Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dimanakah ketenangan itu terletak?

Dimanakah ketenangan itu terletak?
Jika wajah seseorang tampak tenang dan cerah, maka ketenangan bukan pada wajahnya. Jika seseorang melangkahkan kakinya dengan tenang dan berwibawa, maka ketenangannya bukan pada kakinya. 

Jika seseorang merasa bahagia, kebahagiannya bukan berasal dari perutnya atau matanya atau telinganya atau bahkan hartanya. 

Kadang kita merasa senang di sore hari, namun pada malam hari kita merasa gelisah. Terkadang kita menginginkan sesuatu, jika sesuatu itu kita dapat maka kita akan merasa tenang. 

Namun kenyataannnya setelah kita mendapatkan sesuatu yang kita inginka itu, tidak mendatangkan ketenangan juga. Lalu ada juga orang yang hidupnya tampak susah namun dirinya merasa tenang atau bahagia. 

Ada juga orang yang tampak kemudahan atau berkecukupan dalam hidupnya, namun dirinya merasa tidak tenang atau bahagia. lalu dimana letak ketenangan itu?

Dimanakah ketenangan itu terletak?

Perlu diingat, didalam diri seseorang terdapat segumpal sesuatu. Sesuatu itu yang dinamai hati. Jika hati baik maka semua ikut baik dan jika hati buruk maka semua akan ikut buruk. 

Hatilah yang mengendalikan semuanya: mata, telinga,tangan, kaki dan sebagainya. Didalam hatilah terdapat rindu,benci, marah, righo, iklas,iri, dengki, dan sebagainya.

Baca Juga: Mengapa massa lalu terasa lebih indah?

Hati itu bukan milik kita. Hati itu hanya milik Allah Subhanahu wata’ala. Maka hanya dialah yang bisa memberi ketenangan, tak ada yang lain. Seperti yang sudah saya sebutka di atas, bahwa penglihatan,pendengaran,harta, dan sebagainya tidak bisa mendatangkan ketenangan. 

Ketenangan tidak bisa dibeli atau dijual. Jika ketengan ada orang yang jual mungkin saya akan beli,hehehehehe.

Lalu bagaimana cara agar Allah Subhanahu wata’ala menurunkan ketenangan itu kedalam hati kita. ya tentu saja selalu banyak-banyak mengingatnya, selalu mendekatkan diri kepadanya dan hanya berharap lebih kepada Allah Subhanahu wata'ala saja. Dengan begitu Allah Subhanahu wata’ala akan memberikan ketenagngan kepada kita.

Ketenangan berperan penting dalam kehidupan sehari-hari kita. misal kita mengerjakan sesuatu, jika tanpa ketenangan mungkin hasilnya juga tidak akan maksimal. 

Bahkan ada yang lebih parah, jika hati kita tidak tenang akan menimpulkan depresi, dan depresi yang terus-menerus akan membuat kita jatuh sakit.

Jadi bisa disimpulkan bahwa ketenangan adalah kunci kebahagian. Ketenagan itu terletak didalam hati, dan hati milik Allah Subhanahu wata’ala. Hanya Allah Subhanahu wata’ala yang dapat memeberikan ketenanagan. 

Allah Subhanahu wata’ala akan memberikan ketenangan jika kita selalu mengingatnya, dan selalu mendekatkan diri kepadanya.

Baca Juga: Massa Sulit Ada Batas Waktunya

Tarmuji
Tarmuji Aktif di depan Komputer dan suka Kopi.