Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Buah Kersen (Talok)

Manfaat Buah Kersen (Talok)
Buah kersen atau kebanyakan orang sering menyebut buah Talok.Buah ini  sering kita jumpai di kebun warga, ditempat-tempat umum: seperti sekolahan, balai desa,  dan saya juga pernah jumpai disebuah lingkungan kampus. Buah ini bentuknya bulat kecil, bewarna hijau saat masih mentah, Jika sudah matang berwarna merah. Rasanya manis, dan banyak biji-biji kecil didalamnya. Buah ini dapat terus berbuah sepanjang tahun.

Namun sayangnya belum banyak orang yang mengetahui tentang manfaat buah ini. Buah ini masih dipandang sebelah mata. Jika berbuah hanya dibiarkan saja berjatuhan. Padahal buah ini bisa dimanfaatkan untuk memenuhi nutrisi tubuh kita.

Perlu diketahui bahwa buah kersen mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Setiap 100g buah kersen mengandung lemak: sekitar 1,56 g, vitamin c: 80,5 mg, serat: 3,6 g, dan air 77,8 g Selain itu, buah kersen memiliki kandungan lain seperti asam askorbat, niasin dan betakaroten, serta fitokimia seperti flavonoid, tannin, triterpene, saponin, dan polifenol.

Dilihat dari kandungannya buah kersen sangat bermanfaaat bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat buah kersen yang jarang diketahui:

1. Sebahgai antioksidan

Flavonoid dalam buah kersen dapat dijadikan  sebagai antioksidan oleh tubuh, Untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Sebenarnya antioksidan didalam tubuh kita sudah ada, namun terkadang jumlahnya tak seimbang dengan jumlah radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Sehingga perlu antioksidan tambahan untuk mengimbanginya. dan buah kersen dapat dijadikan antioksidan tambahan.

2. Menjaga kesehatan mata
Menjaga kesehatan mata
Vitamin c merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Salah satu manfaat vitamin c adalah menjaga kesehatan mata. Buah kersen mengandung vitamin c cukup tinggi, yang dapat digunakan untuk memenuhi kubutuhan vitamin c sehari-hari.

3. Mengobati flu
Mengobati flu

Masih manfaat vitamin c yang terkandung dalam buah kersen. Selain menjaga kesehatan mata juga bisa digunakan untuk meredakan flu atau pilek yang biasanya menyerang saat musim hujan.

4. Sebagai penganti gula bagi penderita diabetes
Sebagai penganti gula bagi penderita diabetes

Mengkonsumsi gula sangat tidak disarankan pada penderita diabetes, apalagi mengkonsumsi gula tebu. Buah kersen mengandung gula alami yang dapat dijadikan sebagai penggati gula.

Itulah beberapa manfaat buah kersen(talok) yang jarang orang ketahui. Alangkah lebih baik jika kita bisa memanfaatkan buah tersebut untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kita sehari-hari. 

Tarmuji
Tarmuji Aktif di depan Komputer dan suka Kopi.