Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Fitur Keren Yang Terdapat Di Search Engine Google

Sekarang ini siapa yang tidak mengenal dengan mesin pencari di Internet yang bernama Google. Bahkan mungkin setiap hari kita menggunakannya, untuk mencari informasi-informasi yang diinginkan atau hanya sekedar berselancar di Internet mengisi waktu luang saja. 

Tidak hanya sebagai mesin pencari di Internet, ternyata Google juga memiliki fitur keren yang perlu kita ketahui, serta akan sangat bermanfaat tentunya jika digunakan. 

Ya Google memang telah menjadi Search Engine yang paling banyak digunakan di seluruh dunia untuk saat ini, Google mengalahkan mesin pencari lain seperti, Microsoft Bing Search, Yandex Search, DuckDuckGo dan lainnya.

Apa saja sih Fitur keren yang dimiliki Google? Nah berikut uraiannya:

Baca juga: Arti Tonjolan Kecil Bergaris Pada Keyboard Berada Di Huruf F dan J

11 Fitur Di Google

1. Google Translate 


Yah mungkin fitur ini sudah banyak yang tau. Google Translate merupakan fitur yang di miliki atau ada pada Mesin Pencari Google. 

Bahasa yang mendukung pada Google Translate hampir mencakup bahasa yang ada di seluruh Dunia. Tentu ini akan sangat membantu sekali guna menerjemahkan bahasa yang kita tidak mengerti. 

Bahkan pada Browser Google Chrome, yang tak lain milik Google sendiri. Google Translate akan langsung bisa digunakan apabila seorang pengguna atau user membuka Website yang berbahasa asing. 

Untuk menggunakan Fitur ini tinggal ketik saja “translate" di Google lalu Klik Search.

2. Google Calculator 


Ternyata mesin pencari ini juga terdapat Calculator. Fitur ini sangat keren dan sangat berguna sekali, mengingat penggunaan Calculator biasanya sangat sering sekali dalam kegiatan sehari-hari. 

Meskipun Calculator sebenarnya pasti selalu ada pada setiap Device, misalnya pada HP jadul saja fitur ini pas sudah ada. 

Namun menggunakan Calculator lewat Search Engine akan lebih memudahkan dan cepat, ketika kita sedang berselancar di Internet, karena tanpa harus membuka Aplikasinya.

Untuk menggunakannya ketik saja “Calculator” lalu Klik Search.

3. Info Cuaca 


Selanjutnya fitur yang tak kalah menariknya dari Google adalah Info Cuaca. Bagi yang ingin mencari berita cuaca pada suatu daerah bisa melakukannya dengan cara mengetik “Cuaca” kemudian diikuti dengan nama daerah yang diinginkan. 

Misalnya sebagai contoh: “Cuaca Jakarta” lalu Klik Search, maka akan menampilkan berita cuaca secara lengkap. Seperti suhu, yang diinformasikan berupa satuan Derajat dan Fahrenheit serta juga kecepatan angin.

Nah menarik bukan, sebenarnya pada ponsel-ponsel pintar saat ini, telah ada aplikasi cuaca bawaan yang biasanya bisa langsung ditampilkan pada layar Home. Namun menggunakan Google sepertinya akan lebih cepat dan simple, terutama jika saat sedang menggunakan Komputer. 

4. Local Area Search


Ya kami rasa fitur yang satu ini paling menarik dan banyak digunakan. Dengan menggunakan Local Area Search kita bisa mencari suatu tempat, misalnya kafe terdekat, rumah makan, toko komputer, toko baju, dan lain sebagainya. 

Sebagai contoh ketik saja “Toko Komputer Semarang”, maka secara otomatis Google akan menampilkan toko-toko komputer yang berada di area tersebut.

Namun perlu diketahui juga, jika google hanya akan menampilkan toko atau tempat yang sudah mendaftarkan diri pada Google Maps. Jika belum tentu saja, kemungkinan tidak akan ditampilkan meskipun mungkin lokasinya dekat dengan tempat kita tinggal. 

5. Definition 


Apa kalian ingin mencari definisi suatu kata? Jika ya maka bisa menggunakan Google. Google akan menampilkan kata sesuai yang kita inginkan. 

Untuk caranya ketik saja “define”, kemudian diikuti kata yang ingin di cari definisinya kemudian tekan Enter. 

Sebagai contoh saya mengetik kan kata “Define Love”. Setelah menekan Search atau Enter maka saya akan menemukan Definisi di hasil pencarian Google.

Dengan adanya fitur ini mukun kita dapat menambah wawasan, dengan mencari arti kata-kata yang asing atau bahkan kita tidak tau sama sekali dengan mudah dan cepat.

6. Nilai Tukar Uang 


Kita sudah ketahui jika nilai tukar mata uang antar negara, selalu mengalami pergerakan. Artinya setiap saat selalu berubah setiap harinya. 

Untuk itu di Google sendiri telah menyediakan fitur untuk mengetahui nilai tukar mata uang suatu negara ke negara lain. Misalnya Mata Uang Rupiah ke Dollar atau sebaliknya. 

Untuk melihat nilai tukar Mata Uang, ketik saja, misal "Dollar ke Rupiah", atau mungkin mata uang lain. Maka Google akan menampilkan nilai tukar saat ini beserta grafik pada hari-hari sebelumnya. 

7. Mengetahui Waktu Matahari Terbit dan Terbenam di Suatu tempat


Kita dapat mengetahui pada suatu tempat dimana kapan waktu Matahari Terbit dan terbenam disana. Untuk caranya tinggal ketik “sunrise” atau “sunset” dengan diikuti nama daerah yang diinginkan. 

Misalnya saja “Sunrise Boyolali” lalu klik Search atau Enter, maka Google akan menampilkan waktu dimana matahari terbit di kota tersebut. 

Namun jika kalian hanya mengetik kan “Sunrise” atau “Sunset”, maka mesin pencari akan menampilkan waktu sesuai daerah dimana kita mengakses Internet. 

8. Menghitung Jarak Dan Waktu Tempuh Antara Dua Lokasi


Nah fitur yang selanjutnya yaitu menghitung waktu dan jarak tempuh antara dua lokasi. Google akan langsung menghubungkan atau mengambil data dari Google Maps. 

Mengingat Google maps saat ini merupakan aplikasi rute yang paling banyak digunakan dan datanya pun juga sudah tepat, maka jarak dan waktu tempuh yang ditampilkan nya juga sudah cukup akurat. 

Untuk menggunakannya juga sangat mudah, tinggal ketik dua lokasi yang di inginkan, misalnya “Jakarta ke Surabaya”, kemudian tekan enter. 

Jika waktu dan jarak sudah ditampilkan oleh Google, maka jika mengKliknya akan langsung dibawa atau diarahkan ke Google Maps, sehingga kita bisa menelusuri nya lebih dalam lagi.

9. Mencari Buku Berdasarkan Nama Penulis 


Kalian suka membaca dan juga menyukai buku karya seorang penulis tertentu? Nah dengan mengetik di Google “book by” lalu diikuti dengan nama penulis, maka mesin pencari akan menampilkan semua karya-karya yang sudah pernah dibuat penulis tersebut. 

Sebagai contoh saya mengetik “book by raditya dika” kemudian tekan Enter, maka semua karya-karya buku Raditya Dika akan ditampilkan. 

Mulai penasaran? silahkan segera praktekkan.

10. Mengecek Tanggal Rilis Film Favorit 


Nah kali ini jika yang suka menonton Film, kita bisa mengecek kapan film favorit kita dirilis. Untuk caranya ketik “release date” lalu diikuti judul film pada Google. 

Misalnya “release data iron man 1” lalu Enter, maka tanggal rilis film tersebut akan ditampilkan pada hasil pencarian.

11. Bermain Game Atari Breakout


Jika mungkin kalian sedikit jenuh, mungkin bisa bermain game yang ada pada mesin pencari Google, yaitu Game Atari Breakout.

Untuk menjalankannya silahkan kunjungi url berikut: https://elgoog.im/breakout/

Sementara ada game lainnya juga, untuk melihatnya silahkan kunjungi https://elgoog.im/. Disana beberapa macam game selain Atari Breakout, seperti Snake Game, T-Rex Game, dan lain sebagainya. 

Baca juga: Kapasitas Memori Tak Sesuai Yang Tertera Pada Label

Nah itulah beberapa fitur keren yang ada pada mesin pencarian atau Search Engine Google. Fitur-fitur tersebut mungkin saja bisa sangat bermanfaat bagi kita, misalnya Google Translate, info cuaca atau mungkin yang lainnya. sekian dan semoga bermanfaat  

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for " 11 Fitur Keren Yang Terdapat Di Search Engine Google"