Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Menggunakan E Commerce Di Indonesia

Pengalaman Menggunakan E Commerce Di Indonesia

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan e commerce, bahkan sekarang ini setiap orang yang memiliki smartphone pasti didalamnya terinstal aplikasi e-commerce. 

E-commerce adalah perdagangan elektronik. Dimana semua presos promosi, pemilihan produk, dan proses transaksi dilakukan menggunakan media elektronik. E-commerce seperti pasar, yang membedakan disini, semua kegiatan dilakukan secara online.

Baca juga: Manfaat Buah Kersen (Talok)

Tujuan e commerce adalah mempermudah dalam proses jual beli yang bisa dilakukan dimana dan kapan saja. Tinggal klik dan klik maka barang sudah bisa sampai depan rumah kita.

Perkembangan e-commerce di indonesia belakangan ini sangat pesat. Itu terbukti dengan banyaknya e commerce yang berdiri. 

Dengan banyaknya e-commerce yang berdiri, menyebabkan persaingan yang ketat antar 

e-commerce. Sehingga para pendiri e-commerce menerapkan strategi masing-masing untuk mendapatkan pelanggan atau pengguna e-commerce.

Baca juga: Perkembangan revolusi industri 1.0 sampai 4.0

Disini kami ingin berbagi pengalaman setelah menggunakan beberapa e-commerce di indonesia.

Berikut pengalaman kami menggunakan e-commerce diindonesia:

1. Shopee 

Pengalaman Menggunakan E Commerce Di Indonesia
Shopee mulai diluncurkan pada desember 2015 yang dikelola oleh Garena Group yang sekarang berganti nama SEA Group. Meskipun tergolong e-commerce baru, shopee berkembang sangat pesat dan bisa menyaingi e-commerce- e-commerce yang lebih dulu berdiri.
 
Kelebihan shopee menurut kami adalah kategori fashion. Entah shopee didesain memang untuk e-commerce fashion atau apa kami tidak tahu, yang jelas mengenai fashion ,di shopee sangat lengkap
dibandingkan e-commerce lainnya. 

2. Bukalapak

Pengalaman Menggunakan E Commerce Di Indonesia

Bukalapak mulai didirikan pada tahun 2010. ide awal dari berdirinya bukalapak adalah achmad zaky, pria kelahiran Sragen 24 Agustus 1986. 

menurut bukalapak sendiri bahwa berdirinya e-commerce ini bertujuan memberdayakan usaha kecil dan menengah di indonesia. Bukalapak akan menjadi wadah bagi UKM yang ingin berjualan dan menemukan pembeli produk mereka.  

Kelebihan Bukalapak adalah pada kategori barang seken atau bekas. kebanyakan Masyarakat indonesia jika ingin menjual ataupun membeli barang bekas, biasanya bukalapak yang akan menjadi tujuan utama. 

Banyak teman-teman kami yang berkata, “jika ingin mencari barang bekas, coba kunjungi bukalapak”. 

Namun bukan berarti dibukalapak hanya ada barang-barang bekas saja. Di Bukalapak sebenarnya sudah komplit masalah barang yang dijual, namun barang bekas mendominasi.

3. Tokopedia 

Pengalaman Menggunakan E Commerce Di Indonesia

Tokopedia mulai diluncurkan pada tahun 2009 dan yang mendirikannya adalah William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. 

Tidak butuh waktu lama, tokopedia terus berkembang bagaikan bola salju. Hingga sekarang tokopedia menjadi e-commerce yang sangat berpengaruh di indonesia bahkan asia teggara.

Menurut kami jika ingin membeli barang yang harganya diatas 5 jutaan, sebaiknya gunakan tokopedia. Karena ditokopdia banyak voucher cashback yang nilainya besar. Semakin tinggi harga barang yang dibeli semakin besar pula cashback yang didapat. 

Cashback adalah poin yang bisa kita dapatkan jika kita membeli barang, poin tersebut bisa kita gunakan untuk memebeli barang lain. 

Di e-commerce lain juga banyak voucher cashback yang bisa didapatkan, namun menurut kami di Tokopedia yang cukup besar nilainya.

4. OLX

Pengalaman Menggunakan E Commerce Di Indonesia

OLX diluncurkan pertama kali pada tahun 2015 oleh 2 pria asal Belanda Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker. Pada awalnya e-commerce ini bernama tokobagus.com, namun pada tahun 2014 berubah nama menjadi OLX.

OLX dibuat untuk memudahkan pembeli mencari barang, khususnya barang disekitar daerah kita. Didalam OLX tidak tersedia fasilisitas untuk transaksi seperti e-commerce lainnya. OLX sangat menyarankan transaksi dilakukan secara langsung atau istilahnya COD.

Menurut kami, OLX sangat membantu sekali, jika ingin membeli barang dari daerah sekitar kita. karena kita dapat mencari dan menemukan dengan mudah. Kita bisa menghubungi langsung penjual melalui kontak yang dicantumkan.

SARAN: jika ingin memebeli barang dari OLX, namun penjual berasal dari luar daerah. Jangan melakukan transaksi secara langsung ( kirim uang langsung ke penjual via rekening), sebaiknya minta penjual untuk melakukan transaksi via e commerce lain, seperti tokopedia, shopee, ataupun bukalapak. Sebab banyak kasus terjadi setelah uang ditransfer, barang tidak dikirim.

Itu adalah pengalaman kami setelah menggunakan beberapa e-commerce di indonesia. Mungkin pengalaman setiap orang berbeda-beda. 

Baca juga: Mengatasi Kulit Kering Saat Cuaca Dingin


Tarmuji
Tarmuji Aktif di depan Komputer dan suka Kopi.