Widget HTML #1

Cara Mengaktifkan Auto Translate di Google Chrome PC dan Android

Cara Mengaktifkan Auto Translate Di Google Chrome PC

Berselancar Di Internet memang sangat menyenangkan. Di sana kita bisa mencari berbagai Informasi yang kita butuhkan. Itu tak bisa di pungkiri, tingkal ketik apa saja pada mesin pencari maka akan muncul Informasi yang terkait. Selain itu Informasi yang di sajikan pun berasal dari seluruh belahan dunia ini. 

Dalam berselancar di Internet tentunya harus menggunakan sebuah Aplikasi Browser. Dan Google Chrome menjadi Browser yang familiar digunakan oleh Masyarakat, tak terkecuali Admin sendiri. 

Mungkin populernya Chrome karena Android. Kita sudah tahu bahwa Google Chrome dan Android dimiliki oleh perusahaan Google. Pada Android Browser Defaultnya adalah Google Chrome. karena sudah terbiasa dengan Browser ini para pengguna juga memilih memakainya pada perangkat Laptop atau PC mereka . Yaps itu hanya pendapat pribadi, yang jelas Chrome merupakan Browser yang banyak digunakan.

Karena di Dunia ini tidak hanya menggunakan satu bahasa saja, maka kadang kita membuka sebuah Website dari Negara lain yang tentunya artikel atau konten yang di sajikan menggunakan bahasa negara tersebut. 

Hal tersebut mungkin bisa menjadi masalah bagi kita, jika kita tidak paham dengan bahasa tersebut. Namun tenang pada Google Chrome telah memiliki Fitur keren, yaitu translate. Dengan fitur ini jika kita membuka Halaman Website dengan bahasa asing, bisa langsung dirubah ke bahasa yang kita inginkan. Ok langsung saja berikut cara mengaktifkannya. 

Baca Juga: Cara Mengganti Tema Google Chrome Dengan Foto Sendiri

Cara Mengaktifkan Auto Translate di Google Chrome PC

  1. Buka Google Chrome
  2. Selanjutnya buka Halaman Website yang menggunakan bahasa asing
  3. Selanjutnya Klik Kanan pada Halaman Website tersebut, lalu pilih Translate to Indonesia (Terjemahkan Ke Indonesia)

    Cara Mengaktifkan Auto Translate Di Google Chrome PC

  4. Maka Halaman Web akan berubah menggunakan Bahasa Indonesia

    Cara Mengaktifkan Auto Translate Di Google Chrome PC

Sampai disini sebenarnya kita sudah berhasil melakukan translate, namun masih secara manual. Jika ingin membuat secara otomatis, maksudnya setiap kita membuka bahasa lain akan secara otomatis di Translate ke bahasa indonesia.  Berikut caranya:

  1. Buka Google Chrome
  2. Sama seperti tadi buka Halaman Web yang menggunakan Bahasa Asing
  3. Lalu Klik Kanan dan pilih Translate to Indonesia (Terjemahkan Ke Indonesia)

    Cara Mengaktifkan Auto Translate Di Google Chrome PC

  4. Kemudian Klik Logo Google Translate yang muncul Pada Pojok kanan Atas

    Cara Mengaktifkan Auto Translate Di Google Chrome PC

  5. Klik Titik Tiga, lalu pilih Selalu Terjemahkan Inggris

    Cara Mengaktifkan Auto Translate Di Google Chrome PC

    Cara Mengaktifkan Auto Translate Di Google Chrome PC

  6. Secara otomatis jika kita membuka Halaman yang menggunakan Bahasa Inggris akan di Translate ke bahasa Indonesia secara otomatis

  7. Selesai  

NB: Dalam Tutorial tersebut saya kebetulan membuka halaman Web yang menggunakan Bahasa Inggris. Tetapi jika kalian membuka halaman Web dengan Bahasa lain, seperti bahasa China, Jerman atau lainnya, caranya sama seperti diatas.

Cara Mengaktifkan Auto Translate di Google Chrome Android 

Nah selanjutnya mengaktifkan Auto Translate di Google Chrome Android. Berikut caranya:
  1. Buka Google Chrome pada Android
  2. Selanjutnya silakan kunjungi Website yang menggunakan bahasa lain, maka secara otomatis akan muncul Google Translate yang berada di bagian bawah. Untuk menerjemahkan tinggal tekan Indonesia 

    Cara Mengaktifkan Auto Translate Di Google Chrome

  3. Secara otomatis Bahasa akan diterjemahkan 
  4. Namun jika Google Translate tidak muncul, bisa menekan Titik Tiga yang berada pada Pojok Kanan Atas, lalu pilih Terjemah...

    Cara Mengaktifkan Auto Translate Di Google Chrome

  5. Maka secara otomatis akan di terjemahkan 

Baca Juga: 2 Cara Melihat Hasil Download di Google Chrome

Itulah cara mengaktifkan auto Translate di google chrome PC. Dengan adanya fitur ini mungkin kita akan sangat terbantu ketika membaca artikel-artikel yang menggunakan bahasa lain ( Membuka Website luar negeri misalnya).

Mengaktifkan Auto Translate di Google Chrome adalah cara yang berguna untuk mengakses konten yang ditulis dalam bahasa yang tidak kita pahami. 

Fitur ini dapat digunakan di Google Chrome PC dan perangkat Android. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, kita dapat dengan mudah mengaktifkan Auto Translate dan menjelajahi situs web dalam bahasa asing tanpa kesulitan.

FAQ

Q: Apakah Auto Translate hanya tersedia dalam bahasa Inggris?
A: Tidak, Auto Translate mendukung banyak bahasa yang berbeda. Kalian dapat memilih bahasa yang ingin Kalian terjemahkan secara otomatis.

Q: Apakah Auto Translate berfungsi di semua situs web?
A: Auto Translate dapat bekerja di sebagian besar situs web, tetapi tidak di semua. Beberapa situs web mungkin memiliki pengaturan yang mencegah Auto Translate.

Q: Apakah Auto Translate dapat bekerja tanpa koneksi internet?
A: Tidak, Auto Translate membutuhkan koneksi internet untuk menerjemahkan konten. Jika kalian tidak terhubung ke internet, fitur ini tidak akan berfungsi.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Auto Translate di Google Chrome PC dan Android"