Widget HTML #1

12 Tips Menghemat Paket Data di Hp Android, Solusi Boros Kuota

Tips Menghemat Paket Data Di Hp Android

Menghemat kuota atau paket data di android. Perlukah melakukan itu? Tentu saja harus, kalau jor-joran dalam pemakaiannya tentu biaya bulanan kita akan melejit naik. Bagi yang pakai akses jaringan Wifi sih saya rasa tidak begitu masalah, karena Wifi di pakai tidak dipakai tagihannya tetap sama.

Hp Android tanpa Kuota atau Paket Data, maka hanya akan seperti Zombie, hidup tapi tidak bisa untuk apa-apa hmm... paling hanya untuk yang hal yang Offline saja, tentu itu tidak seru bukan.

Banyak orang yang menghabiskan waktunya di Internet. Bayak yang bisa dilakukan di Internet, bahkan hampir dalam semua hal bisa dilakukan lewat Internet. Namun meskipun begitu tetap saja dunia Online tidak bisa mengalahkan Dunia nyata.

Baca Juga: 3 Tips Mengoptimalkan Tp Link Wn722n

Nah yang sering menjadi kendala adalah masalah Kuota atau paket data. Mahalnya paket data membuat sebagian diantara kita sedikit mengeluh. Sebenarnya ada juga yang harganya cukup terjangkau tapi ya gitu kaya Siput, maaf ya Siput hehehehehe. 

Pengertian Kuota atau Paket Data Internet

Kuota atau Paket Data Internet adalah batas waktu dan ukuran ketika mengakses Internet. Misal kita membeli kuota 3GB dengan massa aktif satu bulan. Maka kita bisa mengakses Internet selama satu bulan dengan batas pemakaian 3GB saja.  

Atau dengan kata lain adalah suatu Sistem yang digunakan penyedia layanan Internet Khususnya pihak Provider sebagai metode pembayaran bagi para pengguna Internet.

Agar Dompet tidak kosong karena masalah Kuota Internet, kita bisa melakukan Tips-tips untuk menghemat-nya dalam pemakaian.

Tips menghemat paket data di hp android

1. Download Video Terlebih Dahulu



hemat Paket Data

Salah satu yang menyebabkan boros Kuota adalah Nonton Video secara Online (Streaming), apalagi dengan Resolusi Video yang tinggi.

Memang Streaming Video sangat mengasikkan. Kita bisa menonton Video yang kita sukai sepuasnya. Namun aktivitas tersebut dapat menguras kuota yang cukup besar bahkan habis jika tidak dibatasi. 

Nah agar Kuota tidak bablas habis, sebaiknya Download terlebih dahulu Video-Video yang akan kita tonton ke dalam Hp kita, kemudian kita bisa melihatnya kapanpun dan dimanapun secara Offline.

Bukankah Download juga menggunakan Kuota, lalu apa bedanya dengan Streaming. Maksudnya begini, Misal saat kita terhubung dengan Jaringan Wifi di Rumah, Cafe, Rumah Makan atau dimana saja, kita Download dulu Semua Video-Video yang ingin kita tonton. Selanjutnya kita bisa tonton nanti secara Offline.

Pada Aplikasi Youtube Versi terbaru sudah ada fitur Download Video. Kita bisa memanfaatkan fitur keren dan sangat berguna ini. Atau mungkin juga bisa menggunakan Aplikasi Youtube Go. 

2. Mematikan Auto Download Media Di WhatsApp

Menghemat Paket Data Di Hp

Ketika kita bergabung dalam sebuah Group WhatsApp dan Group tersebut lumayan aktif, biasanya sering sekali para anggota yang mengunggah Video atau Foto. Tentu ini bisa membuat Kuota tersedot.

Apabila ingin menghemat Kuota bisa mematikan Fitur auto Download Media pada WhatsApp. Sehingga untuk Mendownloadnya kita melakukan secara manual saat terhubung dengan Wifi misalnya. Cara ini sering saya lakukan ketika Kuota sedang menipis.

Cara mematikannya:

  • Buka WhatsApp
  • Pilih titik tiga pada pojok kanan atas layar
  • Pilih Setelan
  • Pilih Data dan Penyimpanan
  • Cari Unduh Otomatis Media
  • Pilih Saat Menggunakan Data Seluler
  • Hilangkan Checklist yang di inginkan (Rekomendasi hilangkan semua)
  • Selesai 

NB: Saat terhubung ke Wifi, fitur auto Download Media juga bisa dimatikan. Caranya sama, tinggal pilih Saat Terhubung Ke Wifi dan hilangkan semua Checklist. 


3. Batasi Penggunaan Instagram 

Tips Menghemat Paket Data Di Hp

Sama seperti Youtube, Instagram juga merupakan salah satu Aplikasi yang dapat menghabiskan banyak Kuota, karena kontennya banyak berupa Video. Sebaiknya batasi atau kontrol dalam penggunaannya.


4. Nonaktifkan Auto Update Aplikasi

Menghemat Paket Data

Ketika Auto Update di hidupkan, jika Aplikasi yang kita Install pada Android terdapat pembaruan, akan secara otomatis Mendownloadnya. Sementara Update Aplikasi biasanya sering terjadi guna memperbaiki BUG sebelumnya atau ada Fitur baru yang di tambahkan.

Memang Update Aplikasi tidak bisa dianggap remeh. Sebab pihak pengembang melakukan hal tersebut guna memberi kenyamanan pengguna atau User.

Di sisi lain, Update yang sering terjadi bisa membuat Kuota tersedot habis. Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa mematikan Auto Update. Dan melakukan Update ketika memiliki Koneksi yang cukup mendukung saja.

Cara mematikan Auto Update Aplikasi di Android:

  • Buka Google Play
  • Pilih garis tiga pada pojok atas kiri layar 
  • Pilih Setelan
  • Pilih Update Aplikasi Secara Otomatis
  • Pilih Opsi Jangan Update Aplikasi Secara Otomatis (Bisa juga pilih Melalui Wifi Saja)
  • Selesai


5. Gunakan Paket Data Khusus Media Sosial

Menghemat Paket Data Di Hp Android

Di Internet yang paling cukup menyenangkan dan banyak dilakukan semua orang adalah berada di Media Sosial. Aplikasi-Aplikasi yang paling banyak menggunakan Kuota.

Untuk mengatasi hal tersebut bisa menggunakan Kuota Khusus Media Sosial. Banyak Provider-Provider yang menyediakan Paket ini dengan harga yang lumayan terjangkau.

Bahkan ada Provider yang bisa menggunakan Dua jenis Paket data sekaligus, misal Kuota Media Sosial dan Kuota Reguler. Jadi ketika kita menggunakan Media Sosial Kuota Reguler tidak akan tersedot.


6. Gunakan Paket Malam

Tips Menghemat Paket Data Di Hp Android

Banyak sekali Provider yang memberikan Paket malam dengan Kuota cukup besar. Dan jika membeli Kuota malam saja juga bisa dengan harga lumayan Murah.   

Yaps namanya juga Paket Malam, kita harus aktif di malam hari, seperti Kelelawar hm.... bagi yang tidak suka begadang mending jangan dipaksakan, karena bisa mengganggu kegiatan di siang hari. Lagian begadang juga tidak baik, bisa mengganggu kesehatan.


7. Menggunakan Browser Hemat Kuota

Banyak tersedia Browser irit Kuota yang bisa digunakan secara Gratis. Meskipun tampilannya sangat sederhana dan minimalis namun cukup efektif guna menghemat Kuota atau paket Data.

Contoh dari Browser-Browser tersebut adalah Uc Browser, Opera Mini, Google Go, dan masih banyak lagi. Kita bisa dapatkan Aplikasi tersebut lewat Google Play .

Selain menghemat Kuota Browser tersebut juga cukup ringan, membutuhkan Ram yang kecil. Sehingga tidak membebani Hp jika Spesifikasinya tidak mendukung.


8. Matikan Paket Data Ketika Tidak Digunakan

Jika Hp sudah tidak dipakai sebaiknya matikan saja Paket Datanya. Karena saat Ponsel tidak dipakai masih ada Aplikasi-Aplikasi yang berjalan di Latar Belakang dan juga masih menggunakan Kuota.

Selain dapat menghemat Kuota Internet, mematikan Paket Data saat Hp tidak digunakan juga dapat menghemat Baterai. Alangkah lebih Optimal jika mengaktifkan Mode Pesawat.


9. Aktifkan Fitur Peringatan atau Pembatasan Peket Data 

Tips Menghemat Paket Data Di Hp Android

Dalam Android sendiri terdapat fitur untuk memberi peringatan atau membatasi Kuota sesuai dengan yang telah kita tentukan.

Dengan Fitur ini kita bisa mengontrol pemakaian Paket Data guna menghindari Kebablasan karena asik mengakses Internet.

10. Gunakan Resolusi Rendah Saat Menonton Video Secara Online

Hemat Kuota

Pada setiap Platform yang menyediakan pemutaran video Online, biasanya menyediakan fitur resolusi yang digunakan. 

Pengguna dapat memilih berapa Resolusi yang diinginkan, semakin besar Resolusi yang dipakai maka semakin besar pula Kuota atau Paket Data yang digunakan. 

Untuk itu, agar Kuota hemat sebaiknya gunakan Resolusi yang rendah saat nonton video Online. Untuk ukuran layar Hp, saya rasa Resolusi 420p saya rasa sudah cukup bagus. Namun jika ingin lebih hemat pilih yang dibawah-nya.

11. Batasi Penggunaan Media Sosial Tik Tok

Hemat Kuota di Hp

Tik Tok menjadi Media Sosial yang populer saat ini, Medsos ini telah hadir menjadi pesaing Media Sosial terdahulu seperti Instagram, Facebook, Youtube dan lain sebagainya. 

Banyak konten-konten menarik pada Tik Tok, namun perlu diketahui juga bahwa konten-konten pada Tik Tok berupa Video, dimana hal ini bisa sangat menguras Paket Data. 

Oleh sebab itu sebaiknya batasi membuka Tik Tok, jika kalian sedang dalam kondisi menghemat Kuota Internet.

12. Gunakan Jaringan Wifi Dirumah 

Nah jika pada area tempat tinggal kalian sudah terjangkau jaringan Wifi, menggunkannya (Berlangganan) maka akan dapat menghemat pemakaian Data Internet pada Hp Android kalian.

Kenapa bisa lebih hemat? Karena paket Wifi biasanya Unlimited Kuota dengan harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan paket Data Seluler. 

Selain itu jaringan Wifi dalam rumah juga dapat digunakan bersama-sama, tergantung dari kecepatan (Bandwith) Wifi yang digunakan. 

Namun kelemahan dari Wifi adalah hanya bisa digunakan disekitar area saja, tidak seperti Jaringan Seluler yang wilayah jangkauannya lebih luas. 

Baca Juga: Cara Mengganti Background Foto Secara Online

Itulah beberapa Tips untuk menghemat Kuota pada Android yang bisa dilakukan. Jika kita bisa menerapkan secara Optimal pasti akan dapat menghemat paket data dan tidak membuat biaya bulanan membengkak. Sekian terima kasih dan semoga membantu. 

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "12 Tips Menghemat Paket Data di Hp Android, Solusi Boros Kuota "