Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Microsoft Edge Layak Menjadi Browser Utama

Microsoft Edge Layak Menjadi Browser Utama

Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan Browser Edge, aplikasi penelusuran Internet yang dibuat oleh perusahaan Microsoft, yang tak lain adalah pemilik Sistem Operasi Windows.

Sebelumnya Microsoft juga sudah memiliki Browser sendiri  yaitu Internet Explorer. Perambah ini menjadi perambah Default pada OS Windows.

Namun browser tersebut kurang diminati, sehingga banyak pengguna yang menginstal Browser dari pihak lain, seperti Crome, Mozila, Opera, dan sebagainya.

Pada tahun 2015, Microsoft meluncurkan Browser terbarunya yaitu Microsoft Edge atau yang sering disebut Edge Chronium. Menggantikan Internet Explorer yang sekarang tidak digunakan atau tidak dikembangkan lagi.

Dan sekarang ini Microsoft Edge telah menyalip Mozila Firefox sebagai Browser atau Perambah populer, namun masih dibawah Goole Crome.

Menurut NetMarketShare, Microsoft Edge memegang 7,9 persen pada tahun 2020 ini.

Nah berikut cara instal Microsoft Edge di Device kita: 

  1. Kunjungi situs download resminya https://www.microsoft.com/id-id/edge
  2. Setelah masuk, Scroll ke bawah sampai menemukan link download
  3. Sesuaikan dengan Sistem operasi yang kita gunakan, kemudian Klik download 

    Microsoft Edge Layak Menjadi Browser Utama

    Untuk Microsoft Edge versi Android dan iOS bisa langsung didownload lewat Google Play atau Aple Store.

  4. Instal seperti biasa (tinggal next-next)
  5. Selesai
Meskipun perambah ini tergolong baru dibandingkan pesaingnya, tapi Microsft Edge langsung melejit dan bahkan layak untuk dijadikan Browser utama atau default.

Hal tersebut tak lain, karena perambah ini memiliki kelebihan-kelebihan dibandingkan dengan yang lainnya. 

Sebagai gambaran, berikut pengalaman pribadi setelah menggunakan perambah Edge di Desktop:

Selama saya memegang komputer ada 4 browser yang saya gunakan, hingga sekarng ini Edge saya jadikan utama. Dari keempat Browser tersebut, tiga sebelumnya serasa kurang memuaskan. Berikut alasannya
  1. Opera

    Saya tidak ada masalah yang serius saat menggunakan Browser ini. Aplikasinya ringan dan tentunya sangat stabil.

    Tapi saya hanya kurang suka dengan tampilannya. Tidak seperti Mozila ataupun Crome. Dan akhirnya saya pindah dengan perambah lain.

  2. Mozila Firefox

    Meskipun tak seringan Opera Browser, tapi Mozila sudah cukup baik. Tampilannya juga menarik.

    Namun dalam pemakaian Mozila yang saya rasakan, Aplikasi kurang stabil, sering terjadi Not Responding tak jelas. Padahal hanya membuka perambah ini saja. Spesifikasi Desktop saya juga lebih dari cukup kalau hanya untuk menjalankan sebuah Aplikasi Browser.

  3. Google Crome

    Masalah kestabilan jangan diragukan, tampilannya juga tak kalah dengan Mozila. Tetapi Crome terasa cukup berat. Itu makin terasa ketika saya sering buka banyak TAB. Tapi tidak sampai pada tahab Not Responding, Cuma kadang-kadang saja.

    Meskipun Crome terasa berat, Browser ini menjadi yang terbaik sebelum Edge muncul, serta  Crome merupakan perambah yang paling lama saya gunakan.

    Hingga sekarangpun Crome masih terinstal didesktop saya bersamaan dengan Microsoft Edge.

  4. Microsoft Edge

    Pada awal dirilis, saya tidak begitu tertarik dengan Browser ini.  Karena pada waktu itu saya tidak menemukan masalah yang serius dengan Crome, ditambah Edge kala itu baru pertama di luncurkan. Saya beranggapan kemungkinan masih ada Bug.

    Hingga suatu ketika teman menyarankan Edge. Karena penasaran saya mendownload serta menginstalnya.

    Ternyata Edge diluar dugaan. Sangat stabil, tak seberat Crome, tampilannya juga tidak jauh berbeda.

    Seperti Microsoft Edge telah menutup permasalahan yang saya alami di tiga Browser sebelumnya. Dan hingg sekarang Edge menjadi Browser utama ketika saya berselancar di Internet.
Itulah alasan Microsoft Edge layak dijadikan Browser Desktop utama. Dan saya juga berharap kedepannya Edge akan lebih baik lagi.

NB: Perlu diketahui, penjelasan diatas hanya berdasarkan pendapat pribadi , setiap orang pasti memiliki pengalaman yang berbeda-beda dalam masalah Browser di Desktop mereka. Jika terdapat kesalahan dalam penjelasan, mohon maaf.
Tarmuji
Tarmuji Aktif di depan Komputer dan suka Kopi.

Post a Comment for "Microsoft Edge Layak Menjadi Browser Utama"