Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Lebih Dekat Microsoft Store Pada Windows

Mengenal Apa Itu Microsoft Store Pada Windows

Mengenal lebih dekat apa itu Microsoft Store pada Windows. Bagi pengguna laptop/PC dengan Sistem Operasi Windows , pasti sudah tak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. 

Pada Versi Windows terbaru, Microsoft Store biasanya berada pada Taskbar sejak pertama kali digunakan atau dengan kata lain MS Store menjadi Aplikasi default (Bawaan) dari Windows.

Jika dibuka maka didalam Microsoft Store terdapat berbagai macam Aplikasi yang berbayar ataupun yang gratis. Bahkan sekarang ini juga sudah banyak Aplikasi Media Sosial versi Desktop yang dapat di-install dari MS Store. 

Sebenarnya apa sih itu Microsoft Store? Nah untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, silakan simak uraiannya dibawah ini.

Baca juga: 8 Contoh Web Browser Dan Search Engine Serta Perbedaannya

Pengertian Microsoft Store 

Microsoft Store adalah sebuah toko resmi Aplikasi pada Sistem Operasi Windows 8 atau diatas-nya. Lewat Microsoft Store pengguna dapat melakukan Install berbagai macam Aplikasi yang tersedia. 

Microsoft Store mirip seperti Google Play Store yang ada di Android maupun Apple Store yang ada pada iOS. 

Hingga saat ini jumlah Aplikasi yang tersedia terus bertambah jumlahnya, mulai dari Aplikasi Game, Media Sosial, dan lain sebagainya sudah tersedia disana. 

Pada Windows 8 atau diatas-nya, Microsoft Store menjadi Aplikasi Default atau bawaan Bahkan Aplikasi ini selalu terdapat Shortcut pada Taskbar, ketika Device digunakan pertama kali setelah Instalasi Windows.

Sementara Lisensi dari Aplikasi yang ada pada Microsoft Store juga mirip seperti lainnya, ada yang berbayar ada juga yang gratis. 

Microsoft Store dan Windows Store apakah sama? Bagi sebagian User mungkin masih ada yang masih bingung dengan pertanyaan tersebut. 

Microsoft Store dan Windows Store itu sama saja. Dulu ketika Aplikasi ini pertama kali diperkenalkan, lebih dikenal Windows Store. Namun kini lebih dikenal dengan Microsoft Store. 

Fungsi Microsoft Store 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Microsoft Store merupakan wadah (toko) Aplikasi untuk Windows. Tentu fungsi utama Microsoft Store adalah untuk mempermudah pengguna dalam mencari dan Install Aplikasi yang diinginkan. 

Pengguna tidak perlu lagi mencari Aplikasi dan kemudian melalukan Install secara manual. Pengguna hanya perlu membuka Microsoft Store dan kemudian Install Aplikasi yang diinginkan dengan mudah dan cepat.

Kelebihan Install Aplikasi Dari Microsoft Store

Karena Microsoft Store merupakan toko resmi Aplikasi dari Microsoft, maka ada kelebihan-kelebihan jika melakukan Install Aplikasi Lewat Microsoft Store. 

Setiap Aplikasi yang tersedia pada Microsoft Store tentu sudah melewati tahap seleksi, salah satunya masalah keamanan. Dimana Aplikasi harus bebas dari Virus berbahaya yang dapat membahayakan pengguna. 

Nah berikut ini merupakan beberapa kelebihan jika melakukan Install Aplikasi lewat Microsoft Store:

1. Mempermudah Dalam Pencarian Aplikasi 

Microsoft Store Mempermudah Dalam Pencarian Aplikasi

Microsoft Store layaknya sebuah toko besar yang menjual banyak barang dengan beragam jenis. Pembeli hanya tinggal masuk, kemudian mencari barang-barang yang dibutuhkannya. 

Microsoft Store menjadi wadah untuk berbagai macam Aplikasi-Aplikasi (Software) yang telah dikembangkan oleh para Development masing-masing.

Karena Software terkumpul menjadi satu Store, maka hal ini tentu akan mempermudah pengguna dalam melakukan pencarian Aplikasi. Pengguna tidak perlu lagi mencari Aplikasi pada Internet yang kemudian mendownload dan menginstal-nya secara manual pada komputer mereka.

2. Keamanan Aplikasi Yang Menjamin

Keamanan Aplikasi Microsoft Store Yang Menjamin

Windows Store dikelola langsung oleh pihak Microsoft, itu artinya Microsoft sendiri akan selalu berusaha memastikan bahwa Aplikasi yang ada pada MS Store aman dari Virus atau hal lain yang membahayakan pengguna. 

Walaupun masalah keamanan pada Aplikasi yang ada pada Microsoft Store, sebenarnya tidak menjamin 100% aman. Karena Microsoft Store pernah mengalami kecolongan, dimana terdapat Aplikasi berbahaya dan berkualitas buruk. 

Namun perlu diketahui juga bahwa semua Aplikasi yang ada pada Microsoft Store berjalan pada sandbox, maksudnya Aplikasi tidak akan berjalan dan tidak dapat mengakses sistem yang terdapat Informasi berkas atau file berbahaya.

Selain itu Microsoft Store juga melakukan penyaringan terlebih dahulu sebelum Aplikasi ditampilkan pada Microsoft Store. Aplikasi yang tidak di Approve oleh Microsoft tidak akan masuk Microsoft Store. 

Dengan berjalannya waktu pastinya Microsoft akan terus berusaha memperbaharui sistem keamanan Microsoft Store untuk menjamin keamanan Aplikasi. 

3. Mudah Melakukan Instalasi 

Microsoft Store Mempermudah Melakukan Instalasi

Kalian pasti sering  melakukan Install Aplikasi lewat Android bagi pengguna Ponsel Android dan lewat Apple Store bagi pengguna Ponsel Apple, dan lain sebagainya.

Tak jauh beda, Install Aplikasi lewat Microsoft Store juga kurang lebih seperti itu. Pengguna hanya tinggal mengunjungi atau membuka Microsoft Store, kemudian mencari Aplikasi yang diinginkan, dan selanjutnya melakukan Install hanya dengan sekali Klik.

Berbeda dengan cara Install Aplikasi pada umumnya, kita harus mencair dahulu file Instalasi-nya dan kemudian melakukan Install secara manual. 

Dengan adanya Microsoft Store tentu saja membuat aktivitas Install Aplikasi pada komputer Windows menjadi lebih mudah dan simple. 

4. Terdapat Update Otomatis

Microsoft Store Terdapat Update Otomatis

Setiap Aplikasi yang di-install lewat Microsoft Store akan secara otomatis ter-update jika Aplikasi tersebut terdapat pembaharuan. Tentunya ketika Desktop ter-koneksi dengan Internet. Jadi kalian tidak usah khawatir jika Aplikasi yang kalian gunakan akan usang. 

Bagi yang memiliki masalah dengan sistem Update otomatis jangan khawatir. Sebab fitur ini dapat dimatikan jika memang pengguna tidak menginginkannya. 

Untuk menonaktifkannya bisa dilakukan langsung lewat Menu Setelan pada Microsoft Store. 

5. Download Di Microsoft Store Windows Bisa Tanpa Akun

Kelebihan yang selanjutnya ialah bisa tanpa akun ketika melakukan Download dan Install Aplikasi pada Microsoft Store. 

Berbeda dengan platform lainnya, yang biasanya harus login menggunakan akun terkait untuk melakukan Install Aplikasi pada Store. 

Namun pada Microsoft Store pengguna dapat install Aplikasi tanpa harus menggunakan akun Microsoft (Outlook). 

Tapi hanya berlaku untuk Aplikasi yang gratis saja. Sementara untuk Aplikasi berbayar tetap harus menggunakan akun yang nantinya digunakan untuk pembayaran.

Lalu bagaiman cara Download di Microsoft Store Windows 10 tanpa akun? Caranya sangat mudah, yaitu silahkan klik Close saja jika muncul notifikasi login akun, setelah menekan tombol Get (Install).  

Download Di Microsoft Store Windows Bisa Tanpa Akun

Gambar diatas merupakan contoh ketika notifikasi login akun muncul, saat akan Install Aplikasi lewat Microsoft Store. Silahkan klik Close saja, maka nanti akan langsung ke proses Download dan Install. 

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Data Center (Pusat Data)

Setelah membaca uraian diatas semoga dapat menambah wawasan kalian semua mengenai Microsoft Store yang ada pada Windows. 

Microsoft Store sendiri dibuat untuk mempermudah pengguna dalam melakukan pencarian dan Install Aplikasi pada Sistem operasi Windows. 

Karena Microsoft Store merupakan toko Aplikasi yang resmi, maka masalah keamanan tentu lebih menjamin jika dibandingkan dengan Aplikasi dari sumber yang belum jelas. 

Jika ingin melakukan Install Aplikasi, alangkah baiknya jika dilakukan lewat Microsoft Store, namun dengan ketentuan, jika Aplikasi tersebut sudah tersedia di sana.

Sekian dan semoga bermanfaat……………………….

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "Mengenal Lebih Dekat Microsoft Store Pada Windows"