dan 11. Itu artinya jika pengguna ingin mengubah format flashdisk atau penyimpanan lainnya ke sistem file FAT32 sudah tidak bisa lagi.

Pada Windows 10 dan 11, format sistem file yang tersedia hanyalah NTFS dan ExFAT. Tentu saja hal ini bagi sebagian pengguna cukup sangat disayangkan. 

Sepertinya Microsoft lebih memprioritaskan sistem file terbaru yaitu NTFS dan ExFAT bagi penggunanya.

Walaupun sistem file FAT32 sudah cukup usang, namun nyatanya masih banyak pengguna yang masih menggunakan perangkat yang hanya mendukung menggunakan sistem file FAT32.

Misalnya saat ingin melakukan Instalasi game pada PS3 menggunakan falasdisk atau hardisk, agar hardisk atau flashdisk yang digunakan terbaca pada PS3, maka harus menggunakan sistem file FAT32. 

Oleh sebab itu, lewat artikel ini saya akan mencoba berbagi artikel mengenai bagaimana cara mengubah format flashdisk atau penyimpanan lainnya ke sistem file FAT32 lewat komputer Windows 10/11. 

Baca juga: 5 Cara Eject Flashdisk di Laptop

Cara Mengubah Format Flashdisk/Hardisk ke FAT32 Lewat Windows 10/11

Untuk mengubah format flashdisk ke FAT32 lewat komputer Windows 10/11 dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ke tiga. 

Aplikasi yang dapat digunakan adalah EaseUs Partition Master, aplikasi ini memiliki fungsi untuk melakukan pengelolaan ruang penyimpanan (partition manager), misalnya membuat partisi hardisk, merubah format dan lain sebagainya. 

Langkah 1 (Backup Flashdisk/Hardisk)

Karena akan merubah formatnya, maka nantinya flashdisk/hardisk akan di hapus semua isinya. Jadi pastikan kalian melakukan backup terlebih dahulu, jika dirasa ada file penting pada flashdisk/hardisk yang akan diubah ke FAT32. 


Langkah 2 (Install Aplikasi EaseUs Partition Master)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika untuk mengubah format flashdisk/hardisk ke FAT32 di Windows 10/11 dapat dilakukan menggunakan aplikasi EaseUs Partition Master. 

Sebenarnya masih banyak aplikasi partition manager lain yang dapat digunakan dalam mengubah format flashdisk ke FAT32.

Namun  saya lebih menyarankan menggunakan EaseUs Partition Master, karena memang sudah terbukti berhasil. Selain itu aplikasi yang digunakan juga yang versi gratis. 

Jadi silakan Install EaseUs Partition Master pada laptop/PC Windows 10/11 kalian. Untuk file Instalasinya sendiri dapat di Download lewat link berikut:
https://www.easeus.co.id/partition-manager/partition-master-free.html

Atau jika masih bingung mengenai cara Install EaseUs Partition Master, maka dapat membaca artikel berikut: Cara Download dan Install EaseUs Partition Master di Windows


Langkah ke 3 (Mengubah Flashdisk/Hardisk ke FAT32)

Nah jika langkah 1 dan 2 sudah dilakukan maka langkah selanjutnya adalah langsung mengubah flashdisk/hardisk ke format FAT32. 

Berikut langkah-langkahnya: 

  • Tancapkan flashdisk/hardisk ke laptop/PC

  • Selanjutnya pastikan jika flashdisk/hardisk sudah terbaca

    Mengubah Flashdisk/Hardisk ke FAT32 di Windows 10/11

    Untuk memastikan flashdisk/hardisk apakah sudah terbaca atau belum, maka bisa melihatnya melalui File Explorer.

  • Kemudian jalankan aplikasi EaseUs Partition Master

    Mengubah Flashdisk/Hardisk ke FAT32 di Windows 10/11


  • Pilih Partition Manager, lalu cari disk yang merupakan flashdisk/hardisk kalian yang akan diubah ke format FAT32

    Mengubah Flashdisk/Hardisk ke FAT32 di Windows 10/11

    Nantinya pada halaman Partition Manager akan muncul semua perangkat penyimpanan yang terpasang pada Laptop/PC kalian.

    Silakan cari saja disk yang merupakan flashdisk/hardisk kalian, dengan cara melihat namanya.

  • Langkah selanjutnya silakan klik kanan disk yang merupakan flashdisk/hardisk kalian, kemudian pilih Format

    Mengubah Flashdisk/Hardisk ke FAT32 di Windows 10/11

  • Sesuaikan konfigurasinya

    Mengubah Flashdisk/Hardisk ke FAT32 di Windows 10/11

    Penjelasan:
    Partition label: Merupakan nama yang akan digunakan pada flashdisk/hardisk nantinya, jadi silakan ganti sesuai yang kalian inginkan.

    File system: Merupakan format file yang akan digunakan. Karena ingin mengubah ke FAT32, jadi silakan pilih FAT32.

    Cluster size: Pada kolom ini pilih saja default. Ketika File system sudah dipilih nantinya pada kolom Cluster size akan muncul sendiri.

    Full format: Silakan beri checklist agar nantinya flashdisk/hardisk akan diformat secara total, namun dengan konsekuensi proses format akan menjadi lama.
    Dalam contoh di sini saya lebih memilih tidak memberi checklist agar nantinya proses format lebih cepat.

  • Jika sudah Klik OK

  • Lalu pilih YES

    Mengubah Flashdisk/Hardisk ke FAT32 di Windows 10/11

  • Kemudian silakah klik Execute

    Mengubah Flashdisk/Hardisk ke FAT32 di Windows 10/11

  • Terakhir klik Apply

    Mengubah Flashdisk/Hardisk ke FAT32 di Windows 10/11

  • Tunggu proses hingga selesai

    Mengubah Flashdisk/Hardisk ke FAT32 di Windows 10/11

  • Selesai

    Mengubah Flashdisk/Hardisk ke FAT32 di Windows 10/11

    Jika proses format sudah selesai, maka nantinya format flashdisk/hardisk akan berubah menjadi FAT32, seperti yang tertera pada gambar di atas. 

Baca juga: Cara Melihat Kapasitas Flashdisk Di Laptop Windows Dan Hp Android

Nah itulah tadi penjelasan mengenai cara mengubah format flasdisk/hardisk ke FAT32 yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. 

System File FAT32 sendiri memang sudah terbilang sudah usang, namun meskipun begitu pada kenyataannya masih banyak pengguna yang menggunakan perangkat yang hanya dapat menggunakan FAT32. 

Pada Windows 10 dan 11 saat ini sudah tidak tersedia pilihan untuk melakukan format ke FAT32, karena sepertinya memang Windows lebih memprioritaskan format file NTFS dan ExFAT. 

Namun jika memang kalian masih ingin merubah flashdisk atau perangkat penyimpanan lain ke FAT32 lewat Windows 10/11, maka dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Dan jangan lupa pula sebelum melakukan format hendaknya melakukan backup terlebih dahulu, agar nantinya kalian tidak kehilangan data yang ada pada flashdisk/hardisk.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Mengubah Format Flashdisk/Hardisk ke FAT32 Lewat Windows 10/11"