Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Massa Sulit Ada Batas Waktunya

Massa Sulit Ada Batas Waktunya
Setiap orang pasti mengalami massa sulit, entah apa itu kesulitannya, hanya bentuknya saja berbeda-beda.

Ada yang berkata hidup ini susah ada yang bilang juga susah-susah gampang. Kalau saya sih menganggap hidup ini susah tapi kalau dijalani dengan sabar dan iklas, meskipun susah pasti ada jalan keluar atau  penyelesaiannya. 

Apa itu Massa sulit?


Masalah yang besar, Rumit, berlarut-larut, tak kunjung menemukan jalan keluar, tekanan demi tekanan terus datang. Bahkan lebih parahnya, orang-orang disekitar kita mulai hilang kepercayaan terhadap kita dan perlahan-lahan menjauh. 

Mungkin sebagian diantara kita sampai bertanya-tanya dalam hati, “kapan massa sulit ini berakhir? kapan semua ini berakhir? mau sampai kapan begini terus?”.

Itulah massa sulit yang datang dalam kehidupan, semua orang pasti pernah merasakan hal yang seperti itu.

Lalu kapan massa sulit itu datang dan pergi? 

Massa sulit datang dan pergi tanpa permisi, tanpa mengetuk pintu dulu. Datang diluar dugaan, yang kadang bisa membuat kita terkejut bahkan Shock.

Tidak ada yang tahu pasti kapan massa ini akan tiba dan pergi, kecuali Allah Subhanahu wata’ala. 

Yang jelas massa sulit itu akan datang selama kita masih hidup didunia dan akan pergi jika kita bersungguh-sungguh untuk menyelesaikannya. 

Massa sulit ada batas waktunya

Massa ini akan datang, tapi juga akan pergi. namun berapa lama dia akan tinggal tidak ada yang mengetauhi, kecuali Allah.

kalau begitu jika massa ini datang, kita  diam saja , tidak usah mencari jalan keluar. 

Kita tunggu waktunya habis baru cari jalan keluar supaya tidak buang-buang tenaga,pikiran dan waktu. Kan ada batas waktunya. 

tapi tunggu dulu

Meskipun memiliki batas waktu, kita harus tetap berusaha untuk mencari jalan keluarnya. kalau tidak bisa saja massa ini tambah panjang.

Kalau kita berusaha maksimal mencari jalan keluar dengan cara yang benar, tindak memungkinkan Allah akan malah memperpendek massa ini.


Kalau diibaratkan kayak sekolah SMA/SMK. 

Untuk mendapatkan ijazah SMA/SMK kita harus menempuh pendidikan tiga tahun. 

Jika selama tiga tahun itu kita tidak berusaha, apa yang terjadi? 

Kita akan tidak naik kelaskan lalu sekolah kita molor atau tidak lulus malahan, tapi kalau kita belajar keras dan sungguh-sungguh  kita bisa saja loncat kelas. 

Maksud loncat kelas disini, kita bisa menyelesaikan sekolah SMA/SMK hanya dua tahun saja, bukan loncat kelas yang lewat jendela yaaa.

Lalu kenapa massa sulit itu datang kepada kita? 

Karena massa sulit itu merupakan ujian dari Allah Subhanahu wata’ala, itu ujian untuk menaikkan derat kita,untuk menentukan kelayakan kita. 

Selain itu ujian  bisa jadi,  Sebagai cara Allah Subhanahu wata’ala memberikan kita pahala atau malah untuk menghapuskan dosa-dosa kita.
   
Intinya jika massa sulit itu datang, selalu berusaha maksimal apapun hasilnya. Meskipun gagal tetap berusaha lagi . Tohh setiap kegagalan itu, pasti ada pelajaran atau hikmah yang dapat kita diambil. 

Tetap optimis dan selalu berprasangka baik kepada Allah Subhanahu wata’ala. Yakin massa sulit itu pasti akan berakhir dan jangan lupa selalu berdoa kepada Allah Subhanahu wata’ala agar diberi petunjuk untuk menemukan jalan keluar.

Terima kasih


Tarmuji
Tarmuji Aktif di depan Komputer dan suka Kopi.