Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengurutkan File/Folder di Laptop Windows

Cara Mengurutkan File/Folder di Laptop Windows

Dalam mengelola atau manajemen file maupun folder pada Windows dilakukan melalui File Explorer, Aplikasi ini memang di khususkan untuk hal tersebut. 

Ketika manajemen dilakukan terkadang terdapat file dan folder yang begitu banyak, sehingga dapat menyulitkan ketika melakukan pencarian. 

Namun pada File Explorer ternyata menyediakan fitur yang dapat digunakan untuk menyortir atau dengan kata lain mengurutkan file/folder berdasarkan jenis yang diinginkan, misalnya berdasarkan abjad, berdasarkan tanggal dan masih banyak lagi. 

Tentu dengan memanfaatkan fitur tersebut kita sebagai pengguna akan sangat dipermudah ketika melakukan pencarian atau manajemen data pada File Explorer Windows. 

File maupun Folder nantinya akan tersusun berurutan sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan. 

Lewat artikel kali ini saya ingin berbagi tutorial sederhana mengenai cara menyortir file/folder berdasarkan jenis/tipe yang di inginkan. 

Nah apakah kalian mulai penasaran? Untuk mengetahui bagaimana caranya, simak ulasannya dibawah ini.

Baca juga: 10 Cara Membuka Settings di Laptop Windows

Cara Mengurutkan File/Folder di Laptop Windows

Dalam mengurutkan file/folder pada Windows bisa dengan berdasarkan kriteria tertentu, seperti berdasarkan nama (abjad), tanggal, ukuran dan masih banyak lagi. 

Berdasarkan kriteria  apa dalam mengurutkan, pada intinya nanti caranya sama saja. Kita hanya perlu memilih salah satu yang diinginkan. 

1. Mengurutkan File Berdasarkan Abjad (Name) 

Opsi ini sangat cocok jika kalian menginginkan file tersusun berdasarkan Abjad (Name). Nantinya file akan diurutkan sesuai namanya. 

Opsi ini sebenarnya sudah menjadi Default atau setelan bawaan pada File Explorer, kecuali pada Folder Download. Jika pada Folder Download berdasarkan tanggal kapan file tersebut tersimpan.

Berikut cara mengurutkan file berdasarkan Abjad: 

  • Buka Tempat Penyimpanan File
    Langkah pertama silahkan buka pada folder yang digunakan untuk menyimpan file-file kalian di File Explorer.

  • Kemudian Klik Kanan Pada Area Kosong, Lalu Pilih Sort by > More…


  • Selanjutnya Pastikan Name Telah Ter-centang


  • Jika Sudah Klik OK

  • Mulai Mengurutkan Berdasarkan Abjad


    Untuk memulai mengurutkan file berdasarkan nama, maka langkah selanjutnya kalian tinggal: Klik Kanan area kosong > Pilih Sort by > Pilih Name.

  • Selesai
    Nah jika berhasil maka file dalam folder yang kalian pilih tersebut akan diurutkan berdasarkan Abjad seperti pada gambar diatas. 


2. Mengurutkan File Berdasarkan Tanggal 

Sementara jika ingin semua file yang ada diurutkan berdasarkan tanggal, maka caranya juga sama seperti saat mengurutkan berdasarkan abjad. 

Namun untuk memperjelas, silahkan simak tutorial-nya di bawah ini: 

  • Buka Tempat Penyimpanan File

  • Kemudian Klik Kanan Pada Area Kosong, Lalu Pilih Sort by > More…

  • Selanjutnya Pastikan Tanggal (Date) Telah Ter-centang 


  • Jika Sudah Klik OK

  • Mulai Mengurutkan Berdasarkan Tanggal (Date)


    Untuk memulai mengurutkan file berdasarkan nama, maka langkah selanjutnya kalian tinggal: Klik Kanan area kosong > Pilih Sort by > Pilih Date.

  • Selesai
    Nah jika berhasil maka file dalam folder yang kalian pilih tersebut akan diurutkan berdasarkan tanggal (Date) seperti pada gambar diatas. 


3. Mengurutkan File Berdasarkan Kriteria Lain 

Untuk mengurutkan file pada File Explorer dapat dilakukan dengan banyak pilihan kriteria tertentu. Jadi silahkan sesuaikan saja mana yang kalian inginkan atau butuhkan. 

Lalu untuk caranya sendiri sama seperti cara-cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. Bedanya hanya memilih kriteria yang diinginkan. 

Dari penjelasan dua contoh sebelumnya, jika kalian ingin mengubah ke kriteria lain saya rasa kalian tidak ada masalah alias sudah paham. 


4.  Mengurutkan Folder 

Kemudian selanjutnya adalah mengurutkan Folder. Jika ingin mengurutkan Folder maka caranya juga sama persis seperti yang sudah dijelaskan (seperti mengurutkan file).

Kalian tinggal pilih kriteria mana yang diinginkan, maka Folder akan diurutkan berdasarkan kriteria yang sudah dipilih. 

Baca juga: Cara Mengaktifkan Dark Mode File Explorer Pada Windows 10/11

Nah itu tadi tutorial sederhana mengenai bagaimana cara mengurutkan file atau folder pada Laptop Windows. 

Mengurutkan file/folder memang terkadang sangat dibutuhkan, tujuannya agar memudahkan ketika dalam pencarian file jika file yang tersimpan dalam tempat yang sama memiliki jumlah yang banyak. 

Pada File Explorer sendiri tersedia banyak pilihan mengenai kriteria yang diinginkan, seperti berdasarkan nama (Abjad), Tanggal (date), dan masih banyak lagi. 

Dengan banyaknya kriteria yang disediakan tentu akan membuat kita sebagai pengguna akan dipermudah-kan dalam pengelolaan atau manajemen File penting dalam Laptop/PC kita.

Sekian dan semoga membantu………..

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "Cara Mengurutkan File/Folder di Laptop Windows"