Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Email di Laptop Beserta Gambarnya (Gmail)

Cara Membuat Email Di Laptop Beserta Gambarnya

Bagi yang sudah paham pasti akan sangat mudah dalam melakukan pembuatan Email, namun bagi yang baru belajar tentang teknologi terkadang akan mengalami sedikit bingung. Supaya paham artikel ini akan memberikan tutorial bagaimana membuat Email lewat sebuah Laptop. sebenarnya di Device lain juga bisa, seperti Smartphone, Tablet, Dan lain-lainnya.

Namun sebelum masuk ke tutorialnya kita bahas dulu apa itu Email dan kegunaannya. Email adalah surat Elektronik, yang digunakan untuk mengirim pesan dengan bantuan alat elektronik seperti Laptop, Smartphone, Tablet, dan masih banyak lagi, melalui jaringan Internet.

Tidak hanya untuk mengirim pesan, Email sekarang memiliki fungsi yang lebih banyak, seperti untuk mendaftar Media Sosial, melengkapi Formulir pendaftaran, Dll. Email menjadi sangat penting sekarang ini, akibatnya setiap orang seperti harus memiliki akun Email sendiri.

Ada banyak pihak yang menyediakan layanan Email secara Gratis, seperti Gmail, Yahoo, Outlook, dan lain-lain. Namun dalam pembahasan kali ini yang akan kami jelaskan adalah cara membuat email dari Google yaitu Gmail. Kenapa Gmail? Untuk alasannya akan dijelaskan di bawah ini, namun sebelumnya kita pelajari cara membuatnya. Simak penjelasan berikut.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Lupa Password Gmail Di Android

Cara Membuat Email Di Laptop Beserta Gambarnya

  1. Pastikan Laptop terhubung ke Internet
  2. Buka Browser (bebas menggunakan Browser apapun, dalam Contoh disini menggunakan Chrome)
  3. Ketik Gmail pada kolom pencarian lalu Enter, kemudian klik Login yang terletak pada Pojok Kanan Atas Halaman, atau Klik Disini

    Cara Membuat Email Di Laptop Beserta Gambarnya

  4. Setelah itu akan masuk ke halaman Login Gmail, langkah selanjutnya pilih Buat Akun

    Cara Membuat Email Di Laptop Beserta Gambarnya

  5. Akan ada pilihan, Untuk Diri Sendiri atau Untuk Mengelola Bisnis Saya. Jika hanya untuk Akun Pribadi sebaiknya pilih Untuk Diri Sendiri.

    Cara Membuat Email Di Laptop Beserta Gambarnya

  6. Selanjutnya isi Formulir yang sudah disediakan

    Cara Membuat Email Di Laptop Beserta Gambarnya

    Nama Depan = Masukkan Nama depan kita
    Nama Belakang = Masukkan Nama belakang Kita
    Nama pengguna = Masukkan nama yang akan digunakan sebagai alamat Email
    Sandi = Masukkan Sandi Atau Password yang diinginkan
    Konfirmasi = Masukkan ulang Sandi

  7. Jika sudah terisi Semuanya, silahkan Klik Berikutnya

  8. Selanjutnya Isi formulir Data Pribadi. sebaiknya masukkan Nomer Telephone dan Email pemulian untuk keamanan atau jika sewaktu-waktu lupa Password bisa melakukan Konfirmasi melalui Nomer telephone atau Email yang sudah dimasukkan (namun jika tidak ingin, Nomer Telephone dan Alamat Email bisa dikosongkan saja)

    Cara Membuat Email Di Laptop Beserta Gambarnya

  9. Jika sudah selesai Klik Berikutnya

  10. Kemudian akan masuk pada halaman Privasi dan Persyaratan, Scroll ke bawah dan klik Saya Setuju

    Cara Membuat Email Di Laptop Beserta Gambarnya

  11. Selesai, Akun Gmail bisa langsung digunakan

Bagaimana mudah bukan. Nah selanjutnya kita bahasa adalah alasan kenapa kita memilih Gmail dari pada Email yang lainnya. Berikut alasannya.

Kelebihan Gmail

Gratis. Yaps Gmail bisa kita gunakan tanpa biaya alias gratis. Pihak Google selaku pemilik membiarkan semua penggunanya menggunakan secara Cuma-Cuma. Meskipun jika ingin fitur yang lebih lengkap harus Update ke yang Prabayar. Tapi jika hanya digunakan Pribadi yang versi Gratis saya rasa sudah cukup.

Untuk Login Android. Sudah kita ketahui bahwa Android dimiliki oleh Google dan ketika menggunakan Android diwajibkan untuk login dengan Akun Gmail. Jika tidak maka kita tidak bisa mendowload Aplikasi dari Google Play Store. Itulah sebabnya sebaiknya membuat Gmail jika kita menggunakan Ponsel Android.

Mendapat Google Drive sebesar 15GB. Dengan membuat akun Gmail secara otomatis kita akan mendapat penyimpanan Online di google Drive sebesar 15GB Gratis. Kita bisa memanfaatkannya, mengingat penyimpanan Online memiliki kelebihan lain. Jika ingin lebih kita bisa kok melakukan Upgrade, namun ada biayanya.   

Untuk Mendaftar Produk Google Lainnya. Google memiliki banyak Produk selain Android dan Google Drive, seperti Youtube, Google Maps, dan masih banyak lagi. Untuk menggunakan layanan tersebut tentu harus menggunakan Gmail untuk melakukan pendaftaran.

Baca Juga: Cara Membuat Email Baru Di Hp Yang Sudah Ada Emailnya

Itulah bagaimana cara membuat Email di Laptop beserta Gambarnya yang bisa kita lakukan dengan  mudah. serta beberapa alasan mengapa kita memilih untuk membuat akun Gmail di bandingkan Akun Email lainnya. Sebenarnya semua Email pada dasarnya sama, namun Gmail memiliki beberapa kelebihan mengingat banyak produk Google lainnya yang sering kita gunakan. Sekian, terima kasih dan semoga membantu.

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "Cara Membuat Email di Laptop Beserta Gambarnya (Gmail)"