Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Keyboard Mechanical?

Keyboard merupakan salah satu komponen penting dalam komputer. Alat ini berfungsi sebagai alat input. Dalam perkembangannya Keyboard telah mengalami perkembangan dimana saat ini terdapat keyboard yang memiliki fitur canggih, yaitu keyboard Mechanical. 

Pada saat ini terdapat dua jenis keyboard yang paling populer dan banyak digunakan, yaitu keyboard membrane (rubber dome) dan keyboard Mechanical.

Perbedaan dasar dari kedua jenis keyboard tersebut adalah terletak pada bahan komponennya, Keyboard membrane menggunakan bahan karet, sementara keyboard Mechanical menggunakan bahan pegas.

Keyboard membran merupakan keyboard yang sering digunakan oleh kebayakan orang sejak dulu, keyboard ini merupakan keyboard jenis lama. Sementara keyboard Mechanical merupakan keyboard jenis baru.

Nah pada kesempatan ini kami akan menjelaskan lebih dalam lagi mengenai jenis keyboard Mechanical, beserta kelebihannya. Oleh sebab itu simak uraiannya dibawah ini.

Baca juga: Fungsi Tombol Windows Di Keyboard Yang Harus di Ingat

Apa Itu Keyboard Mechanical?

Apa Itu Keyboard Mechanical?

Keyboard Mechanical adalah keyboard yang komponennya menggunakan pegas. Bahan komponen tersebut terbuat dari aluminium dan besi, atau bisa juga plastik dan aluminium. Sementara pada komponennya terdapat sebuah kotak Switch

Karena menggunakan komponen pegas, keyboard Mechanical lebih terasa nyaman saat ditekan, mempunyai Feel tersendiri, jika dibandingkan degan keyboard biasa (membran). 

Selain itu Keyboard Mechanical juga menghasilkan bunyi yang clicky saat ditekan, yang tentu hal ini dapat menimbulkan sensasi tersendiri bagi pengguna saat digunakan untuk mengetik, bermain game, dan lain-lain. 

Namun ada juga keyboard Mechanical yang tidak mengeluarkan suara clicky yang begitu keras dan terasa ringan serta lembut saat ditekan, itu semua tergantung dari jenis Switch yang digunakan. 

Sebenarnya keyboard Mechanical bukanlah jenis keyboard baru, keyboard ini sudah ada ketika pertama kali komputer muncul, namun baru populer dan banyak digunakan pada tahun 2014-an hingga sekarang. 

Karena begitu meningkatnya pengguna keyboard Mechanical, banyak Vendor yang berlomba-lomba merilis (menjual) keyboard Mechanical. 

Hal tersebut terlihat dari banyaknya merk keyboard Mechanical yang ada atau dijual di pasaran.

Kelebihan keyboard Mechanical

Apa Itu Keyboard Mechanical?
Sumber: Shopee

Tentu ada alasannya kenapa keyboard Mechanical ini saat ini sangat populer, meskipun memiliki harga yang lumayan mahal jika dibandingkan dengan keyboard bisa (membrane). 

Nah oleh sebab itu, berikut beberapa kelebihan dari keyboard Mechanical: 

1. Memiliki Feel Tersendiri

Pada keyboard biasa saat ditekan akan terasa lembut dan ringan, itu dikarenakan bahan komponennya yang terbuat dari karet.

Sementara pada keyboard Mechanical akan seperti ada umpan balik saat ditekan, hal ini karena komponennya yang menggunakan pegas.

Sensitivitasnya juga sangat baik, tidak perlu menekan tombol terlalu dalam. Sehingga bisa membuat pengguna merasa nyaman.

Selain itu keyboard Mechanical juga menghasilkan bunyi yang clicky. Bunyi clicky bisa menambah sensasi tersendiri saat pengguna menggunakannya. 

Bunyi clicky ini muncul karena struktur dari switch-nya, serta berbeda-beda suaranya yang dihasilkan.

2. Memiliki Fitur Yang Lengkap 

Keyboard Mechanical biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur keren dan sangat membantu, seperti fitur LED, Lock tombol Windows, anti-ghosting, dan lain sebagainya. 

Fitur-fitur tersebut tak lain guna untuk menambah kenyamanan para pengguna dalam mengerjakan pekerjaannya. 

3. Nyaman Digunakan Dalam Waktu Yang Lama

Keyboard Mechanical menghasilkan Feel yang tersendiri, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. 

Kenyamanan yang didapatkan akan lebih nyaman jika dibandingkan dengan Keyboard biasa. Karena kenyamanan-nya tersebutlah, keyboard Mechanical sangat cocok jika di gunakan dalam waktu yang lama. 

Bagi yang pernah menggunakan Keyboard mechanical pasti akan enggan beralih ke keyboard biasa. 

4. Harga Yang Mulai Terjangkau 

Saat pertama kali Keyboard Mechanical mulai populer harganya cukup mahal. Pada tahun 2016-an keyboard ini dibandrol dengan harga minimal 650 ribuan. 

Namun sekarang harga keyboard Mechanical sudah mulai terjangkau, dengan uang 250 ribu kita sudah bisa mendapatkan keyboard Mechanical dengan Switch Blue

Namun jika kita membeli bekas (seken), mungkin akan lebih murah lagi. 

5. Mudah Dibersihkan 

Saat membersihkan keyboard biasa (membran) kita sering sekali kesusahan dalam mencopot tombolnya, tak jarang malah merusak karet-nya. 

Sementara jika pada keyboard Mechanical kita hanya perlu mencopot keycap-nya saja, kemudian bisa membersihkannya dengan cutton bud (pembersih telinga) atau mungkin dengan alat pembersih lainnya. 

6. Memiliki Daya Tahan Yang Lama

Pada keyboard biasa menggunakan bahan karet, dimana biasanya karet bisa cepat mengalami kerusakan, atau yang biasa terjadi kelenturan karet cepat berkurang, yang membuat tombol tidak kembali saat selesai ditekan. 

Sementara keyboard Mechanical menggunakan pegas berbahan aluminium dan besi atau plastik dan aluminium yang tentu memiliki daya tahan lebih lama. 

Bahkan dari beberapa sumber, ketahanan keyboard ada yang bisa mencapai 50 juta kali ketukan (tekan). 

7. Feel Bisa Disesuaikan 

Keyboard Mechanical memiliki beberapa jenis Switch, dimana setiap Switch memiliki feel dan fitur sendiri-sendiri. 

Jenis Switch keyboard Mechanical dibedakan berdasarkan warnanya. Ketika membeli, pengguna bisa menentukan Switch mana yang akan digunakan. 

Mengenai jenis Switch ini, akan kami jelaskan pada uraiannya di bawah, agar lebih jelas lagi. 


Jenis-Jenis Switch Keyboard Mechanical dan Karakteristiknya 

Apa Itu Keyboard Mechanical?
Sumber: Shopee

Keyboard Mechanical sendiri memiliki beberapa jenis Switch pada tombolnya. Setiap Switch memiliki feel dan fitur tersendiri. 

Meskipun beberapa Vendor telah memiliki Custom Switch sendiri, namun Switch Keyboard Mechanical pada umumnya terdapat 4 jenis, yaitu Switch Blue, Red, Brown, dan Black.

Jika kalian berniat ingin membeli keyboard Mechanical, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu Switch-nya, kalian bisa menentukan sesuai dengan yang kalian suka. 

Nah untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut ini: 

1. Switch Blue 

Yang pertama adalah Switch Blue (biru). Switch ini memiliki karakteristik, jika ditekan akan menghasilkan suara clicky yang keras.

Selain itu Switch jenis ini juga memiliki karakter yang cukup keras saat ditekan, sehingga perlu sedikit tenaga yang lebih saat menggunakannya. 

Jika dibandingkan dengan jenis Switch lainnya, Switch Blue paling terasa berat saat ditekan.

Switch ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang menyukai bunyi saat mengetik, akan ada kesenangan sendiri saat mendengarnya. 

Saya pribadi, menyarankan jika menggunakan keyboard Mechanical dengan Switch Blue, sebaiknya pada tempat yang sekiranya tidak mengganggu orang lain, sebab suara yang dihasilkan cukup keras. 

2. Switch Red 

Selanjutnya adalah Switch Red. Switch jenis ini memiliki karakteristik kebalikan dari Switch Blue

Saat ditekan tidak mengeluarkan suara yang keras (sedikit senyap), hal ini disebabkan karena desain Switch-nya yang liner. 

Saat ditekan juga terasa sangat ringan dan lembut. Switch Red merupakan Switch yang paling ringan jika dibandingkan dengan Switch lainnya. 

Bagi yang tidak menyukai suara dan menyukai tekanan tombol yang ringan, menggunakan Switch jenis ini mungkin sangat di rekomendasikan. 

3. Switch Brown 

Switch Brown merupakan gabungan dari Switch Blue dan Red, dimana saat ditekan akan menghasilkan suara klak, namun suaranya tidak sekeras Blue Switch.

Saat di tekan juga tidak sekeras Blue Switch, namun juga tidak seringan Red Switch

Jenis Switch ini sangat cocok digunakan bagi yang menginginkan alternatif dari Switch Blue dan Switch Red

4. Switch Black

Yang terakhir adalah Switch Black. Switch ini mirip dengan Switch Red, yang membedakan hanya saat ditekan. 

Switch Red terasa lembut dan ringan saat ditekan, sedangkan Switch Black cenderung terasa berat. Switch Black juga tidak mengeluarkan suara saat ditekan. 

Baca juga: Pengertian Web Browser, Fungsi Web Browser dan Contohnya

Itulah penjelasan mengenai apa itu keyboard Mechanical, dengan ini saya rasa kalian semua akan semakin paham mengenai jenis keyboard ini.

Pada intinya, keyboard Mechanical memiliki feel dan kenyamanan tersendiri saat digunakan, jika dibandingkan dengan keyboard biasa (membrane).

Dengan mendapatkan kenyamanan tersebut, diharapkan dapat membantu user dalam penggunaan komputer, misalnya mengetik, bermain game, dan lain sebagainya. 

Selain itu dalam menggunakan keyboard Mechanical juga harus memperhatikan jenis Switch yang digunakan. Sebelum membelinya alangkah baiknya terlebih dahulu menyesuaikan atau memilih jenis Switch yang akan digunakan. 

Sebab jika salah memilih Switch, bukannya mendapatkan kenyamanan namun malah merasa terganggu dalam penggunaannya. 

Sekian dan semoga bermanfaat…………..

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for " Apa Itu Keyboard Mechanical?"