Widget HTML #1

Perbedaan Zip dan Rar yang Perlu Kita Ketahui

3 Perbedaan Zip Dan Rar

Dalam aktivitas menggunakan Komputer, pasti kita sering menemui file jenis ini. Entah dari hasil download atau yang lainnya.

Kemudian saat kita mendengar Compress file, pasti yang langsung terlintas dalam Pikiran Zip dan Rar juga. 

Sebenarnya apa itu Zip dan Rar, Kenapa sering dijumpai dalam penggunaan komputer?

Bagi orang yang sudah paham dalam dunia komputer pasti sudah tau, namun bagi yang baru belajar mengenai Teknologi terkadang masih sedikit bingung.

bahkan kadang ada juga orang yang sering menggunakan Zip dan Rar, namun masih bingung mengenai perbedaannya. 

Namun tenang pada pembahasan kali ini kami akan memberikan mengenai perbedaan Zip dan Rar, supaya tidak bingung lagi.

Baca Juga: 6 Perbedaan Harddisk SSD Dan HDD

A. Pengertian Zip dan Rar

Secara garis besar Zip dan Rar memiliki pengertian yang sama, yaitu sebuah format file Kompresi yang paling banyak atau Populer digunakan dalam dunia komputer. 

Tujuan membuat file menjadi format Zip atau Rar, tentu untuk mempermudah dalam pengiriman dan masalah keamanan, dan lain-lainnya.

Zip dan Rar memiliki beberapa perbedaan yang dapat mempengaruhi kinerja, kecepatan, dan kualitas kompresi file.

Pengertian ZIP

Zip adalah format file yang paling umum dan populer untuk mengompres file. Zip diciptakan pada tahun 1989 oleh Phil Katz dan merupakan standar de facto untuk kompresi file. Zip dapat mengompres berbagai jenis file, seperti teks, gambar, audio, video, dan lain-lain. Zip juga dapat mengompres beberapa file sekaligus dalam satu arsip atau folder.

Pengertian RAR

Rar adalah format file yang lebih baru dan canggih untuk mengompres file. Rar diciptakan pada tahun 1993 oleh Eugene Roshal dan merupakan salah satu pesaing utama Zip. 

Rar dapat mengompres file dengan tingkat kompresi yang lebih tinggi daripada Zip, sehingga menghasilkan ukuran file yang lebih kecil. 

Rar juga dapat mengompres file dengan menggunakan algoritma yang lebih kompleks, seperti LZMA, PPMd, BZIP2, dan lain-lain.

B. Kegunaan Zip Dan Rar

1. Mengelompokkan File

File yang banyak akan ditempatkan dalam satu wadah (Folder) kemudian di jadikan (Compress) menjadi Rar atau Zip, ini akan mempermudah User dalam management File, entah itu dalam penyimpanan atau transfer file. 

Selain itu File yang telah dijadikan Rar atau Zip akan lebih aman ketika disimpan, karena Virus tidak dapat masuk kedalam. 

Itulah sebabnya sebuah Apliaksi yang di Download dari Internet biasanya disimpan dalam bentuk Rar atau Zip.

2. Memperkecil ukuran File

Dengan membuat file menjadi Zip ataupun Rar, File bisa diperkecil tanpa mengurangi kualitasnya. Sehingga sangat berguna dalam pengiriman langsung maupun lewat internet. Bisa mempercepat dan menghemat Kuota Internet.

Itulah mengapa File dari internet biasanya juga banyak yang berbentuk Zip atau Rar. Bisa mempercepat dalam proses Upload maupun Download.

3. Untuk mengunci File

File yang telah dijadikan Zip atau Rar bisa di kunci. Hanya orang yang memiliki passwordnya yang bisa mengekstrak File didalamnya. Sehingga sangat cocok untuk melindungi File, apabila File tersebut sangat penting dan rahasia. 

C. Perbedaan Zip Dan Rar

Meskipun dari cara kerja dan kegunaannya sama, Zip dan Rar tetap memiliki perbedaan. Untuk lebih jelasnya berikut uraiannya:

1. Proses Compress

Zip memiliki kecepatan yang lebih cepat daripada Rar. Zip dapat mengompres atau mengekstrak file dengan waktu yang relatif singkat. 

Rar membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengompres atau mengekstrak file karena menggunakan algoritma yang lebih rumit.

2. Batas Compress

Rar mampu Mengcompress hingga 70% dari ukuran asli File atau data. Sedangkan Zip lebih sedikit dibandingkan Rar yaitu 60% dari ukuran asli File.

3. Kompabilitas

Zip memiliki kompabilitas yang lebih baik daripada Rar. Zip dapat dibuka oleh hampir semua sistem operasi dan aplikasi kompresi file. 

Rar membutuhkan aplikasi khusus untuk membuka atau membuat arsipnya, seperti WinRAR atau 7-Zip.

4. Kualitas

Rar memiliki kualitas yang lebih baik daripada Zip. Rar dapat mengompres file dengan rasio kompresi yang lebih tinggi daripada Zip, sehingga menghemat ruang penyimpanan. Rar juga dapat memperbaiki file yang rusak atau korup dengan menggunakan fitur recovery record.


Cara Membuat File Zip Dan Rar

Untuk membuat sebuah File Zip dan Rar di perlukan sebuah Aplikasi yang harus digunakan. Ada Banyak Aplikasi yang bisa digunakan, seperti Winrar, 7-zip, ExtractNow, PeaZip, dan masih banyak lagi.

Namun disini Admin merekomendasikan Aplikasi yang bernama 7-zip. Kenapa memakai 7-zip, karena Aplikasi ini Gratis, yang artinya kita bisa menggunakan tanpa lisensi berbayar, serta mudah dalam penggunaan.

Kelemahan Aplikasi 7-zip adalah tidak bisa membuat menjadi Rar, hanya bisa membuat Zip saja. Namun bila untuk Ekstrak File Rar masih bisa.

Cara Install Aplikasi 7-zip:
  1. Download 7-zip di web resminya https://www.7-zip.org/
  2. Setelah itu Install seperti biasa (Tinggal Next-Next)
  3. Selesai

A. Cara Membuat Zip Dengan 7-zip


Sebelum melakukan Compress letakkan terlebih dahulu File dalam satu Folder, dan beri nama folder tersebut sesuai yang diinginkan.

Kemudian lakukan langkah berikut:
  1. Klik kanan folder
  2. Pilih 7-zip
  3. Pilih add to archive

    Perbedaan Zip Dan Rar

  4. Atur nama file dan beri password jika menginginkan

    Perbedaan Zip Dan Rar

  5. Klik ok
  6. Maka Proses Compress akan berjalan, tunggu saja hingga selesai

    NB: Jika ingin membuat File Rar bisa menggunakan Aplikasi Winrar, namun sayangnya Software tersebut berbayar.

B. Cara Ekstrak Rar Dan Zip Dengan 7-zip

Aplikasi ini tidak dapat untuk membuat Rar, namun jika untuk Ekstrak Rar masih bisa, berikut caranya:
  1. Klik kanan file Zip atau Rar
  2. Pilih 7-zip
  3. Pilih Ekstract here

    Perbedaan Zip Dan Rar


Nah sekarang sudah tidak bingung lagikan, jika ditanya beda Zip dan Rar. Akan tidak seru apabila sering menggunakan File ini dalam penggunaan komputer sehari-hari entah untuk pekerjaan atau lainnya, tapi tidak mengetahui fungsi dan perbedaannya. 

Itulah Perbedaan Zip Dan Rar yang bisa kita pelajari dengan sangat mudah. Semoga membantu. Terima kasih.
Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Zip dan Rar yang Perlu Kita Ketahui"