Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melihat History Google Chrome di Android dan Laptop

 

Cara Melihat History Google Chrome di Android

Saat kita mengakses Internet lewat Google Chrome, maka semua halaman yang dibuka akan di rekam dan dicatat kemudian disimpan dalam Browser, atau sering disebut History. 

History ini bisa sangat bermanfaat jika kita ingin melihat situs mana saja yang pernah kita kunjungi. Fasilitas ini bisa kita manfaatkan untuk melacak kemana saja browser kita pernah menjelajah, ini jika Smartphone atau komputer kita juga ternyata dipakai oleh orang lain.

Manfaat lain dari History ini adalah jika kita ingin mencari suatu informasi, kemudian informasi tersebut berada pada situs atau halaman yang pernah kita kunjungi sebelumnya, maka kita bisa langsung mencari dan membukanya, tanpa harus mengetik ulang alamat URL.

Selain itu, halaman yang dibuka dari History juga bisanya tidak perlu memuat ulang kembali, sehingga lebih cepat terbuka dan hemat Kuota.

Cara Melihat History Google Chrome di Android

Nah jika kalian masih bingung bagaimana cara melihat History Google Chrome di Android, pada artikel ini kami akan memberikan tutorialnya. Berikut langkah-langkahnya: 

1. Buka Google Chrome pada Android 

2. Tekan titik tiga pada pojok kanan atas laman

Cara Melihat History Google Chrome di Android

3. Kemudian tekan Histori 

Cara Melihat History Google Chrome di Android

4. Maka akan tampak riwayat pencarian (History)

Cara Melihat History Google Chrome di Android

Gambar diatas adalah contoh daftar Histori atau riwayat pencarian pada Google Chrome. 

Jika ingin membukanya kembali, tinggal cari dan tekan halaman website mana yang akan dibuka kembali. 

Jika ternyata kita ingin menghapusnya, tekan saja hapus data penjelajahan, kemudian tentukan rentang waktu yang diinginkan, terakhir tekan hapus data.


Baca juga: Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google Chrome HP Android dan Laptop

Cara Melihat History Google Chrome di Laptop/PC

Tutorial selanjutnya adalah bagaimana cara melihat history Google Chrome di Laptop/PC. Sebenarnya caranya kurang lebih sama seperti pada Android, untuk lebih jelasnya berikut caranya:

1. Buk Google Chrome pada Laptop/PC

2. Klik titik tiga pada bagian pojok kanan atas laman

Cara Melihat History Google Chrome di Android

3. Selanjutnya pilih History > History 

Cara Melihat History Google Chrome di Android


Setelah Klik titik tiga pada bagian pojok kanan atas laman, kemudian letakkan kursor pada menu pilihan History, pada Dropdown yang muncul pilih History lagi.

4. Akan tampil daftar riwayat pencarian (History)

Cara Melihat History Google Chrome di Android


Sama seperti pada Android, kita dapat membuka kembali halaman Web yang sebelumnya pernah kita buka. Dengan cara mengklik alamat website yang telah tersimpan. 

Jika ternyata kita ingin menghapusnya, silahkan Klik Clear Browsing Data, kemudian tentukan rentang waktu yang diinginkan, terakhir klik Clear data.

Baca juga: Cara Update Google Chrome di Laptop atau PC

Mudah sekali buka, bagaimana cara melihat history Google Chrome di Android. Fitur ini sangat membantu sekali, jika kita ingin membuka kembali halaman Web yang sebelumnya pernah kita buka. 

Andaikan jika fitur History ini tidak ada, mungkin membuka halaman web yang sebelumnya pernah dibuka akan sedikit sulit, sebab kita harus mengingat alamat URL yang panjang dan mengetik ulang pada kolom address. 

Selain itu membuka halaman yang tersimpan pada History juga biasanya tidak perlu memuat ulang halaman, sehingga akan lebih cepat dan hemat kuota. Semoga membantu dan Terima kasih….

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "Cara Melihat History Google Chrome di Android dan Laptop"