Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Suhu Laptop Windows Menggunakan HWMonitor

Cara Cek Suhu Laptop Windows Menggunakan HWMonitor

Memantau suhu laptop memang tidak bisa dianggap sebelah mata, demi menjaga performa Laptop agar tetap stabil dan tidak mengalami kerusakan. 

Suhu Laptop yang melebihi batas tentu akan sangat berdampak negatif. Dampak yang akan langsung terlihat adalah Laptop mengalami Overheat. 

Laptop yang mengalami Overheat biasanya akan mati secara tiba-tiba. Hal tersebut karena sistem mendeteksi panas yang berlebihan pada perangkat yang kemudian memberikan perintah untuk mematikannya. 

Sistem yang mematikan mesin ini sudah diatur, alasnya untuk melindungi komponen dari kerusakan akibat panas yang melebihi batas. 

Ada banyak faktor yang menyebabkan kenapa Laptop mengalami Overheat, misalnya banyak kotoran yang menempel pada casing bagian dalam sehingga panas sulit dikeluarkan, menjalankan Aplikasi/program berat dalam jangka yang lama, dan lain sebagainya. 

Terlepas dari itu semua, pada intinya pengguna harus memantau suhu Laptop. Jika dirasa panas suhu Laptop sudah sangat panas maka harus dimatikan agar mesin kembali dingin. 

Untuk memantau suhu pada Laptop sendiri dapat menggunakan sebuah Aplikasi yang bernama HWMonitor. 

Aplikasi ini sangat populer dan banyak pengguna Komputer yang menggunakannya. HWMonitor mampu memberikan informasi perangkat seperti Spesifikasi, performa yang sedang berjalan secara real time dan tentunya temperatur setiap komponen. 

Baca juga: 5 Cara Merawat Laptop Agar Awet Dan Tidak Lemot

Cara Cek Suhu Laptop Windows Menggunakan HWMonitor

Untuk menggunakan HWMonitor dalam mengecek suhu pada Laptop ada beberapa langkah yang harus dilakukan. 

Langkah pertama tentu melakukan Download file Instalasi HWMonitor melalui situs resminya, kemudian melakukan proses Instalasi dan terakhir menjalankannya. 

1. Langkah Pertama (Download File Instalasi HWMonitor)

Pihak pengembang HWMonitor telah menyediakan situs resmi yang digunakan untuk Download HWMonitor. 

Berikut ini caranya:


2. Langkah Kedua (Install HWMonitor) 

Nah jika file Instalasi HWMonitor sudah berhasil di Download, maka langkah selanjutnya adalah melakukan proses Instalasi. 

Berikut langkah-langkahnya: 

  • Cari dan Klik 2X File Instalasi Yang Sudah di Download

    Install HWMonitor

    Silakan cari dan jalankan file Instalasi yang sudah berhasil di Download. Secara default biasanya tersimpan pada folder Download di File Explorer.

  • Pilih Yes

  • Kemudian Klik Next

    Install HWMonitor

    Silakan tentukan lokasi penyimpanan di mana nantinya HWMonitor akan di Install. Namun dalam contoh di sini saya tidak merbah-Nya dan langsung mengeklik Next.

  • Klik Next Lagi

    Install HWMonitor

  • Hilangkan Checklist Create a desktop icon (Jika Tidak Ingin di Buat Shortcut Pada Halaman Desktop, Lalu Klik Next

    Install HWMonitor

  • Klik Install

    Install HWMonitor

  • Tunggu Proses Install Hingga Selesai

  • Klik Finis

    Install HWMonitor

    Sebelum mengeklik finis, jika tidak ingin melihat mengenai informasi tentang HWMonitor seperti versi dan daftar update.

    Maka silakan hilangkan Checklist pada View hwm_readme.txt

  • Selesai
    Nah sampai disini proses Instalasi telah berhasil, untuk langkah selanjutnya dapat menjalankan Aplikasi HWMonitor. 


3. Langkah Ketiga (Cek Suhu Laptop)

Jika proses Instalasi telah berhasil, maka langkah selanjutnya dapat langsung menjalankan HWMonitor guna melihat suhu pada Laptop. 

Berikut lngkah-langkahnya: 

  • Cari dan Buka Aplikasi HWMonitor Pada Menu Start

    Cek Suhu Laptop

    Silakan cari Aplikasi HWMonitor pada menu Start atau bisa jua pada halaman Desktop, jika tadi memberi checklist Create a desktop icon saat proses Instalasi. Kemudian silakan jalankan.

  • Cek Suhu Laptop

    Cek Suhu Laptop

    Setelah Aplikasi HWMonitor terbuka, silakan pilih komponen perangkat dan kemudian lihat pada bagian Temperatures.

    Masing-masing komponen nantinya akan dapat dicek suhu atau temperaturnya. Dalam contoh di sini misalnya saya melihat suhu prosesor.

  • Selesai 


Penyebab Laptop Cepat Panas 

Laptop yang cepat panas tentu dapat dipengaruhi beberapa faktor. Jika penyebab panas dapat diatasi maka hal tersebut setidaknya dapat mengurangi panas yang berlebihan. 

Penyebab Laptop yang cepat panas, di antara sebagai berikut: 

1. Banyak Kotoran Yang Menumpuk 

Laptop memiliki sirkulasi udara. Kipas pada Laptop akan menghisap udara dari luar dan kemudian mengeluarkannya untuk mendinginkan panas pada komponen. 

Namun jika banyak kotoran yang menumpuk didalam bodi Laptop tentu akan membuat proses sirkulasi menjadi terganggu, akibatnya panas tidak bisa dikeluarkan dengan maksimal bersamaan dengan udara keluar.

Kotoran yang menumpuk biasanya menutupi celah yang digunakan untuk udara masuk atau mungkin pada bagian yang digunakan untuk udara keluar. 

Serta mungkin juga kotoran menumpuk pada kipas, yang menyebabkan kipas tidak bekerja maksimal sebagai pendingin Laptop. 

Oleh sebab itu sebaiknya Laptop dibersihkan secara berkala dengan cara membongkarnya, jika tidak bisa maka dapat membawa ke tempat service terdekat.

2. Menggunakan Diatas Kasur 

Laptop memang mudah dibawa ke mana-mana, sering sekali pengguna menggunakan Laptop di atas kasur. 

Kebiasaan ini tentu perlu dihindarkan, karena dapat membuat Laptop menjadi cepat panas. Pada kebanyakan kasus, panas tidak bisa keluar karena tertutup kasur. Terutama untuk laptop yang pembuangan panasnya menghadap ke bawah.

Coba kalian perhatikan, ketika menggunakan Laptop di atas kasur maka body laptop akan cepat terasa panas. 

3. Untuk Menjalankan Aplikasi atau program Berat 

Aplikasi atau Program yang  berat tentu akan membuat Laptop bekerja sangat keras, akibatnya panas yang dihasilkan juga sangat tinggi. 

Apalagi jika digunakan untuk menjalankan game berat dalam jangka waktu yang lama. Jika tidak kuat maka Laptop akan mengalami Overheat. 

Sebaiknya jika ingin menggunakan Aplikasi berat, sesuaikan dengan spesifikasi laptop. Apakah me-mumpuni atau tidak. 

4. Terpapar Sinar  Matahari Secara Langsung 

Sinar matahari yang langsung mengenai laptop akan membuat cepat panas. Oleh sebab itu jangan meletakkan Laptop pada tempat yang terkena sinar matahari, entah Laptop dalam keadaan mati atau sedang hidup. 

5. Dan Lain Sebagainya 

Baca juga: Cara Install dan Menggunakan CPU-Z di Windows

Memantau temperatur suhu pada Laptop sebaiknya jangan diabaikan, agar nantinya dapat mengantisipasi kerusakan jika suhu Laptop sudah sangat tinggi. 

Untuk mengecek suhu Laptop sendiri dapat dilakukan menggunakan Aplikasi HWMonitor. Aplikasi ini cukup power Full karena informasi yang ditampilkan sangat lengkap. 

Suhu pada setiap komponen yang menghasilkan panas, seperti prosesor, RAM, media penyimpanan dan lain-lain akan terpantau dengan jelas.

Selanjutnya jika memang laptop sudah bersuhu cukup tinggi segera matikan agar menjadi dingin kembali dan menghindari Laptop Overheat. 

Jika suhu Laptop cepat panas segera analisa penyebabnya, lalu segera atasi penyebab tersebut. Supaya Laptop awet dan tahan lama dalam pemakaian. 

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Posting Komentar untuk "Cara Cek Suhu Laptop Windows Menggunakan HWMonitor"