Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Belajar Mengetik 10 Jari Dengan Mudah Dan Cepat Lewat Aplikasi Rapidtyping

Belajar Mengetik 10 Jari

satutitiknol.com - Dalam sebuah Film sering sekali diperlihatkan adegan yang menggunakan komputer, nah biasanya sang aktor mengetik dengan 10 jari saat menjalankan komputer.

Apalagi kalau Filmnya tentang dunia teknologi atau Hacker, adegan-adegan seperti itu pasti sering terlihat. 

Bisa mengetik dengan 10 jari menjadi nilai plus tersendiri. Sebab jarang sekali  yang bisa melakukannya, meskipun orang tersebut sering terlibat dengan dunia komputer. Ini hanya pendapat pribadi sih.

Jujur sampai sekarang saya belum pernah melihat secara langsung orang yang mengetik dengan 10 jari. Termasuk saya pribadi, juga belum bisa mengetik dengan 10 jari hehehhe.

Dulu ketika awal-awal belajar komputer, saya  pernah belajar mengetik dengan 10 jari, namun sulit sekali, ngetik jadi lama banget, dan akhirnya menyerah. Mungkin kurang sabar aja saya pada waktu itu.

Dan sekarang ini mau belajar susah, karena sudah terbiasa dengan ngetik 6 jari yaitu: 2 ibu jari, 2 telunjuk, dan dua jari tengah. Sulit sekali mengubah kebiasaan ini. 

Sebenarnya akhir-akhir ini saya juga mencoba belajar lagi mengetik dengan 10 jari. Hasilnya bisa mengetik dengan 10 jari, namun dengan pelan-pelan.

Namun masalahnya disini, ketika saya ada pekerjaan, saya kembali mengetik dengan 6 jari lagi. Soalnya kalau kerjaan kan harus segera diselesaikan. Itulah sebabnya saya kesusahan belajar mengetik 10 jari untuk saat ini.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Tab Yang Tertutup Di Google Chrome Laptop

Manfaat Bisa Mengetik 10 Jari

  1. Bisa mengetik dengan cepat

    Sebenarnya bisa mengetik dengan cepat tidak harus menggunakan 10 jari. Asalkan kita bisa mengetik tanpa melihat Keyboard, pasti bisa mengetik dengan cepat.

    Tapi Orang-orang yang mengetik dengan 10 jari, rata-rata tidak melihat keyboard lagi. Karena dari awal belajar sudah dibiasakan untuk menghafal susunan dan tata letak tombol Keyboard.

    Sehingga kalu ngetik dari Teks lain. Misal dari buku atau lainnya, selesai membaca langsung mengarahkan matanya ke layar, lalu mengetik dan mengecek tulisan secara bersamaan.

    Berbeda kalau yang mengetik masih melihat Keyboard, selesai membaca, terus mengetik sambil melihat keyboard, lalu melihat layar untuk mengecek tulisan yang diketik.

    Kalian tipe yang mana? Mengetik tanpa/melihat Keyboard, atau mungkin bahkan dengan 10 jari. Kalau saya masih melihat dan tidak dengan 10 jari, hahahaha. 

  2. Minim Typo

    Seperti yang sudah saya jelaskan, orang yang mengetik dengan 10 jari biasanya sudah tidak melihat Keyboard. Tangan mengetik dan mata melihat layar sambil mengecek tulisan. Selain itu mereka juga sudah sangat hafal tata letak keyboadr. Itulah yang menyebabkan minim Typo. 

    Ngomongin Typo, apkah kalian sudah tau apa itu Typo?

    Typo adalah singkatan dari Typography Error, yang kalau diterjemahkan dalam bahasa inggris artinya Salah Ketik.

    Misal, kita menulis kata “Sekolahan”, tapi ditulis “Dekolahan”, dan lain-lainnya. Untuk lebih jelasnya kalian bisa baca Cara Mengecek Salah Ejaan Atau Penulisan Kata Dalam Pengetikan (Typo)

  3. Terlihat keren

    Sangat keren jika dapat mengetik dengan 10 jari. Terlihat seperti orang yang sudah Profesional. Seperti pada Film-Film. 

    Jika mempunyai kemampuan ini, bisa dicantumkan dalam Daftar Riwayat Hidup saat melamar pekerjaan. Siapa tau dapat menjadi nilai tambah.

Aplikasi Untuk Belajar Mengetik 10 Jari

Kemudian bagi yang ingin belajar mengetik dengan 10 jari bisa menggunakan aplikasi rapidtyping. Dengan Apliaksi ini kita akan dibantu guna menghafal tata letak keyboard. 

Berikut cara menginstalnya:
  1. Kunjungi websitenya https://rapidtyping.com/

  2. Download dan Instal seperti biasa (Tinggal Next-Next)
     
  3. Setelah itu jalankan aplikasinya

    Belajar Mengetik 10 Jari

    Gambar diatas adalah tampilan dari aplikasi Rapidtyping. Kalian akan disuruh mengetik sesuai dengan petunjuk yang ditampilkan.

    Jika kalian mempelajari nya secara rutin dan konsisten pasti akan cepat bisa.
NB: Jika kalian baru belajar mengetik sebaiknya dari awal pelajari mengetik dengan 10 jari. Sebab akan lebih mudah bila membiasakan dari awal. 

Dalam kasus saya pribadi, kesusahan belajar mengetik 10 jari, itu di karena sudah terbiasa mengetik dengan 6 jari sejak awal belajar komputer, jadi kesusahan deh kalau sekarang belajar dengan 10 jari. Sekian, Terima kasih dan semoga membantu.

Post a Comment for "Tips Belajar Mengetik 10 Jari Dengan Mudah Dan Cepat Lewat Aplikasi Rapidtyping"

Berlangganan via Email