Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Kulit Kering Saat Cuaca Dingin

Mengatasi Kulit Kering Saat Cuaca Dingin

Masalah cuaca dingin biasanya terjadi di luar negri, terutama negara-negara yang berada dikawasan eropa. Namun, saat musim kemarau  tiba, sebagian wilayah indonesia merasakan suhu dingin terutama pada malam hari. Menurut BMKG,  Wilayah yang paling terdampak fenomena ini adalah pulau jawa dan biasanya terjadi hingga akhir musim kemarau.

Baca Juga: Manfaat Buah Kersen (Talok)

Selain mengakibatkan seseorang sering kedingan pada malam hari, cuaca dingin juga bisa membuat kulit menjadi kering, kusam,dan terasa kasar. Itu disebabkan karna kelembapan udara menurun.

Saat cuaca dingin, kulit Anda mencoba untuk menghemat panas dengan menyempitkan pembuluh darah, yang pada gilirannya mengeringkan lapisan luar kulit,'' terang dokter kulit dari New York, Debra Jaliman, M.D, dilansir dari Women's Health Mag.

 Untuk mengatasi itu sebaiknya lakukan seperti hal berikut:

1. Gunakan pakaian yang tebal atau gunakan jaket

Mengatasi Kulit Kering Saat Cuaca Dingin

Dengan menggunakan pakaian tebal atau jaket, suhu tubuh akan tetap hangat. Sehingga kelembapan kulit teteap terjaga.

2. Mandi jangan terlalu lama

Mengatasi Kulit Kering Saat Cuaca Dingin

Mandi terlalu lama hanya akan membuat kulit malah jadi semakin kering, meskipun mandi dengan air hangat. Sebaikya batasi mandi jangan lebih dari 10 menit.

3. Hindari menggunakan sabun secara berlebihan

Mengatasi Kulit Kering Saat Cuaca Dingin

Menggunakan Sabun secara berlebihan, kerap memperparah kulit kering akibat suhu dingin. Sebaiknya gunakan sabun jangan sering-sering, atau bisa mengganti sabun dengan sabun yang mengandung pelembab kulit atau berbentuk jel.

4. Gunakan  pelembab udara/Humidifier pada ruangan anda

Mengatasi Kulit Kering Saat Cuaca Dingin

Humidifier merupakan pelembab udara yang bekerja dengan menyemprotkan uap air ke udara sehingga kelembapan udara di ruangan tetap terjaga. Humidifier juga cocok digunakan pada ruangan yang ber AC. Banyak produk Humidifier yang beredar di pasaran, dengan berbagai merk, harga, dan model. Namun menggunakan Humidifier secara berlebihan juga tidak baik, karena akan membuat ruangan menjadi terlalu lembab, dan jika ruangan terlalu lembab bisa menimbulkan virus dan bakteri.

Baca Juga: Cara Alami Mengatasi Masuk Angin

5. Minum air putih

Mengatasi Kulit Kering Saat Cuaca Dingin

Hal yang paling penting adalah menjaga cairan tubuh agar tidak dehidrasi. minumlah air putih  untuk menjaga tubuh dari dehidrasi. Air putih akan menjaga kelembapan kulit dari dalam.

Itulah Cara Mengatasi Kulit Kering Saat Cuaca Dingin yang bisa kita lakukan dengan Mudah. Semoga membantu.

Tarmuji
Tarmuji Aktif di depan Komputer dan suka Kopi.