Widget HTML #1

Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Lewat Email

Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Lewat Email

Di kehidupan sehari-hari sekarang ini, Handphone telah menjadi kebutuhan dasar masyarakat. Entah untuk pekerjaan maupun hanya dalam aktivitas biasa sehari-hari. Mungkin karena zaman telah memasuki era digital atau Revolusi Industri 4.0.

Handphone telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, khususnya kaum milenial. Mereka seperti sudah terikat dengan ponsel pintar ini, termasuk saya pribadi hehehhehe. Sangat merasa tidak nyaman bila tidak memegang Handphone dalam satu hari saja. Mungkin kita harus mulai membiasakan diri tanpa ponsel, karena sangat tidak baik bila kita menghabiskan waktu hanya di Handphone.

Sementara Handphone Android adalah Sistem Operasi ponsel yang paling banyak digunakan, tidak hanya di indonesia bahkan dunia. Kita lihat dilingkungan sekitar,  rata-rata pengguna Android dibandingkan Sistem Operasi lainnya.

Android Hilang

Dalam penggunaan Android untuk aktivitas sehari-hari, tak jarang Android yang kita gunakan hilang. Hilang disini bisa di curi orang, jatuh dijalan, atau mungkin kita lupa meletakkannya. 

Jika Handphone hilang tentu akan mengganggu aktivitas kita bukan, mengingat Ponsel sudah menjadi kebutuhan penting dalam aktivitas sehari-hari, terutama untuk pekerjaan. Jika itu terjadi kita bisa melakukan cara berikut untuk mencari ponsel kita yang hilang. 

Baca Juga: Beberapa Cara Transfer File Dari Android Ke Komputer Atau Sebaliknya

Berikut tips melacak Hp Android yang hilang lewat Email:

A. Lewat Handphone Android

Cara yang pertama bisa dilakukan melalui Ponsel Android. Cara dengan melakukan Install Aplikasi Find my Device terlebih dahulu. Kemudian memasukkan Email yang digunakan pada Android yang hilang.

Berikut lebih jelasnya:

  1. Pinjam Android saudara, teman atau siapa saja, atau mungkin jika kita punya dua Handphone bisa digunakan

  2. Buka Play Store

  3. Download Aplikasi Find My Device (Google Temukan Perangkat Saya)

    Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Lewat Email

  4. Setelah selesai buka Aplikasi tersebut

  5. Kemudian masukkan atau Login menggunakan Email (Gmail) yang sama, dengan email yang digunakan pada Hp Android yang hilang

    Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Lewat Email

  6. Secara otomatis akan menunjukkan Posisi lokasi Android, Sisa Baterai, Provider yang dipakai, dan merk Handphone beserta tipenya.

    Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Lewat Email

  7. Kemudian terdapat dua Fitur tambahan pada Aplikasi tersebut

  • Putar Suara: berfungsi untuk menderingkan Handphone, cocok bila kita sering kelupaan meletakkannya

  • Amankan Perangkat: berfungsi untuk mengirimkan pesan teks yang akan ditampilkan pada layar Android yang hilang. Sehingga jika ditemukan orang lain, bisa langsung menghubungi kita.

B. Lewat Laptop / PC

Cara yang kedua dilakukan lewat Laptop atau PC. Caranya juga sama seperti cara Nomer satu, bedanya kali ini hanya Versi Desktop.

Berikut Caranya: 

  1. Pastikan Laptop / PC terhubung dengan Internet

  2. Buka Browser dan kunjungi website Find My Device

    Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Lewat Email

  3. Masukkan atau Login menggunakan Email (Gmail) yang sama, dengan Email yang digunakan pada Hp Android yang hilang

    Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Lewat Email

  4. Sama seperti lewat Android, akan Secara otomatis menunjukkan Posisi lokasi Android, sisa baterai, Provider yang dipakai, dan merk Handphone beserta tipenya

    Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Lewat Email

  5. Fiturnya juga sama


    NB: Cara diatas bisa berjalan dengan lancar apabila Hp Android yang hilang dalam keadaan:

  • Android masih dalam keadaan hidup

  • Terhubung dengan Internet

  • Lokasi pada Android diaktifkan, jika tidak maka Peta Lokasi tidak akan muncul

 

Itulah cara yang bisa kita lakukan untuk melacak Ponsel Android apabila hilang. Meskipun peluang keberhasilan untuk menemukannya kembali tidak 100%,  setidaknya kita telah melakukan usaha. Dan jika dirasa tidak membuahkan hasil, sebaiknya kita bisa membuat laporan kehilangan kepada pihak berwajib, agar ditindak lebih lanjut.

Baca Juga: Tips Menghemat Paket Data Di Hp Android, Solusi Boros Kuota

Mengingat Email berperan penting dalam cara diatas, sebaiknya kita selalu mengingat Email yang digunakan pada Android. Atau jika kita gampang lupa bisa mencatatnya, agar jika membutuhkan sewaktu-waktu tidak kerepotan.

Selain itu Email yang digunakan Pada Android juga jangan sembarangan memberitahukan kepada orang lain, takut jika malah di salah gunakan, karena email tersebut menggunakan data diri kita. jika hanya nama alamatnya saja mungkin tidak apa-apa, namun beserta Password sebaiknya jangan pernah. Sekian, terima kasih dan semoga membantu.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Lewat Email"