Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dunia Sama Dari Dulu Hingga Sekarang

Dunia Sama Dari Dulu Hingga Sekarang
Mungkin sebagian orang akan sedikit bingung, mengapa dunia dari dulu hingga sekarang itu sama. Kita bisa lihat, dari sejarah bahwa dunia mengalami perubahan, mulai dari iklim, teknologi,pupulasi manusia ataupun hewan, dan lain sebagainya. Namun kenapa dunia bisa dikatakan  sama.
 
Baca Juga: Massa Sulit Ada Batas WaktunyaDimana ketenangan itu terletak?

Maksud dunia dari dulu hingga sekarang itu sama, dilihat dari segi bobotnya ujian yang di lalui umat manusia, bukan dilihat dari segi  penglihatan atau bentuk kesulitannya. 

Kalau dilihat dari segi penglihatan atau bentuk kesulitannya, jelas dunia sangat mengalami perubahan atau berbeda. Namun dari segi beratnya ujian yang dilalui umat manusia maka dunia dari dulu sama saja.

Kita ambil contoh, tidak usah jauh-jauh ke belakang. generasi sekarang dengan generasi era 70an atau generasi orang tua kita. 

Dalam hal mencari rezeki, kesulitan era 70an adalah minimnya teknologi dimana hanya mengandalkan tenaga. Pada Zaman sekarang teknologi telah maju, kemudahan-kemudahan telah didapat, namun populasi manusia juga meningkat dengan pesat, sehingga persaingan juga sangat ketat dalam mencari rezeki. 

Dari situ bisa kita lihat bahwa beratnya ujian sama namun bentuk ujiannya berbeda.

Dalam hal pendidikan. Kesulitan zaman dulu ketika sekolah harus menempuh jarak yang jauh karna minimnya tranportasi dan minimnya fasilitas sekolah. zaman sekarang transportasi sangat banyak, fasilitas sekolah sudah maju, namun kesulitan zaman sekarang berupa gangguan televisi,handphone, game online, pacaran dan sejenisnya. 

Baca Juga: Perkembangan revolusi industri 1.0 sampai 4.0

Kita ambil contoh lagi, kita sering mendengar cerita nenek atau orang tua terdahulu, bahwa zaman dulu hanya mencari  makan saja sangat susah.  Namun orang zaman dulu diberi kesehatan, mereka jarang sakit, tubuh mereka juga kuat-kuat. 

Zaman sekarang, kalau hanya untuk makan saja kita rasa cukup. Tapi kalau berfikir untuk beli lain-lain itu beda lagi. 

Zaman sekarang banyak muncul penyakit-penyakit, banyak orang yang sakit. Dan penyakit itu biasanya muncul dari makanan. Bobot kesulitannya sama bukan, namun beda bentuknya saja.

Salah satu sifat Allah Subhanahu wata’ala adalah maha adil, jadi tidak mungkin Allah Subhanahu wata’ala menciptakan suatu zaman dengan berbeda bobot kesulitannya. Misal zaman sekarang lebih ringan bobot kesulitannya dari pada zaman dulu. 

Jika itu terjadi, Allah Subhanahu wata’ala tidak adil bukan, ditambah lagi orang-orang zaman dulu bisa saja protes kepada Allah.

Kita dilahirkan dizaman mana, dari keluarga mana, dinegara mana, itu Allah Subhanahu wata’ala yang menentukan, itu merupakan takdir yang tak bisa diubah. Kita tidak bisa mereques bahwa kita ingin di lahirkan dizaman ini, dari keluarga ini dan dari negara ini.

Hidup dizaman manapun, dari keluarga manapun, dan dari negara manapun kita harus mensyukuri, karena Allah Subhanahu wata’ala selalu memberikan yang terbaik buat kita.


Tarmuji
Tarmuji Aktif di depan Komputer dan suka Kopi.