Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Install XDM di Windows 10 (Alternative IDM)

Install Xtreme Download Manager Di Windows

Xtreme Download Manager (XDM) adalah aplikasi download manager untuk sistem operasi Linux. Sebagai gambaran, aplikasi ini mirip sekali dengan Internet Download Manager (IDM) pada Windows. 

Bagi yang suka Download file-file besar pasti sudah tidak asing lagi dengan Internet Download Manager (IDM). Aplikasi tersebut mampu memaksimalkan kecepatan Internet yang kita pakai untuk Download. Karena kalau hanya menggunakan Browser kecepatan kurang atau tidak akan maksimal, karena Windows sendiri membatasinya.  

IDM Berbayar

IDM menjadi aplikasi Download yang paling populer dan banyak digunakan oleh pengguna yang sering melakukan aktivitas Download di Internet.

Namun sayangnya Internet Download Manager (IDM) adalah aplikasi yang berbayar, kita harus membelinya dahulu untuk mendapatkan Full Version. Meskipun banyak juga versi bajakan yang tersebar di Internet, yang secara mudah bisa di Download dan di Instal secara gratis.

Menggunakan IDM versi bajakan, kami sangat tidak menyarankan. Karena selain mencuri, juga banyak dampak negatif dari  penggunaan IDM bajakan. Salah satunya resiko file yang di Download gagal sangat tinggi, itu seperti yang sering saya alami. Tentu itu sangat menyebalkan bukan, apalagi jika file yang di Download memiliki ukuran yang besar. Sudah capek-capek nunggu Download, malah gagal di tengah jalan.

XDM Untuk Windows

Kini telah hadir  Xtreme Download Manager (XDM) di Windows. Memang pada awalnya Aplikasi ini hanya untuk Sistem Operasi Linux. Tapi kini  Xtreme Download Manager (XDM) sudah tersedia untuk Windows dan MacOS.

XDM Grtais

Kelebihan Xtreme Download Manager (XDM) adalah Aplikasi ini benar-benar gratis. Kita bisa menggunakannya tanpa harus membeli terdahulu. 

Untuk cara kerjanya juga mirip dengan Internet Download Manager (IDM). Kecepatan yang didapat juga sama dengan IDM ( tergantung speed Internet yang kita gunakan). Admin pribadi mengatakan sama dengan IDM.

Cara Instal Xtreme Download Manager (XDM) di Windows 10

Langkah pertama yang hasrus dilakukan ketika akan menggunkaan XDM pada Windows 10 adalah melakukan Instal.

Untuk file Instalasinya bisa didownload melalui situs resminya, yang bisa di download secara gratis. untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama Silahkan meneuju website resminya, Klik disini

  2. kemudian Silahkan Download  Versi Windows

    Install Xtreme Download Manager Di Windows

  3. setelah berhasil di Download, Instal seperti biasa (Tinggal Next-Next)

  4. Selesai 

Cara Install Extensions Xtreme Download Manager (XDM)  Pada Browser

Langkah selanjunya adalah melakukan Instal Exxtension XDM, Jika kita tidak menginstall extensionnya maka XDM tidak bisa berfungsi sebagai mestinya (tombol downlaod tidak akan muncul secara otomatis). Nah berikut ini cara menginstalnya:
  1. Buka Xtreme Download Manager (XDM), yang sudah di Install tadi

  2. Pilih menu Tools, lalu klik Browser Monitoring

    Install XDM di Windows

  3. Sesuaikan Browser yang kalian pakai dan Klik Install Addon

    Install XDM di Windows

  4. Klik Copy URL ( dalam contoh kasus disini admin, menggunkan Browser Chrome)

    Install XDM di Windows

  5. Buka Chrome dan pastekan pada kolom Address kemudian Enter

    Install XDM di Windows

  6. Install Extensions XDM dengan cara klik Tambahkan ke Chrome 

    Install XDM di Windows


  7. Setelah itu Close dulu XDM pada Taksbar (atau bisa juga restart Desktop)

    Install XDM di Windows

  8. Buka kembali XDM

  9. Coba buka Youtube di Chrome, maka Tombol Download akan muncul

    Install XDM di Windows

NB: Aplikasi Xtreme Download Manager (XDM) bisa berjalan dengan lancar di Windows 10, untuk Windows 8 ataupun 7 kami belum mencobanya. Bagi yang berhasil menginstal selain di Windows 10 bisa share pengalamannya di kolom komentar.

Cara Menggunakan Xtreme Download Manager (XDM)

Jika XDM sudah di Install pada Laptop atau PC dan Ekstensi juga sudah dipasang pada Browser yang digunakan. Untuk cara menggunakannya juga sangat mudah kurang lebih hampir sama dengan menggunakan IDM).

Ketika kita menonton Video secara Online, seperti Youtube atau melalui Website lain, maka secara otomatis Tombol Download akan Muncul pada sebelah pojok kanan bawah.

Atau mungkin ketika akan mendownload sebuah file, ketika sudah di Klik maka otomatis akan mengarah ke Download dengan XDM.

Melihat Hasil Download 

Cara Install XDM Di Windows 10 (Alternative IDM)


File yang telah didownload dengan Xtreme Download Manager (XDM) maka secara default akan tersimpat di Folder Download pada File Manager. Dimana Folder tersebut telah dibagi sesuai dengan jenis File. 


Yaps, aplikasi Xtreme Download Manager (XDM) ini dapat digunakan sebagai alternatif selain IDM. Karena jika menggunakan IDM harus membeli dahulu. Dari pada menggunakan IDM bajakan, mending menggunakan XDM. 

Itulah cara Install Xtreme Download Manager (XDM) di Windows yang bisa dilakukan dengan mudah. Dan jangan lupa selalu ikuti Blog ini, karena di Blog ini kita akan samam-sama belajar menambah ilmu dan wawasan mengenai dunia Teknologi. Terima kasih dan semoga dapat membantu.
Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "Cara Install XDM di Windows 10 (Alternative IDM)"